BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Contoh Warna Plitur Kayu Jati untuk Perabotan Rumah
0
0

5 Contoh Warna Plitur Kayu Jati untuk Perabotan Rumah

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 8, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
contoh warna plitur kayu jatitop-right-banner

Istilah plitur kayu pasti sudah familiar di telinga Pins ketika sedang berkutat dengan perabotan di rumah. Pada dasarnya plitur ini berguna untuk melapisi semua perabotan rumah yang berbahan kayu seperti meja ruang tamu, kursi meja makan, sofa, lemari dan lain-lain. Tujuan dari memplitur perabotan rumah ini tidak lain agar perabotan rumah menjadi tampak lebih mengkilap dan indah. Berikut contoh warna plitur kayu jati yang bisa diaplikasikan.

Namun masih banyak orang yang kurang paham membedakan mana plitur dan mana pernis kayu. Pins pasti penasaran ingin mengenal apa itu plitur lebih jauh, fungsinya untuk apa saja, dan bagaimana cara menggunakan cairan plitur yang benar. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan contoh warna plitur kayu jati yang akan membahas lebih rinci tentang plitur kayu. 

Kamu dapat menemukan warna plitur yang tepat untuk diterapkan di hunian siap huni yang akan kamu temukan di rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas di Kec Bandung. Warna plitur kayu jati akan menambah kesan elegan pada rumah terbaik yang akan kamu temukan di Rumah Ekslusif, terutama di sekitar Cibinong City Mall.

Baca juga:

Mengenal Apa itu Plitur

contoh warna plitur kayu jati
Source : Pinterest

Secara definisi plitur merupakan suatu bahan untuk finishing kayu yang mulai populer digunakan pada abad ke 19. Di mana pada zaman itu bahan plitur terbuat dari bahan resin alam yang berasal dari serangga yang terdapat hidup di Thailand dan India. Oleh karena itu mengapa warna yang dihasilkan oleh plitur pada wood ini akan cenderung menguning atau akan berubah menjadi kecoklatan.

Plitur banyak digunakan untuk melapisi kulit wood pada perabotan rumah setelah tahap produksi. Bisa disebut juga dengan tahap finishing. Setelah kayu diolah menjadi berbagai perabotan rumah seperti meja,kursi atau lemari, plitur menjadi tahap akhir untuk menjadikan perabotan kayu mengkilap dan menawan. Contoh warna plitur kayu jati menjadi patokan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca juga:

Manfaat Plitur dan Warna Hasil

Source : Pinterest

Furniture yang sudah diolesi oleh cairan plitur akan terlihat semakin cantik karena muncul kilap pada permukaan kayu. Terlebih jika Pins menggunakan kayu jati. Bahan kayu yang kuat dan warna dasarnya yang bagus akan menghasilkan warna yang cukup bagus dengan cairan plitur.

Warna permukaan kayu perabotan dari jati akan kembali terlihat baru walaupun sudah berumur cukup lama jika cukup rutin mengoleskan cairan politur pada kayu. Meski begitu, cairan ini tidak semata-mata ikut menguatkan media yang dioleskan. Kamu dapat mengenal kelebihan dan kekurangan kayu jati Belanda.

Bahan Baku Plitur

contoh warna plitur kayu jati
Source : Courtina

Bahan dasar pembuatan plitur berasal dari Oker. Oker sendiri merupakan tanah lunak yang sudah melewati proses oksidasi. Dari proses oksidasi tersebut yang membuat Oker dapat menghasilkan warna kuning, kuning keemasan dan coklat pada saat Anda melakukan finishing melapisi perabotan Pins dengan plitur. Ini dia kelebihan rumah kayu Untuk membangun rumah.

Baca Juga:

Cara Menggunakan Plitur Kayu yang Benar

Source : Dekoruma

Bagi Pins yang ingin mencoba memplitur kayu perabotan sendiri di rumah caranya tidak sulit, lho. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Siapkan alat dan bahan. Hal pertama yang perlu kamu siapkan bahan-bahan yang diperlukan yaitu cairan plitur, amplas, kuas, kain lap, air, wadah dan yang terakhir masker.
  • Pastikan kayu bersih dan kering. Kemudian kamu perlu memastikan bahwa kayu yang akan dilapisi plitur sudah kering. Bersih dari kotoran dan minyak yang menempel. Jangan lupa untuk menggunakan masker, karena cairan plitur memiliki bau yang menyengat hidung
  • Campurkan plitur dengan air. Langkah selanjutnya adalah mencampurkan air dengan cairan plitur supaya tekstur cairan akan lebih encer. Kamu dapat mengikuti rekomendasi panduan sesuai dari produk yang Anda beli karena masing-masing produk memiliki panduan yang berbeda. 
  • Amplas kayu hingga halus. Jika sudah mencampurkan bahan, Pins bisa mengamplas kayu hingga permukaan kayu menjadi halus.
  • Oleskan plitur. Mulai oleskan cairan plitur ke permukaan kayu. Supaya hasil yang merata Pins dapat menggunakan kain lap atau kuas untuk mengoles ke permukaan kayu. 
  • Keringkan plitur. Tunggu sampai cairan plitur di kayu mengering lalu amplas permukaan kayu. 
  • Amplas hingga halus. Jika cairan plitur pada kayu telah kering, Anda akan melihat serat kayu yang bermunculan, di tahap ini Pins hanya perlu mengamplas kayu dengan pelan. 
  • Oleskan kembali plitur. Oleskan kembali cairan plitur ke permukaan kayu lalu amplas kembali di permukaan yang belum rata. Supaya hasil yang sesuai keinginan, kamu dapat melakukan tahapan di atas berulang kali. Normalnya untuk hasil yang bagus, melapisi kayu dengan cairan plitur cukup 2 kali. 

Perbedaan Plitur dan Pernis Kayu

contoh warna plitur kayu jati
Source : Pinhome

Mungkin sebagian dari Pins familiar dengan pernis kayu. Tidak jarang banyak orang yang menyamakan antara plitur dengan pernis kayu. Padahal kedua bahan ini jelas berbeda. 

Pada pernis kayu, biasanya akan menghasilkan lapisan tanpa warna atau transparan dan memberikan tekstur keras serta lapisan film. Selain itu pada pernis kayu juga akan menghasilkan efek glossy atau mengkilap pada kayu yang dilapisi pernis. Bahan bakunya pun cukup berbeda dengan plitur.

Pada pernis kayu, bahan yang digunakan adalah resin dengan drying oil dan pelarut. Jika ingin menggunakan bahan yang satu ini, kamu tidak membutuhkan campuran lain. Ketahui juga rekomendasi keramik motif kayu untuk hunian minimalis.

Berbeda dengan pernis kayu, bahan yang satu ini telah digunakan sejak lama dan terbuat dari bahan resin alami. Pada plitur biasanya akan memberikan hasil tanpa warna atau transparan. Hanya saja hasilnya cenderung menguning atau berwarna kuning akibat bahan resin alami yang digunakan pada plitur. Selain itu jika Anda ingin menggunakan cairan plitur, Pins harus memberikan campuran pelarut seperti thinner.

Contoh Warna Plitur Kayu

1. Warna Plitur Kayu Jati Light Brown

Source : iStock

Warna plitur kayu jati yang pertama memiliki warna coklat namun difinalisasi dengan kecerahan yang cukup, sehingga tampilan plitur kayu warna light brown ini tergolong cukup terang. Sisi terang yang ditampilkan, dapat menyebabkan plitur kayu kamu terlihat mengkilap.

Warna satu ini cocok sekali bagi Pins yang menyukai warna kayu berkesan memberikan kecerahan. Kamu dapat mengetahui warna cat pintu kayu yang bagus untuk kesan lebih mewah.

2. Warna Plitur Kayu Jati Honey Oak

Source : iStock

Warna plitur kayu jati selanjutnya, adalah warna yang terinspirasi dari kuningnya madu. Kuning madu ini dipadupadankan dengan warna balutan kayu, yang tercipta cerah menguning. Jika kamu menyukai warna plitur yang dapat memberikan kesan minimalis, maka warna satu ini cocok menjadi pilihan kamu.

Biasanya honey oak digunakan pada rumah-rumah di Jepang. Jika ingin lebih maksimal, ketahui rekomendasi kombinasi warna cat untuk rumah kayu.

3. Warna Plitur Kayu Jati Gardena Teak

Source : iStock

Jika kamu menyukai warna asli dari kayu jati, maka warna plitur gardena teak menjadi solusi untuk pemilihan warna kamu. Hal ini disebabkan, karena gardena teak memiliki hasil akhir pewarnaan yang sangat mirip dengan warna asli kayu jati. Jadi tidak heran jika penggunaan warna gardena teak, biasanya diterapkan untuk fasad rumah bagian luar. Pins kamu harus mengetahui kelebihan kursi kayu jati yang banyak digunakan di ruang tamu.

4. Warna Plitur Kayu Jati Dark Teak

Source : iStock

Jika kamu menyukai warna-warna pendukung untuk rumah berkonsep industrial, maka warna plitur kayu jati keempat cocok untuk menjadi pilihan kamu, yaitu warna dark teak. Warna dark teak mengusung warna yang menonjolkan sisi gelap dari kayu agar menampilkan kesan kayu yang eksotis dan elegan. Warna ini dapat kamu jadikan referensi untuk memilih desain keramik lantai dapur motif kayu.

5. Warna Plitur Kayu Jati Walnut Brown

Source : iStock

Warna plitur kayu jati berikut ini hampir mirip dengan warna dark teak, sebab mengusung warna gelap yang hampir sama. Namun pada pengaplikasian warna walnut brown, warna gelap tidak mendominasi, masih terdapat warna khas coklat kayu yang membuat walnut brown menjadi netral. Warna walnut brown merupakan warna yang mirip dengan warna kayu aslinya. Ketahui juga motif terbaik untuk wallpaper lantai kayu.

Itulah informasi tentang apa itu plitur kayu, manfaatnya, cara menggunakannya serta apa perbedaannya dengan pernis kayu, dan contoh warna dari plitur kayu. Jika Pins ingin menggunakan bahan finishing yang satu ini, pastikan bahwa Anda telah mengamplas kayu dengan baik agar plitur dapat diaplikasikan dengan lebih mudah dan merata.

Baca Juga:

Feature Source Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Orchard Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download