Pinhome

Tips Properti

Contoh Warna Plitur Kayu Jati untuk Perabotan Rumah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 11 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Istilah plitur kayu pasti sudah familiar di telinga Pins ketika sedang berkutat dengan perabotan di rumah. Pada dasarnya plitur ini berguna untuk melapisi semua perabotan rumah yang berbahan kayu seperti meja ruang tamu, kursi meja makan, sofa, lemari dan lain-lain. Tujuan dari memplitur perabotan rumah ini tidak lain agar perabotan rumah menjadi tampak lebih mengkilap dan indah. Bahkan metode ini juga dapat menjaga ketahanan permukaan kayu agar tidak memudar. 

Pinhome – Namun masih banyak orang yang kurang paham membedakan mana plitur dan mana pernis kayu. Pins pasti penasaran ingin mengenal apa itu plitur lebih jauh, fungsinya untuk apa saja, dan bagaimana cara menggunakan cairan plitur yang benar. Oleh karena itu, yuk simak penjelasan berikut yang akan membahas lebih rinci tentang plitur kayu. 

Baca Juga: Motif Terbaik Untuk Wallpaper Lantai Kayu

Mengenal Apa itu Plitur

(Pinterest)

Secara definisi plitur merupakan suatu bahan untuk finishing kayu yang mulai populer digunakan pada abad ke 19. Di mana pada zaman itu bahan plitur terbuat dari bahan resin alam yang berasal dari serangga yang terdapat hidup di Thailand dan India. Oleh karena itu mengapa warna yang dihasilkan oleh plitur pada wood ini akan cenderung menguning atau akan berubah menjadi kecoklatan.

Baca Juga: Rak Dinding Minimalis Dari Kayu Untuk Penghias Rumah Anda!

Plitur banyak digunakan untuk melapisi kulit wood pada perabotan rumah setelah tahap produksi. Bisa disebut juga dengan tahap finishing. Setelah kayu diolah menjadi berbagai perabotan rumah seperti meja,kursi atau lemari, plitur menjadi tahap akhir untuk menjadikan perabotan kayu mengkilap dan menawan. 

Manfaat Plitur dan Warna Hasil

(Pinterest)

Furniture yang sudah diolesi oleh cairan plitur akan terlihat semakin cantik karena muncul kilap pada permukaan kayu. Terlebih jika Anda menggunakan kayu jati. Bahan kayu yang kuat dan warna dasarnya yang bagus akan menghasilkan warna yang cukup bagus dengan cairan plitur. Warna permukaan kayu perabotan dari jati akan kembali terlihat baru walaupun sudah berumur cukup lama jika cukup rutin mengoleskan cairan politur pada kayu. Meski begitu, cairan ini tidak semata-mata ikut menguatkan media yang dioleskan. 

Bahan Baku Plitur

Bahan dasar pembuatan plitur berasal dari Oker. Oker sendiri merupakan tanah lunak yang sudah melewati proses oksidasi. Dari proses oksidasi tersebut yang membuat Oker dapat menghasilkan warna kuning, kuning keemasan dan coklat pada saat Anda melakukan finishing melapisi perabotan Anda dengan plitur.

Cara Menggunakan Plitur Kayu yang Benar

Bagi Pins yang ingin mencoba memplitur kayu perabotan sendiri di rumah caranya tidak sulit, lho. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Siapkan alat dan bahan. Hal pertama yang perlu Anda siapkan bahan-bahan yang diperlukan yaitu cairan plitur, amplas, kuas, kain lap, air, wadah dan yang terakhir masker.

Pastikan kayu bersih dan kering. Kemudian Anda perlu memastikan bahwa kayu yang akan dilapisi plitur sudah kering. Bersih dari kotoran dan minyak yang menempel. Jangan lupa untuk menggunakan masker, karena cairan plitur memiliki bau yang menyengat hidung

Campurkan plitur dengan air. Langkah selanjutnya adalah mencampurkan air dengan cairan plitur supaya tekstur cairan akan lebih encer. Anda dapat mengikuti rekomendasi panduan sesuai dari produk yang Anda beli karena masing-masing produk memiliki panduan yang berbeda. 

Amplas kayu hingga halus. Jika sudah mencampurkan bahan, Anda bisa mengamplas kayu hingga permukaan kayu menjadi halus.

Oleskan plitur. Mulai oleskan cairan plitur ke permukaan kayu. Supaya hasil yang merata Anda dapat menggunakan kain lap atau kuas untuk mengoles ke permukaan kayu. 

Keringkan plitur. Tunggu sampai cairan plitur di kayu mengering lalu amplas permukaan kayu. 

Amplas hingga halus. Jika cairan plitur pada kayu telah kering, Anda akan melihat serat kayu yang bermunculan, di tahap ini Anda hanya perlu mengamplas kayu dengan pelan. 

Oleskan kembali plitur. Oleskan kembali cairan plitur ke permukaan kayu lalu amplas kembali di permukaan yang belum rata. Supaya hasil yang sesuai keinginan, Anda dapat melakukan tahapan di atas berulang kali. Normalnya untuk hasil yang bagus, melapisi kayu dengan cairan plitur cukup 2 kali. 

Perbedaan Plitur dan Pernis Kayu

Mungkin sebagian dari Pins familiar dengan pernis kayu. Tidak jarang banyak orang yang menyamakan antara plitur dengan pernis kayu. Padahal kedua bahan ini jelas berbeda. 

Pada pernis kayu, biasanya akan menghasilkan lapisan tanpa warna atau transparan dan memberikan tekstur keras serta lapisan film. Selain itu pada pernis kayu juga akan menghasilkan efek glossy atau mengkilap pada kayu yang dilapisi pernis. Bahan bakunya pun cukup berbeda dengan plitur. Pada pernis kayu, bahan yang digunakan adalah resin dengan drying oil dan pelarut. Jika Pins ingin menggunakan bahan yang satu ini, Anda tidak membutuhkan campuran lain.

Berbeda dengan pernis kayu, bahan yang satu ini telah digunakan sejak lama dan terbuat dari bahan resin alami. Pada plitur biasanya akan memberikan hasil tanpa warna atau transparan. Hanya saja hasilnya cenderung menguning atau berwarna kuning akibat bahan resin alami yang digunakan pada plitur. Selain itu jika Anda ingin menggunakan cairan plitur, Pins harus memberikan campuran pelarut seperti thinner.

Itulah informasi tentang apa itu plitur kayu, manfaatnya, cara menggunakannya serta apa perbedaannya dengan pernis kayu. Jika Pins ingin menggunakan bahan finishing yang satu ini, pastikan bahwa Anda telah mengamplas kayu dengan baik agar plitur dapat diaplikasikan dengan lebih mudah dan merata.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel