BlogPemilik PropertiFinansialResolusi Tahun Baru! Simak Cara Mendapatkan Passive Income di 2023
0
0

Resolusi Tahun Baru! Simak Cara Mendapatkan Passive Income di 2023

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Agu 23, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Passive Incometop-right-banner

Setiap tahunnya harga kebutuhan selalu naik, namun sayangnya pendapatan tak selalu mengikutinya. Oleh karena itu, sahabat pins pasti mengharapkan pendapatan bisa bertambah agar dapat memenuhi kebutuhan hidup, terutama di tahun 2023 ini.

Selain mengharapkan kenaikan gaji, bonus atau melakukan pekerjaan sampingan, sahabat pins bisa memaksimalkan pendapatan dengan mendapatkan passive income, lho. Ada cukup banyak cara untuk mendapatkan passive income di 2023 yang bisa kamu lakukan, misalnya dengan menghasilkan passive income selain active income.

Apa Itu Passive Income dan Active Income

Sebelum mengetahui cara mendapatkan passive income di 2023, yuk cari tahu dulu perbedaan active income dan passive income yang perlu kamu pahami.

Secara umum, active income merupakan income yang bisa didapatkan ketika kita melakukan suatu pekerjaan, misalkan gaji dari hasil bekerja, berdagang atau untung dari bisnis yang dilakukan yang biasanya merupakan income utama buat kita.

Sedangkan passive income merupakan penghasilan pasif yang diperoleh dengan melakukan sedikit usaha atau bahkan melakukan usaha sama sekali, misalkan return dari investasi, bunga dari deposito dan lain-lain. Jadi, konsepnya adalah uang yang terus bekerja, bukan sobat pins yang terus bekerja.

Baca juga: Apakah Trading Menguntungkan? Ini Dia Untung Ruginya

Cara Mendapatkan Passive Income

Sebenarnya tidak terlalu sulit mencari cara menghasilkan passive income yang sesuai dengan kemampuan. Yuk, simak 4 cara mendapatkan passive income yang bisa kamu coba!

Menyewakan Aset atau Properti

Passive Income
Source : Pinhome

Cara mendapatkan passive income dengan menyewakan aset atau properti memang membutuhkan modal yang cukup besar di awal. Namun jika kamu memiliki aset properti yang tidak terpakai, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan passive income dari penyewaan properti itu ke pihak lain. Nantinya, kamu bisa memperoleh pendapatan pasif dari harga sewa properti tersebut.

Contohnya, kamu bisa menyewakan kamar dari rumahmu untuk dijadikan kos-kosan, menyewakan unit apartemen atau ruko yang umumnya memiliki harga sewa yang lumayan tinggi. Selain properti rumah, kamu juga bisa menyewakan aset lainnya, seperti studio foto, kamera, mobil atau motor dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Apa itu Pips dalam Forex? Cara Menghitung dan Nilai Tukarnya

Program Afiliasi

Passive Income
Source : Pinhome

Mengikuti program afiliasi menjadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan passive income. Program afiliasi merupakan jenis pemasaran dalam bisnis yang menggunakan sistem berbasis komisi. Dalam hal ini, bisnis afiliasi dilakukan dengan cara membayar jasa pihak ketiga untuk menawarkan dan menjual jasa atau produk dari perusahaan tertentu.

Program afiliasi ini adalah program yang memungkinkan kamu sobat pins untuk mendapatkan pendapatan lebih berupa komisi. 

Untuk mendapatkan keuntungan dari affiliate program cukup mudah. Kamu cukup bergabung di suatu program, mulai mempromosikan produk-produk yang ada dan harus berhasil membuat orang lain membeli atau menggunakan suatu produk. Selanjutnya, kamu akan mendapatkan komisi hingga jutaan rupiah dari setiap penjualannya. Namun, jumlah dari komisi yang kamu dapatkan berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan yang sobat pins ikuti. 

Baca juga: 5 Pola Trading Candlestick yang Berpotensi Cuan

Program Adsense

Passive Income
Source : Pinhome

Selain program afiliasi, ada banyak program periklanan yang dapat membantu sobat pins menghasilkan uang saat ini, dan salah satu yang populer adalah dengan Google AdSense.

Google Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang dibuat oleh Google. Melalui program periklanan Adsense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya, diperbolehkan untuk memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web tersebut. 

Selanjutnya, pemilik situs website atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung situs, atau yang biasa dikenal dengan sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Tak hanya memaksimalkan website atau blog, Google AdSense juga dapat dilakukan untuk kamu kreator YouTube. AdSense for Youtube adalah platform yang memungkinkan kreator YouTube atau YouTuber untuk memonetisasi channel mereka dengan iklan YouTube. Dengan kata lain, platform ini merupakan iklan resmi Google yang memungkinkan para kreator menjual ruang iklan kepada pengiklan. Program AdSense ini sangat berguna untuk kamu yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai konten kreator, kan?

Baca juga: Yuk, Mengenal Trading Mata Uang Asing!

Melakukan Investasi

Passive Income
Source : Pinhome

Jenis passive income ini sering juga disebut paper aset. Investasi sendiri artinya kita menempatkan sejumlah dana di suatu instrumen investasi dengan tujuan dana yang ditanamkan dapat berkembang melalui imbal hasil, bunga, dividen, ataupun keuntungan dari penjualan paper asset tersebut.

Melakukan investasi merupakan salah satu cara mendapatkan pasif income yang semakin populer belakangan ini. Pasalnya, melakukan investasi di era digital saat ini semakin mudah dengan adanya platform investasi yang bisa dengan mudah diakses melalui gadget.

Ada banyak jenis-jenis investasi yang cocok buatmu yang bisa dijadikan pendapatan pasif, misalnya reksa dana, investasi saham, emas, hingga p2p lending.

Khususnya untuk berinvestasi di p2p lending, sobat pins bisa berinvestasi di Amartha. Peer to peer lending (P2P) Amartha adalah platform pinjam-meminjam uang secara online, di mana pelaku usaha mikro yang membutuhkan akses permodalan akan terhubung dengan pendana (lender) yang mencari platform untuk melakukan pendanaan yang lebih menguntungkan dibanding instrumen pendanaan konvensional. Dengan modalin mulai Rp 100.000 di Amartha, kamu bisa mendapatkan Imbal hasil  yang bisa diperoleh dalam periode mingguan hingga 15% flat per tahun.

Itulah beberapa cara mendapatkan passive income di 2023 yang bisa Pins lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kira-kira sobat Pins mau coba yang mana?

Baca juga: Perbincangan Mengenai Apa Itu Token Crypto Asix dan Perkembangannya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kaia Residence Kelapa Dua dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   
Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download