BlogPemilik PropertiDesain Hunian9 Cara Agar Rumah Kita Lebih Bagus dari Tetangga
0
0

9 Cara Agar Rumah Kita Lebih Bagus dari Tetangga

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Memiliki rumah idaman paling bagus di lingkungan kita merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Namun tidak semua orang tahu cara jitu dalam mewujudkannya sehingga muncul bayangan tentang berbagai kendala tanpa pernah berhasil membangun hunian sendiri. Padahal ada cara agar rumah kita lebih bagus dari tetangga yang bisa diimplementasikan.

Sama halnya dengan Rumah Ekslusif pilihan Pinhome ini merupakan hasil seleksi dari sekian perumahan terbaik di Indonesia. Ada pula rekomendasi rumah bekas di Bogor seperti Intan Residence maupun rumah baru di Kabupaten Bekasi di sekitar Sentra Grosir Cikarang.

Baca juga: Desain Rumah Terbaik di Indonesia

Ciri-ciri Rumah yang Bagus

membangun rumah yang bagus
Source : Pixabay

Rumah yang nyaman dan bagus tentu membuat penghuninya betah di rumah termasuk para tamunya. Ada beberapa ciri rumah bagus yang bisa kamu kenali diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai ventilasi udara yang baik, tempat pembuangan bersih dan sanitasi yang baik
  • Bebas jamur dan bintangan pembawa penyakit serta pembuangan asap yang baik
  • Kualitas material bangunan bagus
  • Bangunan kuat dan tahan lama
  • Tamu yang datang betah untuk berlama-lama di rumah
  • Bentuk dan model rumah indah
  • Penataan setiap ruangan mampu memaksimalkan fungsinya dengan baik
  • Pencahayaan ruangan maksimal dan memiliki sumber air bersih serta halaman rumah yang asri
  • Nyaman untuk dihuni dan mendukung kebahagiaan hidup keluarga

Baca juga: Tips Desain Kamar Tidur Utama

Cara Membangun Rumah Kita Agar Lebih Bagus dari Tetangga

Ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini agar pembangunan rumah terbaikmu dapat berjalan dengan lancar. Siapkan waktu yang cukup dan perencanaan yang matang serta cermat mengambil keputusan. Ini dia beberapa cara agar rumah kita lebih bagus dari tetangga diantaranya adalah:

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Source : Foodizz

Lokasi menjadi poin sangat penting dalam membangun rumah. Pasalnya dari lokasi strategis juga mampu meningkatkan nilai properti itu sendiri. Selain itu mampu mengakses berbagai fasilitas dan sarana prasarana yang ada di wilayah tersebut seperti sekolah, pasar maupun rumah sakit.

Membangun rumah di lokasi strategis juga menunjang akses bepergian semakin mudah. Khususnya ketika mobil pengangkutan bahan material ke rumahmu. Jika membangun rumah di lokasi yang sulit dijangkau maka akan membuat biaya transportasi membengkak dan memperpanjang durasi pembangunan hunian tersebut.

Baca juga: 7 Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis yang Ideal

2. Rencanakan Pembangunan Secara Matang

Rencanakan pembangunan secara matang mulai dari desain bangunannya, tenaga kerja yang digunakan, kapan mulainya pembangunan dan sebagainya. Dari rencana yang matang maka harga bangun rumah bisa lebih murah karena memaksimalkan sumber daya yang tersedia. Misalnya saja kamu memilih bangun rumah pada saat hari libur nasional atau hari raya maka mampu meningkatkan material bahan bangunan tersebut.

Belum lagi dengan biaya pembangunan lainnya yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Mulai dengan desain rumah secara mendetail agar memberikan gambaran yang lebih jelas. Kamu dapat merekrut tenaga ahli dibidangnya seperti tenaga akuntan yang mampu membuat pembukuan atau perkiraan biaya yang dibutuhkan.

3. Siapkan Anggaran

Source : Pexels

Meskipun sudah dianggarkan namun tak jarang dalam membangun rumah bisa merogoh kocek lebih dalam. Hal ini terjadi bisa karena sejumlah item tidak termasuk dalam perkiraan sebelumnya. Ditambah lagi ada keadaan yang tidak terduga sehingga perlu menyiapkan anggaran lebih besar dari yang diperkirakan.

4. Pilih Tukang atau Kontraktor Terbaik

Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan ketika memilih tukang atau kontraktor terbaik. Tujuannya agar pembangunan dilakukan sesuai rencana dan menampilkan hasil terbaik.

  • Pastikan tukang atau kontraktor berkemampuan merealisasikan gaya desain rumah yang kamu idamkan
  • Ongkos yang dikeluarkan tidak menghabiskan terlalu banyak uang atau sesuai dengan yang dikerjakan
  • Cek hasil pekerjaan kontraktor atau tukang sebelumnya sebagai penilaian skill yang dimilikinya
  • Jangan takut untuk meminta referensi dari kontraktor sebelumnya agar lebih yakin dengan kemampuan mereka
  • Kontraktor atau tukang mempunyai lisensi dan berpengalaman di bidangnya

Baca juga: 17 Peralatan Tukang Bangunan yang Wajib Dimiliki Saat Membangun Rumah

5. Gunakan Perlengkapan yang Serupa

membangun rumah yang bagus
Source : Pixabay

Beberapa yang digunakan bisa diakali agar lebih hemat dengan memakai bahan yang sama untuk beberapa ruangan. Misalnya gunakan keramik senada di kamar mandi dan ruang laundry. Hal ini bisa pula diterapkan pada perlengkapan lampu atau beli satu jenis barang dalam jumlah besar karena mampu meminimalisir budget.

6. Pilih Material Berkualitas

Jangan hanya mempertimbangkan harga material saja karena kualitasnya juga perlu diadu. Material berkualitas akan mampu membuat bangunan semakin kokoh. Kamu bisa membandingkan material bangunan dengan kualitas bagus dan harga yang murah. Alternatif material juga perlu dipertimbangkan sebagai pengganti material yang diinginkan namun tidak tersedia di pasaran. Jangan lupa untuk sering-sering meriset harga material agar bisa mendapatkan penawaran yang terbaik.

7. Buat Ruangan Multifungsi

Source : Arsitaq

Tips membangun rumah yang bagus selanjutnya adalah membangun rumah dengan ruangan multifungsi. Hal ini penting apalagi jika lahan yang dimiliki tergolong terbatas. Kamu bisa mendesain rumah dengan konsep open space dan memiliki ruangan multifungsi. Tidak perlu membuat dinding masif namun gunakan partisi ruangan yang dapat dilipat atau dipindahkan.

8. Bangun Secara Bertahap

Jika dana yang tersedia belum cukup tidak perlu menunggu hingga uang terkumpul. Kamu bisa membangun rumah secara bertahap mulai dari pondasi, dinding hingga atap rumah. Pembangunan seperti ini akan memakan waktu lama namun mempunyai kesempatan untuk fokus pada pembangunan setiap tahap. Selain itu memudahkan kamu menyiapkan dana pembangunan secara berkala.

Baca juga: 10 Inspirasi Denah Rumah Hook 2 Lantai yang Maksimal

9. Jalin Komunikasi yang Konsisten

Source : Pexels

Komunikasi sangat penting bagi pemilik, kontraktor maupun tukang. Tujuannya agar mampu mewujudkan rumah impian yang kamu mau. Cek berkala pembangunan rumah. Perjuangkan detail penting sedari awal agar kenyamananmu nanti terjamin. Coba diskusikan kepada kontraktor maupun tukang apabila sesuatu tidak dapat dilakukan agar mendapatkan opsi lain terbaik.

Cara agar rumah kita lebih bagus dari tetangga tidak hanya nampak indah dari fasadnya saja. Kamu perlu mempertimbangkan interior ruangan dimana memaksimalkan fungsi dari ruangan tersebut. Dengan begitu tamu dan pemilik rumah merasa nyaman dan betah tinggal di hunian tersebut. Oleh karena itu perlu pula memperhatikan pembangunan sedari awal dan jalin kerjasama yang baik dengan kontraktor atau tukang.

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Grand Sharon Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download