Pinhome

Uncategorized

Ciri ciri desain rumah yang salah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Desain rumah yang bagus tentunya bisa mendukung kenyamanan anggota keluarga dalam menghuni dan beraktifitas didalam rumah, sebaliknya sebuah rumah yang dirancang atau dibangun asal-asalan sehingga ada kekeliruan pada desain rumah maka akibatnya akan mengurangi nilai nyaman. berbicara tentang kesalahan tentunya banyak sekali yang bisa disebutkan, oleh karena itu disini kita akan coba menuliskan ciri ciri desain rumah yang salah sehingga bisa menjadi acuan atau sekedar bahan pengingat kembali ketika hendak merancang desain rumah idaman.

Ciri ciri desain rumah yang salah

  1. Tinggi dan lebar anak tangga yang keliru, hal ini dapat menyebabkan cepat capek ketika naik turun tangga.
  2. Posisi tangga kurang strategis, apabila ada tamu yang kurang memahami denah rumah maka ada kemungkinan mengalami kesulitan ketika akan naik ke lantai berikutnya.
  3. Posisi pintu kamar tidur langsung menghadap ruang tamu, tentunya sangat tidak bagus jika kita menemui tamu dalam keadaan amburadul karena baru saja bangun tidur.
  4. Panjang dan lebar garasi tidak sesuai dengan ukuran mobil, akibatnya sebagian body mobil harus keluar dari ruangan yang telah disiapkan.
  5. Kekurangan ventilasi rumah, setiap ruangan perlu mendapatkan aliran udara segar dan pencahayaan yang cukup agar bisa tergolong sebagai rumah sehat.
  6. Kemiringan atap yang terlalu landai, penggunaan atap genteng minimal miring 30 derajat, atap asbes minimal miring 10 derajat, dan bermacam jenis material atap bisa disesuaikan kemiringanya.
  7. Posisi ruang makan jauh dari dapur sehingga mengalami kerepotan ketika melakukan penyajian makanan setelah selesai masak.
  8. Variasi bentuk rumah atau penggunaan material yang terlalu berlebihan, maksudnya ingin menampilkan keindahan namun yang terjadi justru terkesan tidak bagus dan pemborosan.
  9. Pemilihan jenis material yang tidak sesuai peruntukanya, contohnya menggunakan triplek pada bagian luar rumah bisa menyebabkan cepat rusak karena jenis material ini tidak tahan terhadap basah akibat air hujan.
  10. Menggunakan keramik polos dan licin pada lantai kamar mandi, hal ini dapat membahayakan karena bisa menyebabkan terpeleset.

Dan masih banyak lagi kriteria kesalahan desain rumah lain yang perlu dihindari ketika hendak membangun rumah idaman. Bagi yang punya ciri-ciri lain bisa berbagi ilmu rumah disini 🙂

Tags :

Bagikan Artikel