BlogPemilik Properti5 Cara Cek Nomor Pelanggan PDAM yang Hilang Entah Kemana
0
0

5 Cara Cek Nomor Pelanggan PDAM yang Hilang Entah Kemana

Dipublikasikan oleh M. Agung Septyanto dan Diperbarui oleh M. Agung Septyanto

Agu 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins, apakah kamu tahu apa itu PDAM? Ya, PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum adalah perusahaan daerah yang mendistribusikan air minum ke masyarakat. Ketika pengguna akan membayar tagihan PDAM bulanan mereka perlu cek nomor pelanggan PDAM. 

Namun, sebelum kamu mencari tahu bagaimana cara cek nomor pelanggan pdam, kamu bisa cek estimasi harga rumah. Selain itu kamu juga bisa cek cara pengajuan KPR

Apabila kamu sedang cari rumah di Bogor, mencari rumah di Jakarta Timur, rumah di Paradise Serpong City dan Bali Resort Tangerang bisa juga cari di Pinhome. 

Apa itu Nomor Pelanggan PDAM?

Source : PDAM

Nomor pelanggan adalah rangkaian angka yang berisi tentang informasi tertentu. Di nomor pelanggan PDAM, berisi informasi mengenai tagihan air. Nantinya akan digunakan oleh pelanggan sehingga setiap bulan dapat terlacak berapa jumlah tagihan yang perlu dibayar. Nomor pelanggan bersifat unik sehingga satu pengguna atau konsumen akan mempunyai nomor pelanggan yang berbeda dengan konsumen lain. 

Untuk mempermudah dalam transaksi pembayaran tagihan air, pastikan untuk menjaga nomor pelanggan agar tetap tersimpan rapi. Hal ini untuk menghindar agar kode pelanggan tidak hilang. Ketika kode pelanggan PDAM hilang kamu akan kesulitan untuk menggunakannya saat diperlukan, yang ada malah kamu tidak bisa melunasi tagihan PDAM, Pins. 

Nomor ID pelanggan PDAM terdiri dari 6 hingga 11 digit. Dikarenakan digitnya yang tidak sedikit dan hanya digunakan dalam satu bulan sekali, jadi lebih baik kamu catat ya Pins agar tidak lupa saat akan membayar tagihan saat tanggal pembayaran jatuh tempo. 

Baca juga: Tagihan Air Naik? Ini Dia 10 Cara Menghemat Air di Rumah!

Cara Cek Nomor Pelanggan PDAM? 

Source : Lazada

Pins, apakah kamu pernah mengetahui cara cek nomor pelanggan PDAM ketika hilang? Atau bahkan kamu pernah kehilangan nomor pelanggan PDAM dan bingung untuk membayar tagihan? Berikut ini ada penjelasan selengkapnya. Yuk cek informasi selengkapnya berikut!

1. Cek Meteran Air

Cara cek nomor pelanggan PDAM pertama adalah dengan melihat meteran air. Kamu bisa membuka meteran air untuk mengetahuinya dengan melihat stiker yang tertempel pada meteran. Namun kamu harus mengecek dari sekarang karena bisa jadi tidak ada stiker yang menempel di situ. Kebijakan penempelan stiker tersebut berbeda-beda setiap daerah. Bisa saja daerah kamu tidak mengaplikasikan kebijakan ini Pins. Cara cek nomor pelanggan PDAM di meteran pada dasarnya bisa kamu lakukan kapan pun. Namun jika memungkinkan kamu bisa mengambil foto nomor pelanggan di meteran agar bisa kamu lihat kapan saja. 

2. Kunjungi Kantor PDAM Terdekat

Cara cek nomor pelanggan PDAM selanjutnya adalah dengan datang mengunjungi kantor PDAM terdekat. Pins bisa menanyakan langsung ke petugas yang ada di loket mengenai nomor pelanggan PDAM. Untuk datang ke kantor terdekat hal yang pertama harus dilakukan adalah Pins mengecek jam operasional dari kantor PDAM terdekat tersebut. Selanjutnya Pins bisa datang lebih awal untuk menghindari antrean yang panjang Pins. 

Baca juga: Sarana Air Bersih di Komplek Perumahan

3. Cek via Call Center 

Source : VADS Indonesia

Cara cek nomor pelanggan PDAM selanjutnya adalah dengan menghubungi customer service melalui telepon atau call center. Customer service bisa menjadi salah satu alternatif bantuan untuk membantu menyelesaikan kendala yang kamu hadapi. Dengan menghubungi call center kamu bisa menanyakan apa saja permasalahan yang kamu miliki. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencari tahu jam operasional dari call center PDAM. Tujuannya untuk memastikan bahwa telepon kamu diangkat oleh tenaga CS yang sedang berjaga Pins. Umumnya call center PDAM aktif mengikuti jam operasional kantor mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore. 

4. Cek Melalui Web Resmi PDAM

Kemudian cara cek nomor pelanggan PDAM yang lain adalah melalui web resmi PDAM. Kamu bisa melakukan pengecekkan dengan membuka situs resmi PDAM. Pastikan kamu masuk ke halaman website PDAM di daerah setempat kamu tinggal dan berlangganan. Misalnya saja kamu berdomisili di Surabaya. Kamu bisa masuk ke laman pdam-sby.go.id. Lalu masuk ke akun dan di situ kamu akan diminta untuk memasukkan email dan password. Di dalamnya kamu akan bisa melihat tagihan air kamu sebelumnya dan juga nomor pelanggan. 

Baca juga: Apa Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih

5. Cek Melalui Struk Pembayaran

Source : Kompas

Lalu kamu juga bisa cek melalui struk pembayaran Pins. Pastikan untuk selalu menyimpan struk pembayaran  di tempat yang mudah ditemukan. Kamu bisa meletakkan struk di dompet, pouch khusus untuk menyimpan struk, amplop, dan sebagainya. Jika perlu kamu bisa memfoto struk agar bisa dilihat dengan mudah. Beberapa tips yang bisa kamu gunakan jika ingin menyimpan struk pembayaran Pins. Pertama-tama pisahkan setiap struk berdasarkan jenisnya. Misalnya struk belanja bulanan, struk PDAM, struk PLN, dan sebagainya. Hal ini tentu akan membantu kamu jika sewaktu-waktu ingin membayar struk namun lupa dengan nomor ID pelanggan. 

Nah itu saja informasi mengenai cara cek nomor pelanggan PDAM. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kamu ya Pins. Apabila kamu masih ingin mendapatkan informasi lebih soal cara cek nomor pelanggan kamu bisa langsung masuk ke website PDAM di sekitar daerah kamu Pins. Semoga penjelasannya cukup ya Pins! Sampai jumpa di pembahasan berikutnya! 

Baca juga

Sumber featured image: Indonesia Institute


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download