BlogPemilik PropertiFinansialIntip Cara Menghitung Tarif PDAM yang Paling Akurat
0
0

Intip Cara Menghitung Tarif PDAM yang Paling Akurat

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 12, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghitung tarif PDAMtop-right-banner

Memiliki rumah tidak hanya membayar cicilan KPR, melainkan juga membayar tagihan, termasuk tagihan air. Ketersediaan air bersih yang ada di rumah layak huni biasanya berasal dari PDAM (Perusahaan Dapur Air Minum). Jika baru saja menerima tagihan, Pins mungkin perlu tahu bagaimana cara menghitung tarif PDAM paling akurat.

Mengetahui cara menghitung tarif PDAM dengan akurat adalah hal wajib untuk membuat suasana rumah menjadi nyaman. Senyaman rumah yang ada di Mutiara Gading City atau Modernland Tangerang. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Dengan begitu, kamu bisa menghitung rencana biaya dan anggaran kebutuhan rumah tangga. Ini akan sangat berguna terutama ketika Pins tengah mengeluarkan biaya untuk cicilan KPR rumah. Simak bagaimana cara menghitung tarifnya di sini!

Baca juga:

Cara menghitung tarif PDAM yang Paling Akurat

Setelah memahami langkah-langkah perhitungan tarif PDAM dengan cermat, sekarang akan membahas penerapan metode tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan formula yang telah dijelaskan sebelumnya, Pins dapat dengan mudah menghitung tarif PDAM secara akurat untuk memantau pengeluaran air bulanan dengan lebih efisien. Dengan begitu, kamu dapat mengoptimalkan penggunaan air dan menghindari pembayaran yang tidak sesuai.

Baca juga: Apa Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih

1. Membaca Satuan Ukur Meteran PDAM

cara menghitung tarif pdam
Source : Tribunnews

Bagi pengguna meteran mekanikal, menghitung meteran air dari PDAM sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memeriksa angka pada meteran, yang biasanya terbagi dalam dua bagian warna, yaitu hitam dan merah.

Angka yang tertera pada bagian meteran berwarna hitam berfungsi sebagai satuan ukur untuk mengetahui jumlah tagihan dalam bentuk meter kubik (m3). Sementara itu, angka pada bagian meteran berwarna merah memiliki dua peran penting. 

Pertama, sebagai satuan ukur yang menunjukkan jumlah liter yang telah digunakan. Kedua, sebagai indikator dari hasil pengujian meteran air.

Dengan memeriksa kedua angka tersebut, pengguna dapat dengan cepat menilai seberapa banyak air yang telah digunakan dan memahami tagihan yang akan diterimanya. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengontrol pemakaian air sekaligus memastikan bahwa berfungsi dengan baik.

Baca juga: Apa Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih

2. Mengetahui Beberapa Golongan Tarif di PDAM

Source : JawaPos

Langkah berikutnya melibatkan pemahaman terhadap klasifikasi tarif air PDAM. Penetapan biaya air disesuaikan dengan kelompok pelanggan, termasuk Golongan Sosial, Rumah Tangga, Niaga, hingga Industri.

Setiap golongan dibagi lebih lanjut menjadi beberapa sub-kategori, seperti Golongan Sosial 1A, 1B, dan 2A1. Rumah Tangga 2A1, 2A2, 2A3, 2A4, dan 2B. Niaga 3A dan 3B; serta Industri 4A dan 4B.

Tarif dasar yang dikenakan pada pelanggan akan meningkat seiring dengan peningkatan konsumsi air per bulan.

Untuk meminimalkan kebingungan, perhatikan daftar tarif PDAM khusus untuk rumah tangga di bawah ini untuk memudahkan Pins mehamami cara menghitung pengeluaran tiap bulannya:

a. Golongan rumah tangga 2A1

1-10 m3 = 1.000

11-20 m3 = 1.600

21-30 m3 = 2.300

30 m3 = 5.500

b. Golongan rumah tangga 2A2

1-10 m3 = 2.000

11-20 m3 = 3.600

21-30 m3 = 6.700

30 m3 = 8.800

c. Golongan rumah tangga 2A3

1-10 m3 = 2.600

11-20 m3 = 4.600

21-30 m3 = 7.400

30 m3 = 10.700

d. Golongan rumah tangga 2A4

1-10 m3 = 3.300

11-20 m3 = 6.000

21-30 m3 = 9.400

30 m3 = 12.600

e. Golongan rumah tangga 2B

1-10 m3 = 2.100

11-20 m3 = 3.800

21-30 m3 = 6.000

*Harga air PDAM per kubik sesuai dengan Peraturan Walikota No.270/2013 dan dapat berubah sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Tidak hanya golongan, tetapi tarif per kubik air PDAM juga bervariasi setiap daerahnya. Oleh karena itu, untuk mengetahui tarif PDAM di wilayah Pins, disarankan untuk mengunjungi kantor PDAM setempat atau mengakses laman resmi mereka.

Baca juga: Sarana Air Bersih di Komplek Perumahan

Simulasi Perhitungan Tarif PDAM di Rumah Tangga

Source : Money Kompas

Sebelumnya, Pins anggap saja jika penggunaan air di rumah Pins mencapai 30 meter kubik setiap bulannya.Selanjutnya, tarif yang dikenakan adalah sebesar Rp10.700 atau masuk dalam Golongan Rumah Tangga 2A3. Maka, cara menghitung biaya PDAM untuk rumah tangga tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut;

30 x Rp10.700 = Rp321.000

Angka di atas mencakup hanya biaya konsumsi air. Setelah mendapatkan total ini, tambahkan dengan biaya administrasi air minum dan biaya pemeliharaan meteran air per bulannya. Besaran kedua biaya ini berbeda di setiap wilayah.

Di Kota Bandung misalnya, biaya administrasi adalah Rp10.000 per bulan dan biaya pemeliharaan tergantung pada ukuran meteran, seperti contoh berikut:

  • Ukuran meter 0,5 inci sebesar Rp7.000 per bulan
  • Ukuran meter 1 inci sebesar Rp43.000 per bulan
  • Ukuran meter 1,5 inci sebesar Rp72.000 per bulan
  • Ukuran meter 2 inci sebesar Rp129.000 per bulan
  • Ukuran meter 3 inci sebesar Rp158.500 per bulan
  • Ukuran meter 4 inci sebesar Rp187.000 per bulan

Selanjutnya, asumsikanlah bahwa ukuran meteran Pins adalah 0,5 inci. Dalam hal ini, total biaya yang perlu Pins keluarkan sebagai tarif PDAM untuk rumah Pins adalah;

Rp312.000 + Rp7.000 = Rp319.000 per bulan.

Baca juga: Hunian Nyaman 101: Air Bersih dari Virus dan Bakteri di Masa Pandemi

Cara Bayar PDAM

Setelah memahami langkah-langkah perhitungan tarif PDAM dengan cermat, sekarang kita akan membahas penerapan metode tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan formula yang telah dijelaskan sebelumnya, Pins dapat dengan mudah menghitung tarif PDAM secara akurat. 

Untuk memantau pengeluaran air bulanan dengan lebih efisien. Dengan begitu, Pins dapat mengoptimalkan penggunaan air dan menghindari pembayaran yang tidak sesuai.

1. Bayar di Minimarket

Source : Unsplash

Beberapa toko convenience atau minimarket juga menawarkan fasilitas untuk melakukan pembayaran tagihan air. Untuk membayar tagihan PDAM di minimarket, langkah-langkahnya cukup sederhana. 

Pertama, beritahu kasir bahwa Pins ingin melakukan pembayaran tagihan air. Selanjutnya, berikan nomor pelanggan Pins dan lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera. Dengan begitu, proses pembayaran tagihan air dapat dilakukan dengan mudah dan praktis di minimarket terdekat.

2. Lewat m-Banking

Source : Unsplash

Bagi mereka yang menggunakan layanan M-Banking, melakukan pembayaran tagihan PDAM menjadi suatu tugas yang mudah dilakukan.Sebagian besar layanan perbankan di Indonesia kini menawarkan fasilitas pembayaran air melalui situs web ataupun aplikasi mobile yang mereka sediakan.

Langkah-langkahnya pun cukup sederhana, hanya perlu masuk ke dalam laman atau aplikasi tersebut, lalu pilih fitur pembayaran tagihan PDAM. Dengan melakukan langkah tersebut, Pins dapat membayar tagihan air sesuai dengan jumlah yang tertera dengan mudah.

Baca juga: Apa Itu Drainase Rumah? Ini Fungsi, Cara Membuat, dan Jenisnya!

3. Gunakan Super App

Source : RBTV Disway

Fenomena Super App atau Aplikasi Super semakin merajalela di kalangan masyarakat, menjadi sorotan utama dalam tren teknologi terkini. Penggunaan aplikasi ini telah meluas, mencakup berbagai kebutuhan sehari-hari, termasuk transportasi, transaksi jual-beli, bahkan pembayaran tagihan rutin.

Sebagai contoh, Gojek, Grab, Tokopedia, DANA, OVO, dan sejumlah aplikasi super lainnya kini dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembayaran untuk tagihan air PDAM. Keberagaman pilihan aplikasi super ini memberikan fleksibilitas bagi pengguna dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Dengan memahami metode perhitungan tarif PDAM yang akurat, kamu dapat mengelola penggunaan air dengan lebih efisien. Perencanaan keuangan rumah tangga dapat dioptimalkan, dan Pins dapat berkontribusi pada keberlanjutan sumber daya air. 

Menggunakan rumus yang tepat membantu Pins membayar tagihan sesuai dengan konsumsi sebenarnya. Sekaligus untuk menciptakan kesadaran akan keberlanjutan air bagi masa depan yang lebih baik.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download