Pinhome

Uncategorized

Cara Merawat Kebersihan Gorden Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Rumah yang memiliki gorden pada tiap jendelanya akan menambah kesan menarik dan mempercantik rumah itu sendiri. Aksesoris tambahan yang terpasang pada jendela tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal, diantaranya yaitu melindungi pemilik rumah dari pandangan orang-orang di luar serta mencegah nyamuk dan debu masuk ke ruangan bagian dalam rumah. Letak gorden yang berada di tempat terbuka menyebabkan gorden mudah sekali terkena kotoran atau debu. Oleh sebab itu, jika tidak membersihkan gorden secara rutin maka gorden bisa menimbulkan masalah-masalah seperti misalnya bersin dan alergi akibat debu. Di samping itu, bagi orang yang sangat suka dengan warna cerah terutama warna putih, gorden warna putih miliknya akan terlihat sangat kusam dan kotor apabila jarang dibersihkan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat dan membersihkan gorden rumah sehingga gorden tidak perlu sampai diganti dengan yang baru. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengetahui Penyebab Gorden Menjadi Kotor

Debu dari luar dan dalam ruangan rumah merupakan sumber penyebab kotornya gorden. Tak hanya itu, menyentuh gorden dengan tangan kotor juga membuat gorden menjadi ikut kotor.

Menghalau Debu

Salah satu cara mudah untuk menghalau debu agar tidak menempel lagi pada gorden yaitu dengan menggunakan kemoceng atau sulak. Kain lap statis, kain lap basah, dan vacuum cleaner juga bisa digunakan untuk membersihkan debu pada gorden.

Mengetahui dan Menerapkan Metode Membersihkan Gorden Jendela

Pertama, bersihkan gorden dari bagian atas lalu ke bagian bawah. Sebelum gorden dibersihkan menggunakan kain lembab, bersihkan terlebih dahulu dengan kemoceng atau vacuum cleaner. Kedua, jangan memakai kain lembab untuk membersihkan gorden dengan warna cerah atau pastel sebab kotoran yang sudah tercampur dengan kain bisa merubah warna gorden. Ketiga, pastikan untuk membersihkan kedua sisi gorden.

Mencuci Gorden Jendela

Gorden yang bisa dibersihkan dengan pembersih bisa dicuci menggunakan uap pembersih atau steamer pembersih portable. Cara ini terbilang cukup efektif untuk menghilangkan debu dan kotoran pada gorden.

Memanfaatkan Mesin Cuci

Sebelum membersihkan gorden dengan mesin cuci, perhatikan dahulu jenis kain dari gorden tersebut. Kain berserat atau mudah terurai sebaiknya tidak dibersihkan dengan mesin cuci. Di samping itu, gorden yang sudah kotor sekali perlu dicuci menggunakan air hangat.

Mengeringkan Gorden Dengan Mesin Cuci

Saat mengeringkan gorden, gunakanlah siklus atau putaran rendah pada mesin cuci untuk menghindari kerusakan pada gorden.

Demikianlah cara merawat dan membersihkan gorden rumah. Dengan menerapkan cara-cara tersebut diharapkan jendela rumah beserta gordennya bisa terhindar dari debu sehingga membuat ruangan di dalam rumah menjadi lebih menyehatkan. Selain itu, gorden akan selalu bersih dan terawat. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel