BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Cara Memasang Gorden Berdasarkan Jenisnya
0
0

6 Cara Memasang Gorden Berdasarkan Jenisnya

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 8, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara memasang gordentop-right-banner

Mempunyai sebuah hunian tidak lengkap tanpa kehadiran pintu dan jendela. Kedua media sirkulasi udara tersebut memang mempunyai peranan penting dalam sebuah hunian. Nah, pelengkap dekorasi berupa gorden maupun vitrase yang sering membalut keduanya juga menjadi hal yang tidak bisa dilupakan. Itulah mengapa penting untuk mengetahui cara memasang gorden sebagai pelengkap dekorasi jendela rumah.

Dengan mengetahui cara memasang gorden yang tepat, kamu akan membuat tampilan interior rumah kamu menjadi semakin indah. Seperti rumah yang ada di perumahan Cikarang Griya Pratama atau di Pinus Regency. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung atau rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Dari sekian banyak model gorden jendela yang beredar di pasaran, pasti Pins senang memilih model yang simple dan mudah dipasang. Selain berfungsi sebagai penghalau sinar matahari, gorden juga bisa membuat privasi hunian tetap terjaga, apalagi jika ditambah vitrase di dalamnya. Di bawah ini Pinhome akan memberikan 6 cara memasang gorden jendela dengan mudah berdasarkan jenisnya!

Baca juga: Berbagai Pilihan Model Gorden Mewah Minimalis

Cara Memasang Gorden Berdasarkan Jenis

Setiap jenis gorden memiliki caranya sendiri dalam pemasangannya. Untuk menciptakan tampilan yang sempurna, penting untuk memahami bagaimana cara memasang gorden berdasarkan jenisnya. Dengan menyesuaikan metode pemasangan sesuai karakteristik gorden, Pins dapat menciptakan sentuhan dekorasi yang menawan dan fungsional dalam ruangan Pins.

1. Cara Memasang Gorden Model Biasa

cara memasang gorden
Source : The New York Times

Cara memasang gorden biasa dalam jenis yang umum memang cenderung mudah tanpa adanya halangan yang berarti. Untuk Pins yang baru pertama kali memiliki gorden sendiri di rumah pun pasti dengan cukup mudah memasangnya.

Sebelum memasang gorden, sebaiknya perhatikan ukuran jendela yang akan Pins pasangkan gorden. Hal ini berguna untuk mengukur berapa panjang batang rel yang dibutuhkan. Jangan sampai batang rel melampaui panjang dari ujung jendela.

Untuk rel jendela dalam bentuk cincin, Pins hanya perlu memasukkan cincin pada ujung-ujung gorden untuk dikaitkan pada batang. Namun, bila menggunakan batang rel, kamu perlu masukan rel ke lubang gorden. Cara memasang gorden biasa ini dengan mengaitkan satu persatu pada rel yang telah disediakan.

Harap bersabar dan tidak terburu-buru saat memasangnya ya, Pins. Bila Pins terburu-buru, ini justru bisa merusak rel maupun bahan gorden itu sendiri. Perlu diingat, walaupun cara memasang besi gorden biasa terbilang mudah, namun detailnya tetap harus diperhatikan ya!

Baca juga:

2. Cara Pasang Gorden Tanpa Batang Rel

Source : Pinterest

Umumnya, gorden jendela memang menggunakan batang rel yang berfungsi sebagai pengait rel dari tirai yang dipasang. Namun, apa jadinya bila batang rel tidak ada? Beberapa penghuni, benar-benar memikirkan konstruksi dari bangunan rumah yang sangat ingin meminimalisir adanya pengeboran pada bagian tembok.

Hal tersebut yang membuat beberapa gorden jendela bisa dipasang walaupun tidak menggunakan batang rel. Cara memasang gorden jendela tanpa batang bisa menggunakan beberapa alternatif yang pastinya tidak kalah menarik, antara lain:

  • Menggunakan kawat, kawat bisa dipasang sepanjang lebar jendela. Setelahnya buatlah mata di kedua sisi jendela berupa kait. Kawat panjang tersebut mampu menopang tirai atau gorden kesayangan dengan jenis yang ringan.
  • Cara selanjutnya dapat menggunakan tali. Tali diregangkan sama sesuai lebar dari jendela. Pastikan memasangnya benar-benar kencang dan tidak kendur agar saat pemasangan, gorden terlihat apik dan menarik.
  • Nah, untuk Pins yang senang dengan ide-ide kreatif yang dipadukan dengan rumah bergaya industrial. Pins bisa membuat beberapa ide cemerlang dalam membuat batang rel. Bisa menggunakan kayu pohon, tali anyaman cantik atau pun besi bekas.

Baca juga: Desain Rumah Tropis Sederhana Populer

3. Cara Memasang Gorden Jendela Berponi

cara memasang gorden
Source : Century Mills

Bila Pins memilih jenis gorden berponi, maka Pins harus mempersiapkan batang rel yang cukup kuat menampung gorden dan terdiri dari dua buah. Hal tersebut dikarenakan batang pertama digunakan untuk mengaitkan gorden biasa, dan batang satu lagi untuk gorden berponi.

Bagaimana cara pasang gorden jendela model berponi? Sebenarnya, cara memasangnya cukup mudah. Langkah pertama, Pins bisa mulai memasang gorden pada batang rel pertama. Ini biasanya berjenis gorden biasa, lurus dan panjangnya menutupi keseluruhan jendela. 

Selanjutnya pasang gorden pada bagian batang ke-2 yang berada di depan gorden sebelumnya. Jenis model satu ini setengah jendela atau yang biasa diistilahkan sebagai poni gorden. Letaknya berada menutupi pada bagian atas jendela.

Untuk informasi tambahan, jenis gorden ukuran setengah hanya bisa dioperasikan pada salah satu sisi dari gorden saja, tidak keduanya seperti gorden jenis biasa yang ada di belakangnya. Jadi, untuk bagian poni gordennya tidak bisa dibuka tutup.

Baca juga: 15 Ide Dekorasi Rumah Kayu Sederhana yang Mudah di Tiru

4. Cara Pasang Gorden Jendela Model Tirai Kupu-Kupu

Source : OLX

Selanjutnya adalah mengetahui cara memasang gorden biasa model kupu-kupu. Mengapa disebut mirip hewan kupu-kupu? Bila Pins lihat lebih seksama, bagian tirai yang diikat adalah badan kupu-kupu dan yang tidak diikat menyerupai sayap kupu-kupu. Bagaimana cara memasang gorden biasa model kupu-kupu ini? Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama hal yang perlu Pins ketahui bahwa cara memasang gorden biasa jenis kupu-kupu terbilang cukup mudah. Namun, usahakan diaplikasikan pada jendela dengan ukuran yang tinggi dan cenderung sempit. Ini akan menambah estetika tersendiri dari penampilan ruang.
  • Rel jendela harus dipasang pada kedua sisi, yaitu atas dan bawah. Tidak seperti model tirai jendela biasa yang berada hanya pada sisi atas, untuk model kupu-kupu rel tersedia pada kedua bagian. Fungsinya adalah membuat tirai tetap berada pada model yang diinginkan dan rapi.
  • Cara memasang gorden biasa jenis kupu-kupu ini bisa Pins samakan seperti jenis gorden lainnya. Mulai dari rel bagian atas satu persatu dan lanjut ke bagian bawah. Bila kedua sisi sudah sejajar dan rapi. Kini saatnya Pins mengikatnya pada bagian tengah gorden agar menghasilkan model gorden kupu-kupu yang cantik.

Baca juga:

5. Cara Memasang Gorden Roller Blind

cara memasang gorden
Source : Smith and Noble

Nah, untuk model terbaru yang sering menghiasi hunian modern adalah gorden roller blind. Gorden satu ini memiliki tampilan minimalis dan tentunya tidak kalah sedap dipandang. Cocok untuk Pins dan keluarga yang tetap menginginkan privasi terjaga tanpa perlu repot mencucinya.

Dengan rajin mengelap dengan kain yang lembut, maka gorden Pins akan jauh dari debu-debu bertebaran. Tidak seperti cara memasang besi gorden biasa, jenis gorden roller blind jauh lebih mudah. Biasanya sudah dijual dipasaran satu set, baik dengan teknologi berupa remote maupun manual dengan tangan.

Setelah bracket dipasang beserta gorden, Pins hanya perlu melakukan pengecekan dengan cara buka tutup gorden. Hal ini untuk memastikan gorden berfungsi dengan baik. 

6. Cara Memasang Gorden Model Estetik

Source : Shopee

Pilihlah gorden dengan panjang yang melebihi ukuran pintu, namun hindari kelebihan panjang agar tidak mudah kotor. Biarkan gorden mencapai panjang 15-20 cm di bawah penyangganya untuk menciptakan tampilan yang elegan saat menyentuh lantai. 

Pastikan panel gorden cukup lebar agar dapat menutup pintu secara penuh saat ditutup. Dengan lebar panel sebaiknya 2 sampai 2,5 kali lebar pintu.

Saat memilih warna, prioritaskan warna gorden yang cerah, terutama untuk pintu rumah yang tidak terlalu besar. Hindari gorden pintu dengan warna monokrom, karena dapat membuat ruangan terasa pengap. 

Pilih penyangga gorden yang sesuai dengan konsep dan desain rumah, dan pastikan cukup lebar agar saat terbuka. Bagian dalam gorden hanya menutupi bingkai pintu, bukan jalan masuk.

Pasang kain gorden pintu pada posisi yang agak tinggi untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Gantung gorden pintu setengah jalan antara bagian atas pintu dan langit-langit, atau bahkan lebih tinggi. 

Tempatkan tangkai besi gorden di bawah langit-langit untuk menciptakan ilusi visual ruangan yang lebih tinggi dan luas. Tanpa masalah jika melampaui frame pintu bagian atas.

Cara Membersihkan Gorden di Rumah

Setelah mengetahui cara memasang gorden berdasarkan jenisnya, kamu juga perlu mengetahui cara merawat kebersihan gorden di rumah. Seperti yang kita ketahui, gorden berfungsi untuk mencegah nyamuk dan debu masuk ke rumah.

Letak gorden yang berada di tempat terbuka menyebabkan gorden mudah sekali terkena kotoran atau debu. Oleh sebab itu, jika tidak membersihkan gorden secara rutin maka gorden bisa menimbulkan masalah. Berikut ini beberapa cara membersihkan gorden di rumah:

Baca juga: 

1. Gunakan Vacuum Cleaner

Source : Hargamaterialsipil.com

Salah satu cara mudah untuk menghalau debu agar tidak menempel lagi pada gorden yaitu dengan menggunakan kemoceng atau sulak. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alat lain seperti kain lap statis, kain lap basah, dan vacuum cleaner untuk membersihkan debu pada gorden.

Bersihkan gorden dari bagian atas lalu ke bagian bawah. Sebelum gorden dibersihkan menggunakan kain lembab, bersihkan terlebih dahulu dengan kemoceng atau vacuum cleaner untuk menghalau debu yang menempel di gorden.

Baca juga: 

2. Jangan Menggunakan Kain Lembab

cara merawat kebersihan gorden di rumah
Source : Sunrose.co.id

Jangan menggunakan kain lembap untuk membersihkan gorden dengan warna cerah atau pastel sebab kotoran yang sudah tercampur dengan kain bisa mengubah warna gorden. Pastikan untuk membersihkan kedua sisi gorden.

3. Cuci Gorden dengan Mesin Cuci

cara merawat kebersihan gorden di rumah
Source : Sunrose.id

Sebelum membersihkan gorden dengan mesin cuci, perhatikan dahulu jenis kain dari gorden tersebut. Kain berserat atau mudah terurai sebaiknya tidak dibersihkan dengan mesin cuci. Di samping itu, gorden yang sudah kotor sekali perlu dicuci menggunakan air hangat.

Saat mengeringkan gorden, gunakanlah siklus atau putaran rendah pada mesin cuci untuk menghindari kerusakan pada gorden. Dengan menerapkan cara-cara tersebut diharapkan jendela rumah beserta gordennya bisa terhindar dari debu sehingga membuat ruangan di dalam rumah menjadi lebih menyehatkan. 

Demikianlah cara memasang gorden berdasarkan jenisnya dan cara merawat kebersihan gorden di rumah. Beragam jenis model gorden yang terjual memang sangat bervariasi. Pins hanya perlu memilih gorden sesuai dengan tema hunian, kebutuhan dan budget yang dimiliki. Semoga artikel di atas bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download