BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAJenis-Jenis KPR yang Populer dan Banyak Dicari di Indonesia
0
0

Jenis-Jenis KPR yang Populer dan Banyak Dicari di Indonesia

Dipublikasikan oleh Bekti 

Mei 2, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
kpr banktop-right-banner

Pinhome – Pembelian rumah menggunakan KPR memang menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan hunian dengan cepat.

Saat ini, sudah banyak KPR bank yang menawarkan kemudahan pengajuan bagi para nasabahnya. Bahkan, satu bank saja memiliki berbagai jenis KPR dengan keunggulannya masing-masing.

Agar lebih jelas, KPR bank mana saja yang populer di Indonesia berikut telah kami rangkum beberapa di antaranya dan disajikan pula dalam bentuk infografis.

Produk Kredit Paling Dicari di Indonesia

Masing-masing bank tentunya memiliki beragam produk yang ditawarkan. Tidak hanya penyimpanan uang atau aset berharga saja, bank juga melayani pengajuan kredit.

Jenis kredit yang ditawarkan juga terdiri dari berbagai macam jenis. Ada kredit tanpa agunan (KTA), kredit multifinance, kredit modal usaha, kredit kepemilikan kendaraan bermotor, kredit pemilikan apartemen (KPA), dan kredit pemilikan rumah (KPR).

Berdasarkan data yang diperoleh melalui Google Trend, ternyata pencarian KPR di Indonesia menempati urutan pertama disusul oleh pencarian KPA dan kredit multiguna.

Hal ini membuktikan jika masyarakat Indonesia sangat tertarik untuk mengetahui informasi detail terkait KPR

Jumlah pencarian KPR paling Populer di Indonesia di Google

Seperti disinggung sebelumnya, masing-masing bank memiliki KPR dengan keunggulan yang berbeda.

Ada banyak faktor yang membedakan, seperti bunga yang diberikan, kelengkapan persyaratan, jangka waktu kredit, dan lain-lainnya.

Pada mesin pencari Google, terlihat beberapa KPR yang paling sering dicari. Dengan pengecekan kata kunci melalui Ahrefs menggunakan kombinasi kata kunci KPR+Nama Bank, berikut hasil yang didapatkan :

  • KPR BTN dengan jumlah pencarian 6.700.
  • KPR BCA dengan jumlah pencarian 6.500.
  • KPR BRI dengan jumlah pencarian 4.800.
  • KPR Mandiri dengan jumlah pencarian 3.500.
  • KPR BNI dengan jumlah pencarian 2.200.
  • KPR BSI dengan jumlah pencarian 2.000.
  • KPR CIMB Niaga dengan jumlah pencarian 1.000.
  • KPR Permata dengan jumlah pencarian 450.
  • KPR Panin dengan jumlah pencarian 300.
  • KPR OCBC NISP dengan jumlah pencarian 200.

Tingginya angka pencarian KPR BTN dipengaruhi oleh program rumah subsidi yang dilakukan pemerintah. Rumah subsidi tersebut memang dilakukan dengan menggandeng BTN sebagai bank penyedia KPR.

Meskipun memiliki angka pencarian yang tinggi, tidak serta merta bank-bank tersebut memiliki aset dan jenis KPR yang lengkap serta banyak diminati.

Nilai Aset Bank dengan Produk KPR Paling Populer

Pada kuartal 1 tahun 2022, telah diumumkan aset-aset milik bank ternama di Indonesia. Ada 10 bank terkenal dengan aset tertinggi.

Berikut ini merupakan nilai aset bank yang memiliki produk KPR paling populer di Indonesia :

  • BTN : Rp367,51 triliun.
  • BCA : Rp1.259,44 triliun.
  • BRI : Rp1.650,28 triliun.
  • Bank Mandiri : Rp1.734,08 triliun.
  • BNI : Rp931,9 triliun.
  • BSI : Rp271,29 triliun.
  • CIMB Niaga : Rp307,4 triliun.
  • Bank Permata : Rp240,87 triliun.
  • Panin Bank : Rp205,8 triliun.
  • OCBC NISP : Rp225,73 triliun.

Jumlah dan Jenis KPR Populer yang Ditawarkan Setiap Bank

Nilai aset bank ternyata tidak memberikan pengaruh yang besar terhadap pencarian KPR bank populer pada Google.

Rata-rata bank memiliki lebih dari satu jenis KPR. Ada yang memiliki 5 hingga 9 jenis KPR dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan.

Masing-masing jenis KPR bank tersebut biasanya juga diperuntukkan bagi beberapa kalangan. Dari mulai pembeli properti pertama, keluarga, generasi milenial, dan lain-lainnya.

Berikut jumlah jenis KPR bank yang ditawarkan :

  • BTN memiliki 9 program KPR yang terdiri dari : KPR BP2BT, KPR BTN Subsidi, KPR BTN Mikro, KPR BTN Platinum, KPR BTN Gaess, Kredit Pemilikan Apartemen, Kredit Agunan Rumah (KAR) BTN, Kredit Ringan BTN, dan Kredit Bangun Rumah.
  • BCA memiliki 4 program KPR yang terdiri dari : Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), KPR Xtra, dan KPR Refinancing.
  • Bank Mandiri memiliki 7 program KPR yang terdiri dari : Mandiri KPR Duo, Mandiri KPR Angsuran Berjenjang, Mandiri KPR Flexible, Mandiri KPR Take Over, Mandiri KPR Top Up, Mandiri KPR Milenial, dan KPR Mandiri Syariah.
  • BNI memiliki 7 program KPR yang terdiri dari : Kredit Pemilikan Rumah BNI (KPR BNI), Kredit Pemilikan Apartemen BNI (KPA BNI), Kredit Pemilikan Ruko (KPR Ruko). Kredit Renovasi Rumah dan Kredit Konstruksi BNI, Take Over Jual Beli (TOJB), Take Over KPR BNI Murni dan Top Up + Take Over, dan Top Up KPR BNI (Nasabah Existing).
  • BSI baru memiliki 1 program KPR, yaitu KPR Griya Hasanah.
  • CIMB Niaga memiliki 5 program KPR yang terdiri dari : KPR Xtra CIMB Niaga, KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga, KPR iB CIMB Niaga (syariah), KPR iB Flexi CIMB Niaga (syariah), dan KPR iB Fix CIMB Niaga (syariah).
  • Bank Permata memiliki 5 program KPR yang terdiri dari : PermataME KPR, PermataKPR Bijak, PermataKPR Keluarga, PermataKPR Cicilan Tetap, dan Permata KPR Payroll.
  • Panin Bank memiliki 5 program KPR yang terdiri dari : KPR Rumah Panin (Pembelian Rumah), KPA Panin (Pembelian Apartemen), KPR Ruko Panin (Pembelian Ruko / Rukan), KPR Kos – Kosan, dan KPR Villa.
  • OCBC NISP memiliki 3 jenis program KPR yang terdiri dari : KPR Easy Start, KPR Kendali, dan KPR iB MMQ.

Jenis-jenis KPR di atas tentunya bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pins sekalian.

Metodologi

Metode penelitian ini menggunakan data dari portal berita dan data resmi dari website masing-masing bank. Data yang diambil mulai dari tahun 2021 hingga kuartal pertama tahun 2022. 

Parameter selanjutnya yang digunakan adalah aset dari 10 bank terbesar di Indonesia, jenis KPR yang ditawarkan, hingga penyaluran KPR dari masing-masing bank.

Dalam mencari data, tim juga menggunakan Ahrefs untuk mengukur dan mengetahui jumlah persis pencarian kata kunci KPR di Indonesia. Temuan data yang ada kemudian dirangkum dan disajikan lewat tampilan grafik.


Informasi lebih lanjut mengenai infografis bisa menghubungi komarudin.subekti@pinhome.id. Desain infografis oleh: Creative Team Pinhome.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download