Pinhome

Properti

Cara Mengatasi Rumah Bocor saat Musim Hujan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Musim hujan datang membawa suasana gembira bagi banyak orang karena suasana hujan dapat membawa kita pada ketenangan atau mengingatkan masa lalu indah dengan situasi alam sama seperti yang sedang berlangsung saat ini. namun ada juga yang merasa sedih karena berbagai hal yang mungkin dialami misalnya rumah kebocoran, nah.. agar tidak sedih atau uring-uringan maka ada baiknya kita simak beberapa tips cara mengatasi rumah bocor saat musim hujan, yah meskpin sebuah uraian sederhana barangkali dapat bermanfaat bagi yang bingung harus bagaimana dalam menghadapi kebocoran genteng saat hujan tengah mengguyur.

Cara mengatasi rumah bocor saat musim hujan

  1. Tidak perlu panik, santai saja karena panik justru akan menambah masalah.
  2. Hati-hati menggunakan handphone saat hujan derang mengguyur disertai petir, mungkin hendak menelepon keluarga atau tukang bangunan untuk membantu menyelesaikan masalah namun yang datang justru petir menyambar.
  3. Memakai ember atau baskom untuk menampung sementara air yang menetes dari atas.
  4. Jika kondisi rumah tidak memungkinkan misalnya mau roboh karena tertiup air kencang maka ada baiknya segera keluar rumah untuk mengungsi ke tempat tetangga atau mencari tempat berteduh yang aman.
  5. Plafond gypsum tidak tahan terhadap air hujan, jadi sebelum memilih untuk menggunakan jenis material ini maka perlu memastikan terlebih dahulu kondisi atap dalam keadaan bagus. dan apabila sudah terlanjur maka usakan tidak berada dibawah plafond gypsum yang sedang terkena kebocoran karena rawan roboh.
  6. Menunggu sampai hujan benar-benar reda sebelum memutuskan untuk memperbaiki genteng bocor untuk menghindari terpeleset.
  7. Jika menggunakan jenis genteng rumah yang sulit dicari kembaranya maka bisa mengantisipasinya dengan menyediakan cadangan material di rumah.
  8. Tidak ada salahnya memanfaatkan air hujan yang turun ke dalam ruangan untuk kebutuhan rumah tangga misalnya mencuci piring, hitung-hitung menghemat biaya tagihan PAM, apalagi pada daerah yang sumber airnya tidak lancar 🙂

Solusinya semua suda tahu, bahwa  cara terbaik dalam menyelesaikan permasalahan genteng bocor saat musim hujan yatu memperbaiki bagian yang bocor atau pindah ke ruangan atau rumah yang tidak mengalami kebocoran 🙂 Pernahkah mengalami rumah bocor saat musim hujan? jika punya cerita menarik tentang ini atau punya trik dalam menghadapinya maka bisa berbagi cerita disini 🙂

Tags :

Bagikan Artikel