BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Cara dan Tips Mengatasi Rumah Bocor saat Musim Hujan
0
0

10 Cara dan Tips Mengatasi Rumah Bocor saat Musim Hujan

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Mar 31, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Musim hujan bisa menjadi suatu kondisi yang sangat diharapkan kehadiranya bagi jutaan orang misalnya petani berharap tanamanya mendapatkan air yang cukup. Banyak orang ingin tahu bagaimana tips mengatasi rumah bocor bisa hujan besar datang.

Hal ini terjadi karena baik itu rumah sederhana atau rumah mewah jika pemasangan penutup tidak dilakukan dengan benar maka bisa dipastikan akan mengalami hal ini. Lalu seperti cara dan tips yang bisa kamu coba lakukan? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Tips Rumah Anti Banjir Solusi Tinggal di Kawasan Banjir!

Penyebab Genteng Bocor

tips mengatasi rumah bocor
Source : Shutterstock

Sebelumnya Pins harus cari dan analisa terlebih dahulu, apa yang menjadi penyebab genteng bocor saat musim hujan. Sehingga, dari identifikasi masalah tersebut dapat ditemukan cara yang tepat dalam menangani genteng bocor saat musim hujan.

Berikut ini beberapa kemungkinan yang menyebabkan genteng rumah bocor.

  1. Sudut kemiringan atap rumah terlalu datar sehingga air tidak dapat mengalir kebawah dengan cepat dan teratur, untuk genteng asbes minimal sudut kemiringan adalah  10 derajat sedangkan genteng beton atau genteng tanah minimal sudut kemiringan adalah 35 derajat.
  2. Sudut kemiringan terlau tegak juga bisa menjadi penyebab genteng bocor saat musim hujan misalnya terjadi genteng lepas atau istilah bahasa jawanya adalah “kenteng melorot” karena genteng tidak dapat berdiam pada tempat dudukan rangka atap dengan baik, jika terpaksa membuat kemiringan genteng dengan tegak karena alasan desain arsitektur maka dapat dilakukan antisipasi genteng lepas dengan cara menambahkan paku pada kepalaan genteng sebagai pengait.
  3. Material genteng rusak atau berlubang juga bisa menjadi sebab kebocoran.
  4. Terjadi bencana sehingga merusak konstruksi atap saat musim hujan seperti angin kencang, gempa bumi, banjir dan lain-lain.

Baca juga: Tips Rumah Renovasi Dalam Waktu 24 Jam Selesai

Cara Mengatasi Rumah Bocor saat Musim Hujan

Source : Shutterstock

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rumah bocor. Beberapa diantaranya adalah berikut ini:

  1. Tidak perlu panik, santai saja karena panik justru akan menambah masalah.
  2. Hati-hati menggunakan handphone saat hujan derang mengguyur disertai petir, mungkin hendak menelepon keluarga atau tukang bangunan untuk membantu menyelesaikan masalah namun yang datang justru petir menyambar.
  3. Memakai ember atau baskom untuk menampung sementara air yang menetes dari atas.
  4. Jika kondisi rumah tidak memungkinkan misalnya mau roboh karena tertiup air kencang maka ada baiknya segera keluar rumah untuk mengungsi ke tempat tetangga atau mencari tempat berteduh yang aman.
  5. Plafond gypsum tidak tahan terhadap air hujan, jadi sebelum memilih untuk menggunakan jenis material ini maka perlu memastikan terlebih dahulu kondisi atap dalam keadaan bagus. dan apabila sudah terlanjur maka usakan tidak berada dibawah plafond gypsum yang sedang terkena kebocoran karena rawan roboh.
  6. Menunggu sampai hujan benar-benar reda sebelum memutuskan untuk memperbaiki genteng bocor untuk menghindari terpeleset.
  7. Jika menggunakan jenis genteng rumah yang sulit dicari kembaranya maka bisa mengantisipasinya dengan menyediakan cadangan material di rumah.
  8. Tidak ada salahnya memanfaatkan air hujan yang turun ke dalam ruangan untuk kebutuhan rumah tangga misalnya mencuci piring, hitung-hitung menghemat biaya tagihan PAM, apalagi pada daerah yang sumber airnya tidak lancar.

Baca juga: Tips Rumah Tropis dan Cara Menyiasatinya

Tips Mengatasi Rumah Bocor saat Musim Hujan

tips mengatasi rumah bocor
Source : Shutterstock

Supaya kamu bisa mencegah dan memperbaiki kebocoran atap rumah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Berikut ini Pinhome rekomendasikan tips yang bisa kamu lakukan:

Cek Ventilasi Rumah

Pertama-tama hal yang Pins lakukan adalah mereriksa ventilasi di rumah. Ventilasi sangat penting untuk menjaga sirkulasi udara, tetapi ventilasi yang terletak di atas jendela atau pintu juga bisa menyebabkan rembesan saat hujan. Apalagi jika atap rumah kamu tidak cukup panjang.

Tutup Ventilasi Sementara

Bila memang sudah bocor karena dari ventilasi kamu bisa tutup bagian ventilasi atap dengan menggunakan lap kanebo untuk smentara. Lap ini mampu menyerap air jika rembesan terjadi.

Ingat! Bila hukan reda segeralah cari cara lain untuk menutup ventilasi yang rembes!

Pakai Cat Waterproof

Kamu juga bisa melapisi atap dengan cat waterproof untuk meningkatkan perlindungan terhadap air. Dengan cat ini kamu tidak perlu khawatir lagu rumah kebocoran.

Ganti Atap yang Sudah Jelek

Bila menemukan atap yang sudah usang sebaiknya Pins bisa ganti dengan yang baru. Atap yang rusak ini bila dibiarkan dapat menyebabkan kebocoran.

Pakai Sealant

Gunakanlah sealant untuk mencegah masuknya air ke rongga kecil seperti pipa plafon. Jangan khawatir karena sealant tidak berbau, cepat kering, dan bisa diolesi dengan cat.

Manfaatkan Alumunium Foil

Selain dapat meredam panas aluminium foil juga bisa mencegah kebocoran di rumah kamu lho Pins. Jadi pasang alumunium ini di bawah atap rumah bila kamu ingin hunian terbebas dari masalah kebocoran.

Bersihkan Talang Air

Hal yang tidak boleh Pins lewatkan adalah memastikan talang air selalu bersih dan tidak terdapat penumpukan sampah. Hal ini penting karena dapat mengakibatkan genangan air dan kebocoran.

Jadi rutin lah untuk mengecek talah air agar rumah kamu tidak bocor.

Cari Titik Kebocoran

Apabila ingin mengatasi bocor kamu juga harus mencari letak atap yang bocor. Gunakan tangga lipat dan senter untuk memeriksa adanya bekas noda air yang kehitaman dan jamur.

Cek Atap Rutin

Pastikan untuk mengecek kondisi atap secara rutin, setidaknya setiap musim hujan atau setelah terjadi badai. Hal ini dapat membantu dalam Pins menemukan masalah sebelum mereka menjadi lebih parah dan menghemat biaya perbaikan di kemudian hari.

Pakai Jasa Profesional

Tidak ada salahnya jika Pins ingin menggunakan jasa profesional untuk memperbaiki atap jika kamu tidak yakin tentang kondisi atap atau tidak memiliki keahlian yang cukup untuk melakukan perbaikan sendiri.

Ini akan memastikan bahwa perbaikan dilakukan dengan benar dan meningkatkan keamanan kamu dan keluarga Pins.

Itu dia beberapa cara dan tips mengatasi rumah bocor yang dapat dilakukan untuk mencegah dan memperbaiki kebocoran atap rumah. Sebaiknya lakukan pemeriksaan rutin dan perbaikan yang diperlukan segera untuk menjaga kondisi atap tetap baik dan mencegah kerusakan yang lebih parah di kemudian hari.

Baca juga: Tips Merawat Rumah Agar Terasa Nyaman Dihuni


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Puri Harmoni Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download