BlogPemilik PropertiTitip Jual Sewa RumahJual Rumah saat Prime Time, Ini Cara Menentukan Harganya!
0
0

Jual Rumah saat Prime Time, Ini Cara Menentukan Harganya!

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 19, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara menentukan harga rumahtop-right-banner

Punya rumah warisan tapi bingung bagaimana cara menentukan harga jualnya? Pikiran ini mungkin sering terlintas di banyak orang, termasuk untuk kamu yang punya rumah seken di Surabaya

Pins tentu tingin mendapatkan nilai properti yang tepat, bukan? Hal ini juga berlaku ketika kamu masuk ke masa-masa di mana jual rumah adalah waktu yang tepat. Lantas, kapan waktu terbaik menjual rumah dan bagaimana cara menentukannya? Ini jawabannya!

Kapan prime time jual rumah?

Menentukan waktu yang tepat untuk menjual rumah adalah langkah penting dalam memaksimalkan potensi penjualan dan harga jual. 

Dalam konteks Indonesia, musim liburan seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru mungkin bukan waktu yang ideal untuk menjual rumah. Pasalnya, fokus pengeluaran justru ke kebutuhan lain. 

Alih-alih demikian, kamu bisa lebih gencar memasarkan properti pada April sampai Juni. Bulan-bulan ini justru menjadi periode puncak penjualan rumah, terutama karena bonus perusahaan turun pada awal tahun. 

Selain itu, menjual rumah pada hari Kamis cenderung lebih efektif. Pada hari tersebut justru memberi waktu kepada calon pembeli untuk viewing properti pada akhir pekan. 

Penting juga untuk menghindari musim hujan yang membuat tampilan rumah kurang menarik dan mengganggu proses kunjungan calon pembeli. Idealnya, memasarkan rumah pada musim kemarau bisa berikan hasil yang lebih baik.  

Kamu juga bisa mengikuti tren booming properti. Ketika perekonomian sedang tumbuh dan investasi properti meningkat, permintaan terhadap rumah tinggal cenderung meningkat. 

Ini adalah waktu yang tepat untuk menjual rumah dengan harga yang lebih tinggi karena ada potensi pasar yang kuat. 

Baca juga: Jual Rumah Lebih Mudah! Ini Cara Pakai Fitur Titip Jual dan Sewa di Pinhome

Cara menentukan harga rumah saat prime time

cara menjual rumah di internet
Source : Shutterstock

Menentukan harga rumah saat pasar properti sedang booming adalah keputusan penting yang memerlukan pertimbangan matang. Maka dari itu, ada beberapa cara menentukan harga rumah saat prime time agar harga tetap bersaing!

1. Analisis pasar properti

Pertama-tama, lakukan penelitian pasar untuk mengetahui harga rumah serupa di daerah Pins. Bandingkan properti kamu dengan rumah-rumah sejenis yang sudah terjual dalam beberapa bulan terakhir. 

Misalnya, kamu tinggal di Bogor dan ingin mencari tahu harga rumah seken di daerah ini. Coba gunakan fitur Pencarian Properti rumah seken di Bogor lewat aplikasi Pinhome untuk melihat berapa harga yang dipasang oleh orang lain. 

Jangan lupa meninjau tren pasar properti lokal. Apakah harga properti tengah naik atau turun? Informasi ini akan membantu kamu menentukan apakah saatnya menaikkan harga atau tidak.

2. Sesuaikan dengan kondisi rumah

Cara menentukan harga rumah lainnya adalah melihat kondisi fisik rumah. Apakah kamu sudah merenovasi rumah yang bisa meningkatkan nilai properti? Jika iya, kamu mungkin bisa menaikkan harga rumah. 

Selain itu, pertimbangkan usia rumah. Rumah baru di Bandung mungkin memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan rumah seken di Bandung. Hal ini terutama berlaku ketika rumah memenuhi standar terbaru. Baru deh, kamu bisa pasang iklan properti dengan percaya diri di aplikas Pinhome.

Baca juga: 6 Cara Meningkatkan Kualitas Listing Score di Titip Jual Pinhome

3. Evaluasi lokasi properti

Rumah Ramah Anak

Apakah rumah kamu terletak di lokasi yang sangat dicari? Faktor seperti aksesibilitas ke sekolah, transportasi, pusat perbelanjaan, dan fasilitas umum dapat memengaruhi harga jual.

Jika berada di daerah yang sedang berkembang pesat, kamu mungkin dapat memasang harga lebih tinggi. Ini karena adanya potensi pertumbuhan nilai properti di masa depan, seperti rumah di Cikarang Utara.

4. Konsultasi dengan agen properti

Cobalah berbicara dengan agen properti berpengalaman yang memiliki pengetahuan tentang pasar lokal. Mereka dapat memberikan pandangan profesional tentang harga yang tepat.

5. Tentukan harga yang kompetitif

Meskipun pasar booming dapat mendukung harga yang lebih tinggi, kamu tetap perlu bersaing dengan rumah-rumah lain yang dijual. Memasang harga yang terlalu tinggi dapat membuat rumah terlalu lama di pasaran.

Bila tidak yakin, kamu bisa cek estimasi nilai properti lewat Pinvalue di aplikasi Pinhome. Cukup masukkan informasi seputar rumah yang diperlukan, cara ini bisa membantu kamu menentukan harga rumah, lho

Pertimbangkan seberapa fleksibel kamu dalam menawar dan bernegosiasi. Menyediakan ruang untuk negosiasi dapat membuat properti Pins lebih menarik bagi pembeli.

Dalam kondisi booming property, biasanya kamu memiliki peluang untuk meminta harga yang lebih tinggi. 

Namun, penentuan harga yang tepat tetap memerlukan pertimbangan hati-hati terhadap faktor-faktor yang memengaruhi nilai properti. Selalu pertimbangkan situasi dan tujuan kamu sebelum menentukan harga jual akhir.

Baca juga: Strategi Menjual Rumah Tua Secara Cepat dan Menguntungkan

Image source: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download