Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • 5 Cara Meningkatkan Nilai Appraisal Rumah Paling Ampuh!

5 Cara Meningkatkan Nilai Appraisal Rumah Paling Ampuh!

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 19 November 2021 ∙ 4 menit membaca

Proses appraisal rumah atau penaksiran nilai rumah sering menjadi tahap yang paling bikin deg-degan. Hal ini karena jumlah pembiayaan yang akan disetujui oleh bank akan tergantung pada hasil appraisal. Padahal, kita gak perlu ketar-ketir, lho! Ada cara tersendiri untuk meningkatkan nilai appraisal ini.

Pinhome — Yang namanya cari rumah itu memang susah-susah gampang. Tapi kebayang dong, bagaimana nyeseknya kalau impian kita sirna begitu saja hanya karena nilai appraisal rendah?

Kalau Pins yang sedang ingin jual rumah, tentu hasil appraisal rendah juga akan menghambat penjualan. Apalagi, bank biasanya menunjuk tenaga penilai atau appraiser dari pihak ketiga yang kompetensinya juga terjamin.

Jadi kaya dead end? Belum tentu! Nih, Pinhome kasih tahu cara meningkatkan nilai appraisal rumah paling ampuh!

Baca juga: Harga Rumah Subsidi dan Cara Pendaftarannya

Cara Meningkatkan Nilai Appraisal Rumah

cara meningkatkan nilai appraisal rumah

1. Renovasi

Cara yang paling mudah untuk meningkatkan nilai appraisal properti kita adalah dengan melakukan renovasi. Eh, ini gak harus renovasi masif, ya!

Renovasi kecil-kecilan, seperti mengecat ulang, mengganti jendela yang rusak, memasang talang air, dan sebagainya, sudah bisa meningkatkan nilai jual properti.

Tentu, kalau Pins mampu melakukan makeover yang lebih signifikan, misalnya menambah jendela agar sirkulasi udara lebih lancar, atau menambah fasilitas di dalam properti, pasti nilai appraisal-nya juga akan meningkat lebih signifikan juga. Intinya, semakin nyaman rumahnya, semakin tinggi nilai appraisal-nya.

Pelajari juga apa yang membuat nilai appraisal rumah rendah dan cobalah untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan renovasi ini.

Baca juga: Nilai Appraisal Rendah Teliti Dulu Penyebabnya

2. Meng-update data IMB

Tahu gak, Pins, kalau biasanya appraiser akan lebih sering mengacu kepada dokumen yang kita miliki. Jadi, kalau Pins sudah melakukan renovasi tapi belum dicatat di IMB, segeralah lakukan sebelum proses appraisal.

Baca juga: Begini Cara Mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan) yang Benar

3. Dandani rumah secara menyeluruh

Appraiser diwajibkan melakukan kunjungan langsung untuk melakukan penilaian, Pins. Jadi, kita harus benar-benar menunjukkan properti dalam keadaan optimal. Minimal, rumah dan halaman sudah dalam keadaan bersih.

Jika Pins membeli atau menjual rumah dengan perabotan, pastikan seluruh perabotan tersebut dalam keadaan baik. Cek juga kondisi alat-alat elektronik. Lagi-lagi, semakin nyaman properti yang akan dinilai, semakin meningkat nilai appraisalnya!

Baca juga: Tips Renovasi Rumah Tua yang Perlu Kamu Ketahui!

4. Ubah Fungsi Guna Rumah

cara meningkatkan nilai appraisal rumah
(Shutterstock)

Kalau bagian ini, agak butuh effort dari pihak pemilik properti. Biasanya, pihak appraiser akan memberikan nilai yang lebih tinggi untuk orang-orang yang memiliki fungsi komersial di propertinya, misalnya ada toko di depan rumah.

Hal ini berkaitan dengan manajemen resiko oleh bank. Jika properti memiliki fungsi bisnis, makan Pins dianggap lebih mampu untuk menjalani komitmen kredit bersama-sama.

Baca juga: Fungsi Rumah Tinggal Negatif dan Positif

5. Cari tahu harga pasar dan kumpulkan informasi lengkap

Satu hal yang sering dilupakan oleh orang-orang adalah proses appraisal ini dapat dilakukan secara berulang. Jika Pins merasa hasil appraisal pertama kurang memuaskan, Pins bisa mengajukan penilaian ulang.

Di proses appraisal kedua, pastikan Pins memiliki informasi mengenai harga pasaran tanah dan rumah di sekitar area properti, mulai dari yang termurah hingga termahal.

Jangan sungkan untuk meyakinkan appraiser dan diskusikan dengan mereka bagaimana caranya meningkatkan nilai appraisal rumah.

Tenang, Pins, ada banyak cara meningkatkan nilai appraisal rumah. Yang jelas, seluruh usaha mencari rumah yang nyaman ini bakal worth it banget!

Makanya, biar gak bingung-bingung amat, cari propertinya di Pinhome! Pinhome punya barisan konsultan terpercaya yang bakal mendampingi Pins dari proses transaksi properti dari awal hingga akhir.

Mulai dari pilih-pilih rumah, urusan dengan pihak ketiga, hingga tanda tangan akad, semuanya dibantuin – langsung dari smartphone! Canggih, bukan?

Baca juga: 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel