BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Cara Memasang Gorden Kolong Dapur dengan Benar
0
0

5 Cara Memasang Gorden Kolong Dapur dengan Benar

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Okt 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Memasang Gorden Kolong Dapurtop-right-banner

Kamu yang selalu menginginkan kerapian di area dapur perlu mempertimbangkan untuk memasang gorden kolong dapur. Cara memasang gorden kolong dapur ini juga cukup mudah dan bisa dilakukan secara mandiri. 

Gorden kolong adalah tirai atau penutup jendela yang dipasang di bagian bawah dapur, sering digunakan untuk menyembunyikan atau menyamarkan area bawah meja atau wastafel cuci piring.

Sebelum lanjut kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue untuk mengetahui estimasi harga rumah di Bekasi. Kamu yang ingin menjual rumah second di Kota Bandung juga bisa memanfaatkan titip jual rumah di Pinhome

Baca juga: Tips Dekorasi Dapur Belakang Rumah Tanpa Sekat

Manfaat Gorden Kolong Dapur

Cara Memasang Gorden Kolong Dapur
Source : Pinterest

Gorden kolong dapur merupakan salah satu elemen desain interior yang sering diabaikan namun memiliki manfaat signifikan dalam menciptakan ruang dapur yang estetik dan teratur.

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan memasang gorden kolong dapur ini, Pins. 

1. Membuat Rapi Area Dapur

Gorden kolong dapur biasa digunakan untuk menyembunyikan area bawah meja atau wastafel yang sering kali menjadi tempat penyimpanan peralatan seperti panci, wajan, atau alat memasak lainnya. 

Dengan memasang gorden kolong ini, maka mereka membantu menciptakan tampilan yang rapi dan tertata dengan baik di area dapur, menjadikan dapur lebih terorganisir dan estetik.

2. Memberikan Nuansa Elegan

Gorden kolong dapur, terutama yang terbuat dari bahan kualitas dan desain menarik, bisa memberikan nuansa elegan pada ruang dapur. 

Penggunaan gorden yang serasi dengan desain dapur akan memberikan sentuhan estetik yang lebih menyatu dengan tema keseluruhan ruangan, menciptakan tampilan yang lebih elegan dan rapi.

Baca juga: 10 Model Rak Bumbu Pada Kitchen Set

3. Menambah Sedikit Privasi

Cara Memasang Gorden Kolong Dapur
Source : Pinterest

Penggunaan gorden kolong di dapur dapat memberikan sedikit privasi di area bawah meja atau wastafel, terutama jika ada tamu atau jika kamu ingin menyembunyikan sementara bagian dari dapur yang sedang digunakan. Ini akan memberikan kenyamanan tambahan saat memasak atau membersihkan peralatan.

4. Mengontrol Pencahayaan

Gorden kolong bisa membantu mengontrol pencahayaan di dapur dengan cara menahan atau mengalirkan cahaya sesuai keinginan. Selain itu, dengan bahan yang bisa dilewati udara, gorden ini memungkinkan sirkulasi udara yang cukup, membantu menjaga area bawah meja tetap segar.

5. Mudah Dikustomisasi

Gorden kolong dapur hadir dalam berbagai desain, pola, dan warna yang dapat disesuaikan dengan tema dan dekorasi dapur. Dengan berbagai pilihan ini, kamu bisa menyesuaikan gorden sesuai dengan selera pribadi dan gaya ruangan, menjadikan ruang dapur lebih unik dan menarik.

Baca juga: 5 Tips Desain Dapur Ukuran 2×3 dan 12 Contoh Desainnya

Cara Memasang Gorden Kolong Dapur

Cara Memasang Gorden Kolong Dapur
Source : Pinterest

Memasang gorden kolong dapur tergolong mudah. Kamu bisa memasang sendiri tanpa bantuan orang lain. Namun untuk lebih memudahkan, mungkin kamu bisa meminta bantuan satu orang yang tugasnya untuk menyiapkan alat yang dibutuhkan mengingat pemasangannya berada di area kolong kitchen set, meja, atau wastafel. 

Kamu yang berencana memperindah dapur dengan memasang gorden kolong ini bisa mengikuti langkah demi langkah pemasangan sebagai berikut. 

1. Siapkan Alat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan peralatan yang diperlukan untuk memasang gorden kolong dapur ini. 

Tentu saja alat dan material yang pertama harus disiapkan adalah gordennya itu sendiri. Kamu bisa membeli gorden di toko atau e-commerce kesayanganmu, serta pilih warna yang sesuai dengan interior dapur

Selain itu, kamu juga memerlukan tongkat gorden. Biasanya pembelian gorden sudah satu paket dengan tongkatnya. Namun jika tidak, kamu juga bisa menggunakan kayu atau belahan bambu kecil sebagai tongkat. 

Terakhir, siapkan perekat seperti lem, solasi, atau paku. Gunakan paku yang sedang agar kamu tidak kewalahan saat memasangnya. 

2. Ukur Tongkat Sesuai Kolong

Setelah semua material dan peralatan siap, langkah berikutnya adalah mengukur tongkat gorden, disesuaikan dengan panjang kolong meja atau wastafel dapur. 

Namun, kamu perlu memberikan ruang sisa pada tongkat sehingga tidak benar-benar pas dengan lebar kolong. Sisa ruang ini diperlukan sebagai penyangga yang diletakkan di paku. 

Baca juga: 10 Berbagai Desain Dapur Samping Rumah 

3. Masukkan Gorden ke Tongkat

Cara Memasang Gorden Kolong Dapur
Source : Pinterest

Setelah kamu mendapat ukuran tongkat yang sesuai, berikutnya masukkan bagian atas gorden yang berlubang ke tongkatnya. Dengan demikian, maka sebagian besar tongkat akan berada di dalam gorden sehingga tidak terlihat dari luar. 

Artinya kamu juga perlu mengukur lebar gorden yang disesuaikan dengan panjang tongkat. Namun antara gorden dan tongkat harus lebih panjang tongkat dengan selisih beberapa sentimeter. 

4. Pasang Paku di 2 Sisi Kolong

Selanjutnya, pasang paku di dua sisi kolong yang kanan dan kiri. Paku ini yang akan menyangga gorden dan tongkatnya saat pemasangan nanti. Usahakan untuk menggunakan paku dengan ukuran yang sesuai, artinya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. 

5. Pasang Tongkat Gorden

Langkah terakhir yaitu cantolkan tongkat yang sudah tertutup gorden itu pada dua paku yang sudah dipasang sebelumnya. Artinya, dua sisi kanan dan kiri tongkat gorden menyandar pada paku yang dipasang sebagai penyangga. 

Itu dia langkah demi langkah yang perlu kamu lakukan sebagai cara memasang gorden kolong dapur. Bagaimana, mudah bukan? 

Baca juga:

Featured Image Source: Pinterest


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Daun Village dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download