BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Berbagai Desain Dapur Samping Rumah 
0
0

10 Berbagai Desain Dapur Samping Rumah 

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Letak dapur biasanya berada di belakang rumah agar lebih terjamin privasinya saat tamu datang. Selain menempati posisi tersebut nyatanya dapur juga cocok diposisikan di samping rumah. Dapur samping rumah bisa didesain langsung bersebelahan dengan taman.

Keunggulan dari dapur dengan tata letak seperti ini adalah dapat langsung menembus halaman depan. Selain itu bisa dibentuk ala kedai maupun ditata di sepanjang lorong rumah. Berikut berbagai pilihan desain dapur samping rumah yang dapat menjadi referensimu!

Dapur Tanpa Sekat

dapur samping rumah tanpa sekat
Source : Unsplash

Dapur tanpa sekat cocok untuk lokasi samping rumah agar area memasak tampak lebih luas. Dapur bisa dibangun menggunakan ruangan dengan lebar 2.8 meter saja.

Ruangan yang bentuknya memanjang ini bisa dipakai tiga ruangan sekaligus. Yakni ruang tamu, dapur sekaligus ruang makan tanpa perlu disekat cukup hanya dibatasi dengan furniture saja.

Furniture ditata merapat ke dinding sehingga ruang terasa lebih lapang. Untuk membedakan satu ruangan dengan lainnya dapat dibedakan dengan jenis dekorasi dan model perabotannya saja.

Menyatu Dengan Ruang Makan

dapur samping rumah menyatu area makan
Source : Pixabay

Dapur samping rumah bisa disatukan dengan ruang makan dengan memakai model meja bar. Meja ini dapat difungsikan sebagai tatakan atau tempat peralatan memasak seperti tempat kompor induksi.

Usai memasak meja difungsikan untuk menaruh makanan yang telah matang. Meja bar dilengkapi pula dengan kursi tanpa gagang lengan. Pins bisa memakai kursi bar kayu maupun hidrolik.

Baca juga:

Dekat Taman

dapur samping rumah dekat taman
Source : Pxhere

Dapur samping rumah dapat bersanding dengan taman. Dapur dekat taman dengan furniture warna monokrom yakni hitam dan abu-abu yang mendominasi.

Bentuk perabotan baik meja kursi bisa dibuat sesederhana mungkin. Taman sendiri dapat dibentuk vertikal jika lahannya terbatas namun bila cenderung luas dapat mengfungsikan pergola kayu. Desain rustic bermaterial kayu mampu menciptakan nuansa hangat. 

Full Batu Alam

dapur samping rumah dengan ornamen batuan alam
Source : Pixabay

Dekorasi dapur dengan batuan alam bisa dimanfaatkan untuk dinding dan lantai dapur. Keunggulannya selain terasa lebih natural juga anti selip karena saat memasak tak jarang cipratan minyak dan bumbu bisa mengenai lantai dan dinding.

Batu alam ini mudah dibersihkan sehingga dapur tetap terjaga kebersihannya. Batu alam yang digunakan bisa hasil dari daur ulang. Jenis batunya bervariasi mulai dari marmer, granit, kapur hingga batu tulis.

Selain itu bisa pula sebagai backsplash kompor dengan motif yang cantik. Kelebihan material batu lainnya adalah tidak memiliki pori-pori dan tahan lama serta bisa dijadikan hiasan rumah seperti patung. 

Dapur Bentuk L

dapur samping rumah berbentuk L
Source : Pixabay

Bagi rumah minimalis, lahan samping hunian umumnya akan berbentuk L. Desain dapur L sering dipakai pada rumah bersubsidi.  Dapur seperti ini akan memakai kitchen set lengkap dengan kabinet, kitchen sink serta kompor yang menyatu dan dekat jendela.

Tujuan posisi kompor menghadap jendela agar menjaga sirkulasi udara lebih baik. Sementara area bawah kitchen sink dijadikan tempat pipa sekaligus tempat sampah.

Peralatan memasak seperti spatula kebanyakan digantung atau menempel ke dinding. Ada pula partisi extension jika membutuhkan storage tambahan untuk meletakan bumbu dapur.

Baca juga:

Dapur Sudut

dapur samping rumah di area sudut
Source : Pixabay

Pins dapat pula menempati sudut samping rumah yang tidak terpakai sebagai lokasi dapur. Misalnya dibawah tangga samping rumah dengan rak yang dirancang terbuka agar tidak memakan banyak tempat.

Laci sudut sering menjadi solusi tempat penyimpanan yang didesain dengan sudut 45 derajat. Laci dapat memakai bukaan kedepan maupun pintu geser.

Bahan laci memakai kayu karena material ini dikenal lentur sehingga mampu menyesuaikan sudut ruangan tersebut. Warna kayu yang alami cocok untuk dapur samping rumah yang dekat dengan taman.

Bersebelahan Dengan Kamar Mandi

The Indian Express

Dapur yang bersebelahan dengan kamar mandi biasanya letaknya pas di samping maupun berhadapan langsung dengan dapur. Lokasi dapur seperti ini juga biasa disandingkan dengan tempat mencuci pakaian.

Desain dapur dekat dengan kamar mandi membuat aliran air lebih sederhana dibuat. Pins bisa memakai banyak motif untuk bagian pintu kamar mandi maupun dinding dapur.

Untuk menambah keasrian dapat diletakan aneka tanaman pot. Pins bisa memakai english ivy, lidah mertua, sirih gading ataupun mint sebagai tanaman indoor. Tanaman tersebut mampu menyerap bau tak sedap dari dapur maupun kamar mandi.

Mengikuti Fengshui

Source : Unsplash

Tata letak dapur menurut fengsui diyakini membawa kebahagiaan, kekayaan dan kemakmuran. Menurut ilmu Fengshui letak kompor sebaiknya diatur berlawanan dengan wastafel maupun freezer.

Dapurpun disarankan tidak berbagi dengan ruangan lain. Misalnya saja tidak bersanding dengan kamar mandi agar energi chi negatif tak masuk ke area dapur.

Sementara dekorasi dapur bisa menggunakan lonceng angin enam batang yang digantung di antara lemari es maupun wastafel. Tempatkan pula tanaman gantung diantara peralatan memasak. Sementara bagian atas dapur tidak boleh sejajar dengan tempat tidur.

Modern

Source : Unsplash

Apabila ingin membuat dapur samping rumah berkelas bisa mencoba warna anggun seperti putih maupun hitam. Gunakan meja makan panjang yang mampu memuat 8-10 orang sekaligus.

Bagian plafon dibuat tinggi agar ruangan terkesan lebih lapang. Sedangkan kitchen set dilengkapi cooker hood untuk mencegah bau tidak sedap. Apabila memiliki oven disarankan menyatu dengan kompor induksi dengan warna senada. 

Baca juga:

Japandi

Source : Unsplash

Japandi merupakan gabungan gaya interior Japanese dan Skandinavian. Sentuhan dapur Japandi erat dengan warna alam seperti abu-abu dan coklat. 

Desainnya compact dan instalasi lighting yang menonjol. Detail penting tidak dilupakan melalui aransemen furniture, instalasi lampu maupun alur kerja.

Rak dapur multifungsi sehingga nyaman dan aman saat beraktivitas di dapur. Dapur dilengkapi jendela lebar untuk memaksimalkan cahaya dan sirkulasi udara. Itulah beberapa pilihan desain dapur samping rumah yang bisa Pins gunakan. 

Source Feature Image: Unsplash


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download