BlogPemilik PropertiFinansial15 Cara Memulai Bisnis Kos-Kosan dengan Tepat
0
0

15 Cara Memulai Bisnis Kos-Kosan dengan Tepat

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Nov 7, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Bisnis Kos-Kosantop-right-banner

Bisnis Kos-Kosan merupakan salah satu bisnis yang terbilang cukup menjanjikan dengan jangka waktu yang panjang. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis yang satu ini, apalagi bagi mereka yang mempunyai lahan yang luas dan modal yang besar.

Cara memulai bisnis yang satu ini bisa dikatakan gampang-gampang sudah. Terutama bagi pemain baru, pastinya bukanlah hal yang mudah untuk menjalankannya. Modal bisnis kos-kosan juga terbilang besar. Selain itu, bisnis yang satu ini juga tidak dapat dilakukan sembarangan. Dibutuhkan perhitungan yang matang dan pengelolaan yang baik agar tidak rugi di kemudian hari.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis yang satu ini, pada artikel Pinhome telah merangkum beberapa cara memulai bisnis kos-kosan dengan tepat. Jadi, simak baik-baik ya artikel ini ya.

Sebelum lanjut, kamu bisa memanfaatkan fitur PinValue yang mempermudah proses pembelian dan penjualan properti. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari tahu estimasi harga rumah bekas di Jakarta Timur atau perumahan di BSD, misalnya di sekitar SMA Al Azhar BSD.

Baca juga: Tips dan Trik Memilih Model Tangga Rumah Minimalis

Cara Memulai Bisnis Kos-Kosan dengan Tepat

bisnis kos-kosan
Source : Pixabay

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bisnis yang satu ini membutuhkan perencaan dan pertimbangan yang matang agar usaha yang kamu tawarkan bisa menarik perhatian calon penghuni.

Terdapat banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis yang satu ini. Nah, untuk lebih lengkapnya berikut ini cara-cara yang dapat kamu terapkan.

1. Lokasi Yang Tepat

bisnis kos-kosan
Source : UKUR

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu menetukan lokasi yang tepat. Karena, semakin ramai lokasi usaha, semakin tinggi juga potensi pendapatan yang dapat kamu dapatkan. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk menentukan lokasi yang tepat pada saat ingin membuat kos-kosan.

Kamu dapat memilih lokasi yang dekat dengan fasilitas publik seperti kampus, sekolah, perkantoran, sampai pusat transportasi. Kamu juga dapat memilih lokasi kos-kosan yang dekat dengan perumahan karena mempunyai Kawasan yang terbilang lebih aman.

2. Harga Sewa yang Bersaing

Source : Liputan6

Cara berikutnya yang juga tidak kalah penting yaitu masalah biaya sewa. Perlu kamu pahami bahwa harga sewa sangat mempengaruhi bagaimana tingkat occupancy sebuah rumah indekos. Pada hal ini kamu perlu memastikan bahwa biaya sewa yang kamu tawarkan benar-benar sesuai dengan rate atau pasaran kamar kos yang ada di daerah kamu. Sebaiknya jangan memberi harga yang terlalu tinggi karena bisa membuat calon penyewa beralih ke tempat lain.

Walau begitu, jangan juga menawarkan harga yang terlalu murah karena tidak semua kos yang dipatok dengan biaya yang murah bisa membuatnya jadi lebih ramai. Hal tersebut biasanya membuat orang menjadi curiga. Oleh karena itu, lebih baik melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan harga.

3. Sistem Kebersihan yang Baik

bisnis kos-kosan
Source : Pixabay

Memberikan kenyamanan kepada para penghuni kos-kosan dapat dicapai dengan sesederhana menjaga kebersihan. Siapa yang tidak tertarik tinggal di kosan yang selalu bersih dan membuat penghuninya nyaman? Oleh karena itu, sebaiknya pekerjakan orang yang bertugas untuk menjaga kebersihan.

4. Berikan Fasilitas yang Baik

Source : Berita99

Kelengkapan fasilitas juga termasuk dalam aspek yang menjadi pertimbangan bagi kebanyakan orang dalam memilih kos-kosan. Walaupun hanya sebagai tempat tinggal sementara, kosan juga perlu mempunyai fasilitas yang baik yang dapat membuat para penghuni merasa nyaman.

Kamu dapat memberikan fasilitas seperti kamar mandi dalam, Wi-Fi, area parkir yang besar, dapur bersama, AC, lemari pakaian, dan sebagainya.

5. Gunakan Konsep Unik yang Kekinian

Source : tribunnews

Akhir-akhir ini, banyak kos-kosan yang memberikan desain kamar kosan dengan konsep yang unik dan kekinian. Jika kamu ingin membuat kos-kosanmu menjadi pilihan banyak orang, kamu dapat merenovasi atau membuat kos-kosan dengan gaya tertentu, misalnya seperti industrial atau minimalis. Kedua gaya ini dapat dikatakan sangat booming sehingga banyak diminati oleh banyak orang.

6. Mempunyai Hubungan yang Baik dengan Para Penghuni

Source : Pixabay

Terdapat suatu istilah pembeli adalah raja, hal ini berarti para konsumen perlu diperlakukan dengan baik. Melakukan hal tersebut tidak cukup dengan menyediakan fasilitas yang memadai saja. Tapi kamu juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan para penghuni kosan agar mereka merasa betah.

Hasil positif dari hal ini yaitu mungkin saja mereka dapat membantu mempromosikan kos-kosanmu, dengan cara merekomendasikannya kepada kolega atau teman mereka.

7. Berikan Nomor Pengaduan

Source : Unsplash

Tidak hanya dibersihkan secara rutin, kosan juga perlu dirawat secara berkala. Jika bangunan kosannya terawat, maka banyak orang yang tertarik untuk menempatinya. Jadi, sejak awal membangun kos-kosan, lebih baik kamu pekerjakan petugas yang secara rutin mengecek kondisi bangunannya.

Kemudian, kamu juga dapat memberikan nomor telepon khusus kepada para penghuni jika ada kerusakan pada kos-kosan. Terdapat beberapa aspek yang wajib dirawat secara berkalan seperti kamar mandi, kondisi tempat sampah, tembok, sampai langit-langit kamar.

Baca juga:

8. Lakukan Pemasaran atau Promosi

Source : Berita99

Pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Agar usaha dikenal dan diketahui banyak orang, kamu perlu mengenalkannya ke khalayak ramai. Saat ini terdapat banyak media pemasaran yang bisa dimanfaatkan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat memberikan sejumlah promo sebagai pemanis dalam pemasaran yang dilakukan.

9. Melakukan Riset

Source : Pixabay

Karena bisnis kos-kosan adalah bisnis yang membutuhkan modal besar, berarti risiko dari bisnis ini juga tinggi. Oleh karena itu, kamu harus melakukan riset yang mendalam sebelum terjun kedalam bisnis ini. Terdapat beberapa aspek yang perlu kamu teliti terlebih dahulu, seperti fasilitas yang diinginkan oleh para penghuni, harga sewa, dan desain yang saat ini sedang tren.

Kamu dapat mencoba menghubungi teman atau kenalan yang masih tinggal di kosan. Ajaklah mereka untuk bertemu kemudian lakukan sesi wawancara. Dari mereka, kamu akan mendapatkan masukkan yang bermanfaat untuk bisnis kosanmu.

10. Fasilitas Keamanan yang Baik

Source : Unsplash

Seperti yang telah diketahui, keamanan selama tinggal di kamar kos menjadi salah satu prioritas utama. Maka dari itu tidak heran jika para pemilik kos menetapkan beberapa peraturan agar menjaga kondisi kos tetap nyaman dan aman.

Kamu dapat memperkerjakan orang untuk menjaga kosanmu. Hal ini dilakukan agar kendaraan atau barang-barang berharga bisa terjaga dan aman. Alhasil, risiko pencuri yang menyamar bisa diminimalisir dengan baik.

11. Memahami Aturan Perpajakan

Source : Unsplash

Dalam bisnis kos-kosan, pemahaman yang baik tentang aturan perpajakan sangat penting. Pemilik kos-kosan harus memahami kewajiban perpajakan seperti Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Mengetahui aturan perpajakan yang berlaku dapat membantu menghindari sanksi dan menjaga kelangsungan bisnis dengan baik.

12. Manajemen Keuangan yang Efisien

bisnis kos-kosan
Source : Unsplash

Lakukan manajemen keuangan yang efisien. Buat rencana anggaran dan catat semua pendapatan dan pengeluaran. Hal ini akan membantu Pins mengelola keuangan bisnis dengan baik.

Baca juga:

13. Memahami Tantangan yang Mungkin Muncul

Source : Unsplash

Bisnis kos-kosan juga memiliki tantangan, seperti fluktuasi pasar dan persaingan. Sebagai pemilik bisnis, Pins perlu memahami tantangan ini dan siap untuk menghadapinya.

14. Evaluasi Kinerja Bisnis

bisnis kos-kosan
Source : Unsplash

Lakukan evaluasi rutin terhadap kinerja bisnis Pins. Tinjau pendapatan, retensi penyewa, dan biaya operasional. Hal ini akan membantu Pins mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

15. Pertimbangan Ekspansi

bisnis kos-kosan
Source : Unsplash

Jika bisnis Pins sukses, pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis dengan menambah properti kos-kosan lainnya. Ekspansi bisa menjadi langkah berikutnya untuk meningkatkan keuntungan.

Itu dia beberapa cara untuk memulai bisnis kos-kosan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Panorama Bekasi Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download