BlogLifestyleGadgetCara Memasang Wifi di Rumah, Lengkap Biaya dan Prosedurnya!
0
0

Cara Memasang Wifi di Rumah, Lengkap Biaya dan Prosedurnya!

Dipublikasikan oleh   dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 11, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
Cara pasang wifi di rumahtop-right-banner

Di zaman serba digital saat ini, internet sudah menjadi kebutuhan penting bagi semua orang. Apalagi semenjak pandemi Covid-19, kebiasaan dan aktivitas baru banyak dilakukan di rumah, termasuk bekerja dan belajar mengajar. 

Oleh sebab itu, kebutuhan internet di rumah pun semakin meningkat. Banyak orang mulai ingin memasang WiFi di rumah mereka. Memasang WiFi dinilai cukup menguntungkan karena praktis dan dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus di rumah. 

Tapi, bagaimana cara memasang WiFi di rumah? Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya di artikel berikut ini. 

Langkah-Langkah Cara Pasang WiFi di Rumah

Untuk bisa pasang WiFi di rumah umumnya memerlukan teknisi untuk membantu dalam pemasangannya. Hal yang perlu kamu lakukan sebagai syarat pemasangan WiFi di luar itu adalah:

  1. Menentukan terlebih dulu provider jaringan WiFi yang ingin digunakan. Ada banyak provider yang tersedia, seperti Indihome, First Media, dan masih banyak lagi. 
  2. Menghubungi layanan provider tersebut, baik offline atau melalui channel online-nya.
  3. Memilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 
  4. Petugas provider akan mengunjungi rumah untuk pemasangan WIFI. 
  5. Teknisi provider melakukan pemasangan modem jaringan di ruangan rumah kamu. Proses ini kurang lebih berjalan sekitar 1-2 jam saja. 
  6. Lakukan pembayaran WiFi ke provider dan Wifi sudah bisa dipakai untuk browsing unlimited selama sebulan. 

Itulah cara memasang WiFi di rumah, sangat mudah bukan? Hal yang paling penting saat ini adalah memilih provider jaringan yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai salah pilih provider sehingga menyebabkan koneksi internet di rumah jadi kurang maksimal. 

Baca juga:

Tips Memilih Wifi yang Cocok di Rumah

biaya pasang wifi di rumah
pixabay.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memilih WiFi tak boleh sembarangan. Kamu perlu memilih dengan seksama supaya nyaman dalam menggunakan internet setiap hari di rumah. Nah, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih provider yang baik.

Pilih Cakupan Area Layanan

Pastikan kamu memilih provider jaringan WiFi yang menjangkau daerah rumah kamu. Hal itu karena ada layanan internet yang jaringannya hanya mencakup beberapa wilayah saja, misalnya, Jakarta saja, Jabodetabek, Jawa Timur, Bali, dan sebagainya. 

Tujuannya, agar jaringan WiFi kamu nanti berjalan cepat karena berada dalam cakupan jaringan internet. Jadi, pastikan kamu menanyakan pada petugas WiFi perihal jaringan. 

Kecepatan Download dan Upload Jaringan

Hal penting yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kecepatan jaringan internet. Biasanya provider internet memiliki beberapa pilihan kecepatan. Tentunya semakin bagus kecepatannya, harga yang ditawarkan semakin mahal. 

Pastikan saja, kamu memilih kapasitas kecepatan sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, di rumah ada 4 orang anggota keluarga yang aktif menggunakan internet.

Lalu, setiap orang kebutuhan internetnya ada yang untuk meeting kerja, sekolah online, streaming video online, dan lainnya. Dari kebutuhan itu kecepatan WiFi perlu lebih besar. Jadi, jangan sampai internet di rumah kamu jadi lemot karena salah menentukan kecepatan internet kamu. 

Baca juga: Cara Ganti Password Indihome di Berbagai Jenis Router

Biaya Bulanan

biaya pasang wifi
pixabay.com

Selanjutnya, bandingkan juga biaya bulanan WiFi yang akan kamu gunakan. Harga murah tentu sangat menarik, tetapi jangan selalu tergiur dengan WiFi murah ya. Kamu juga perlu perhatikan aspek lain dan kebutuhan kamu. 

Jadi, lakukan komparasi harga dengan cermat supaya kamu mendapatkan harga terbaik dalam memilih WiFi. Oh iya, berburu diskon atau promo untuk mendapatkan harga terbaik juga bisa, lho.

Layanan Perbaikan dan Customer Service

Cara memilih WiFi selanjutnya adalah dengan mengetahui layanan service yang tersedia. Beberapa layanan penyedia WiFi menyediakan pemasangan WiFi secara gratis. Hal ini bisa pertimbangan kamu juga. 

Tanyakan juga apakah program maintenance dan service jika terjadi kerusakan memerlukan biaya tambahan atau sudah bagian dari pelayanan. Pastikan juga kamu memastikan bahwa customer service yang tersedia cepat merespon dan bisa dihubungi saat dibutuhkan. Sehingga, masalah WiFi di rumah kamu bisa segera teratasi dengan baik. 

Baca Ulasan atau Review

Terakhir, carilah ulasan atau review mengenai WiFi yang akan kamu gunakan. Kamu bisa mencarinya lewat mesin pencarian Google. Dengan review dari pengguna yang telah memakai, kamu bisa mendapatkan informasi tambahan mengenai WiFi tersebut. 

Baca juga: Cara Berhenti Berlangganan IndiHome 2022 Secara Resmi

Biaya Pasang Wifi di Rumah Beberapa Provider

Setelah mengetahui cara pasang WiFi dan memilih WiFi yang tepat, kamu mungkin juga ingin mengetahui berapa rata-rata biaya pemasangan WiFi di rumah. Tentunya setiap provider WiFi memiliki harga yang berbeda. 

Masing-masing provider juga memiliki berbagai layanan unggulan mereka. Ada program paket dengan TV kabel, dan lain sebagainya. Nah, sebagai pertimbangan berikut ini beberapa harga provider terkenal di Indonesia. 

ProviderKecepatanHarga
Indihome20 MbpsRp275.000
30 MbpsRp315.000
40 MbpsRp385.000
50 MbpsRp445.000
100 MbpsRp795.000
First Media20 MbpsRp384.000
30 MbpsRp479.000
50 MbpsRp 644.000
100 MbpsRp954.000
200 MbpsRp1.799.000

Nah, itu tadi beberapa tarif pemasangan WiFi di rumah kamu. Sebelumnya kami juga sudah membahas mengenai cara pasang WiFi yang prosedurnya sangat mudah. Semoga artikel ini membantu, ya. Selamat mencoba! 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download