BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ February 23, 2023 ∙ 6 menit membaca

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perlu mengetahui dan memahami dengan baik seputar kolektibilitas atau lebih akrab dengan sebutan kol. Misalnya, BI checking kol 2 artinya apa? Dapatkah melakukan pengajuan kredit dengan angka tersebut?

Ketika kamu melakukan pengajuan kredit, baik itu kredit rumah (KPR), kredit tanpa agunan atau KPA, atau kartu kredit, pastinya pihak bank akan mengecek dengan teliti pada Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK. Sistem ini akan menampilkan informasi riwayat kredit nasabah, termasuk kol.

Baca juga:

Apa Itu Kolektibilitas (Kol)?

(Freepik)

Seperti tertulis pada halaman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kolektibilitas atau kol adalah kondisi pembayaran atau cicilan pokok sekaligus bunga pinjaman dari bank. Selain itu, kol juga termasuk tingkat potensi penerimaan kembali semua dana yang telah ditanamkan pada surat berharga atau bentuk penanaman lainnya. 

Sesuai dengan ketentuan dari Bank Sentral, kolektibilitas atau kol dari suatu bentuk kredit atau pinjaman terbagi menjadi lima kelompok. Kelimanya adalah lancar, dalam perhatian atau pengawasan khusus (special mention), kurang lancar, diragukan, dan kredit macet. Penjelasan untuk setiap kelompok selanjutnya tertulis dalam bentuk angka. 

Apa Arti BI Checking Kol 2?

(Pinterest)

Jika kamu melakukan pengecekan pada SLIK dan mendapatkan keterangan kolektibilitas 2 atau kol 2, artinya status kredit kamu sedang berada Dalam Perhatian Khusus. Dalam dunia perbankan, istilah ini populer dengan singkatan DPK.  Lalu, BI checking kol 2 artinya apa? 

Mudahnya, BI checking kol 2 adalah status kolektibilitas yang masuk dalam kelompok Performing Loan atau PL. Nasabah atau debitur yang mendapatkan status kredit kol 2 berarti mengalami keterlambatan melakukan pelunasan cicilan lebih dari tanggal tenggat hingga setidaknya 90 hari atau tiga bulan.

Jadi, secara lebih mudah, nasabah dengan status kol 2 mengalami penunggakan pelunasan angsuran pokok berikut bunga dalam rentang waktu antara 1 hingga 90 hari dari tanggal jatuh tempo pelunasan. 

Baca juga: Mengetahui Apa Itu Cek BI Checking dan Tujuannya

Siapa Saja yang Masuk dalam Kelompok Kol 2?

(Pinterest)

Seperti penjelasan sebelumnya, nasabah akan mendapatkan status kol 2 dalam skor kredit jika mengalami keterlambatan pembayaran angsuran pokok lebih dari tenggat selama 1 sampai 90 hari. 

Sebenarnya, pihak bank juga dapat memberikan penetapan status Dalam Perhatian Khusus kepada debitur atau nasabah secara manual. Ini terjadi apabila bank menganggap debitur masih memiliki arus kas yang baik. Hanya, nasabah tidak memiliki kesanggupan untuk menunaikan apa yang menjadi kewajibannya. 

Singkatnya, pada praktik operasional perbankan, biasanya pihak bank telah menganggap nasabah yang mendapatkan kol 2 atau DPK memiliki skor kredit yang buruk. Meski sebenarnya, secara teoritis nasabah masih masuk dalam kelompok Performing Loan (PL).

Bagaimana Memutihkan Skor Kol 2?

(Freepik)

Jadi, kamu sekarang sudah tahu BI checking kol 2 artinya apa, Pins. Selanjutnya, bagaimana caranya supaya para nasabah atau debitur yang mendapatkan skor kredit kol 2 bisa naik menjadi kol 1 alias kredit yang lancar? 

Menyelesaikan kredit yang mengalami masalah dengan nasabah yang memiliki status kredit kol 2 bisa melalui metode penagihan seperti biasa. Selain itu, bisa juga melalui restrukturisasi kredit sesuai dengan kesepakatan antara pihak pemberi pinjaman dan pihak peminjam.

Namun, memiliki skor kredit kol 2 membuat kamu tidak bisa mendapatkan pinjaman baru dengan mudah, Pins. Sebab, kamu harus melakukan pemutihan BI checking terlebih dahulu, supaya status kredit naik jadi kol 1 alias kredit lancar. Caranya seperti berikut ini:

  1. Pastikan kamu segera melunasi semua utang maupun cicilan yang tertunggak. Pasalnya, bank maupun lembaga pembiayaan lain tentu tidak akan menyetujui pengajuan pinjaman kredit jika skor kredit kamu masih buruk.
  2. Setelah menyelesaikan semua kredit yang menunggak, kamu bisa memantau BI checking dan melihat apakah terjadi perubahan skor kredit. Apabila belum, kamu bisa mengajukan keluhan kepada bank tempat kamu mengambil pinjaman.
  3. Bawalah surat klarifikasi atau penjelasan dari bank yang menjadi tempat kamu mengajukan kredit. Selanjutnya, lakukan konfirmasi kepada OJK kalau kamu sudah menyelesaikan semua kewajiban kredit. Terakhir, tunggulah dan terus pantai sampai BI checking kamu sepenuhnya bersih.

Tips Supaya BI Checking Tetap Aman

BI checking kol 2 artinya sedang berada dalam pengawasan memang banyak terjadi. Terutama pada generasi milenial yang belum memiliki pengalaman dalam mengatur uang atau finansial mereka dengan baik. Lalu, bagaimana caranya supaya kredit tetap lancar dan status BI checking tetap aman?

Hindari mengajukan kredit baru

(Pinterest)

Kalau kamu sudah memiliki setidaknya 1 pinjaman besar, seperti rumah atau kendaraan roda empat, sebaiknya hindari mengajukan pinjaman baru. Misalnya, mengajukan kartu kredit atau menggunakan layanan pinjaman online

Pasalnya, mempunyai kartu kredit akan membuat kamu terdorong untuk terus melakukan pembelanjaan, bahkan ketika kondisi keuangan sedang tidak sehat. Semakin besar jumlah angsuran bulanan, semakin tinggi risiko skor kredit menjadi lebih buruk.

Baca juga: Cara Cek BI Checking Via Hp

Pastikan selalu membayar lunas cicilan tepat waktu

(Freepik)

Salah satu hal yang membuat penurunan skor kredit adalah terlambat membayar angsuran sesuai tenggat waktu. Tidak hanya cicilan besar seperti KPR, ini juga berlaku untuk bentuk cicilan yang lebih ringan, misalnya pembayaran listrik bulanan, air, dan lainnya.

Jadi, biasakan untuk selalu membayar seluruh kredit bulanan sesuai tenggat waktunya sesuai dengan jumlahnya. Jika perlu, gunakan aplikasi pengingat pada ponsel supaya kamu tidak melupakan kewajiban tersebut.

Tentukan batas pengeluaran

(Pinterest)

Kemudian, ganti kebiasaan lama kamu yang sebelumnya hanya membelanjakan uang tanpa target atau batas maksimal. Buatlah rencana pengeluaran dan pemasukan, patuhi dengan rasa disiplin. Jangan lupa, catat semua pengeluaran dan pemasukan yang kamu dapatkan.

Dengan demikian, kamu bisa mengetahui berapa banyak uang yang kamu keluarkan setiap bulan dan apa tujuan kamu membelanjakan uang tersebut. Selanjutnya, kamu bisa menyusun skala prioritas dalam berbelanja.

Transaksi secara tunai

(Freepik)

Belanja secara digital terkadang membuat kamu tidak sadar sudah mengeluarkan banyak uang. Sayangnya, kamu justru tidak bisa memantau pengeluaran ketika berbelanja nontunai, misalnya memakai kartu kredit. Jadi, sebaiknya lakukan transaksi secara tunai agar kamu bisa melacak semua pengeluaran.

Pertimbangkan dengan matang semua aspek pentingnya sebelum kamu memutuskan untuk mengambil pinjaman kredit. Cek pula berapa besar bunga yang harus kamu tanggung, dan pastikan besar cicilan tidak lebih dari 35 persen pemasukan bulanan yang kamu dapatkan. Semoga bermanfaat!

Feature Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Verona dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti Update! Daftar Harga Listrik Per-kWh Tahun Ini

Keberadaan listrik pada rumah menjadi hal yang sangat penting. Sebab, listrik bisa membantu penghun

Properti
Properti Intip Daftar Lengkap Rusun di Jakarta

Selain rumah tapak, rusun atau Rumah Susun menjadi pilihan lain untuk masyarakat yang mencari tempa

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 15 Inspirasi Model Teras Rumah Panjang yang Menarik

Teras rumah merupakan bagian depan dari hunian yang menjadi tempat untuk bersantai dan menerima tam

Finansial
Finansial Lebih Baik Mana, Pengajuan KPR Atas Nama Istri atau Suami?

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR menjadi solusi paling baik dalam membeli hunian sendiri sampai saat

Lifestyle
Lifestyle Yuk Desain Amplop Lebaran Tinggal Print Word Mudah Banget!

Momen bagi-bagi THR saat lebaran selalu ditunggu oleh anak-anak apalagi dari kerabat yang jauh dari

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia