Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Cara Bijak Belanja Online dengan Menggunakan Kartu Kredit

Cara Bijak Belanja Online dengan Menggunakan Kartu Kredit

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi ∙ 16 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Dahulu, metode pembayaran mungkin cukup terbatas. Pins hanya bisa membayar belanjaan dengan uang tunai. Namun, perkembangan teknologi saat ini memudahkan Pins dalam melunasi barang yang dibeli. Salah satunya dengan cara menggunakan kartu kredit. 

Pinhome – Transaksi melalui kartu kredit dianggap cukup fleksibel karena bisa digunakan untuk belanja offline maupun online. Bahkan, ada beberapa transaksi yang mengharuskan pembelinya memiliki credit card atau CC. 

Guna memahami bagaimana menggunakan credit card, simak dulu serba serbi kartu kredit di bawah ini, yuk

Apa Pengertian dari Kartu Kredit?

(Financial Times)

Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran non tunai yang diterbitkan oleh sebuah bank. Pengguna kartu ini bisa melakukan transaksi pembelanjaan maupun penarikan tunai.

Menariknya, transaksi tersebut sepenuhnya ditanggung oleh penerbit kartu terlebih dahulu. Sedangkan pengguna atau pemilik kartu diharuskan untuk melakukan pembayaran pinjaman tersebut pada waktu yang telah disepakati sebelumnya.

Kartu ini memiliki fungsi yang sama dengan kartu lainnya seperti kartu ATM atau kartu debit. Hanya saja, sumber dananya berbeda karena di kartu lainnya uang yang digunakan langsung milik pemegang kartu. 

Berbeda dengan credit card yang uangnya bersumber dari penerbit kartu atau bank. Walaupun berbeda, tampilan fisik dari kartu tersebut sangatlah mirip. Berdasarkan unggahan di laman resmi Bank Indonesia, credit card memiliki karakteristik yang sama dengan kartu debit yaitu:

  • Informasi penerbit
  • Chip keamanan
  • Nomor kartu
  • Nama pemilik
  • Magnetic stripe
  • Nomor verifikasi
  • Signature panel

Keuntungan Memiliki Kartu Ini

(BCD Travel)

Kenaikan pengguna kartu kredit tidak terjadi tanpa alasan. Ada berbagai keuntungan yang akan didapatkan oleh penggunanya di antaranya yaitu:

Bisa Mencicil Transaksi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kartu ATM dan credit card memiliki sumber dana yang berbeda. Ketika transaksi menggunakan kartu ATM, saldo pemilik akan langsung terpotong. Sedangkan pengguna credit card bisa memiliki pilihan untuk mencicil transaksi yang dilakukan.

Lebih Mudah Ketika Transaksi di Luar Negeri

Kalau Pins sedang di luar negeri, penggunaan kartu ini akan sangat berguna. Kamu tidak perlu menukarkan uang sesuai dengan mata uang negara tersebut dan bisa melakukan berbagai transaksi dengan credit card. Hal ini bisa mungkin terjadi karena label VISA dan Master Card yang ada pada kartu bisa dipakai secara internasional.

Pembayaran Belanja Online

Di masa meningkatnya minat belanja online seperti saat ini, pembayaran menggunakan credit card akan sangat memudahkan pengguna. 

Pins hanya perlu memasukkan informasi kartu seperti nomor, nama pengguna, kode CVV (Card Verification Value) atau kode CVC (Card Verification Code), dan tanggal berlaku kartu. Setelah itu, transaksi pembayaran bisa langsung diproses.

Bisa Digunakan di Saat Darurat

Keuntungan dari kartu ini yang paling disukai oleh penggunanya adalah bisa digunakan saat keadaan darurat. Pengguna bisa melakukan penarikan tunai melalui ATM. Jadi, kalau Pins sedang butuh uang secara cepat, bisa memanfaatkan fitur kartu ini.

Tips Belanja Online Pakai Kartu Kredit

cara menggunakan kartu kredit
(Pexels)

Credit card memang memudahkan transaksi pembayaran dan memiliki banyak manfaat. Namun, dengan berbagai keuntungan tersebut, tidak jarang penggunanya yang tidak bijak dalam penggunaannya. 

Hal ini menyebabkan utang pengguna ke bank menumpuk dan tidak mampu untuk melakukan pelunasan.Tentunya Pins tidak mau hal tersebut terjadi karena terlalu ceroboh ketika menggunakan CC. 

Berikut ini berbagai cara yang bisa diterapkan ketika menggunakan kartu kredit saat belanja online.

Beli yang Memang Mampu Dibayar Saja

Godaan terbesar ketika belanja dengan credit card yaitu kemungkinan untuk bisa membeli banyak barang sesuai keinginan. 

Terlebih lagi, saat belanja online, banyak produk yang harga jualnya lebih murah daripada di toko offline-nya. Hal ini tentu mendorong keinginan Pins untuk membeli barang tersebut.

Supaya tagihan kartu tidak membengkak, kamu harus bisa mengerem keinginan belanja terutama untuk barang-barang dengan harga yang tidak murah. 

Pilih produk yang memang dibutuhkan dan memang bisa dijangkau oleh kemampuan keuangan Pins.

Belanja di Situs Terpercaya

Belanja secara daring memang mudah dan cepat namun bukan berarti seratus persen aman. Banyak terjadi kasus seperti pencurian data kartu pembayaran pelanggan saat melakukan transaksi. 

Guna menghindari terjadinya penggunaan credit card di luar kuasa, Pins bisa memilih untuk berbelanja di situs yang terpercaya. Perhatikan alamat toko online tersebut, pastikan bahwa kamu mengunjungi situs resminya.

Mencetak Bukti Pembayaran

Setelah melakukan pembayaran secara online, jangan lupa untuk selalu mencetak dan menyimpan bukti transaksi tersebut. Hal ini dilakukan supaya Pins bisa membandingkan jumlah pembayaran sebenarnya dengan tagihan credit card

Apabila jumlah tagihan ternyata lebih besar, kamu bisa mengetahuinya dan menggunakan bukti transaksi tersebut.

Jaga Keamanan Informasi Kartu

Informasi credit card sangatlah penting dalam pembayaran belanja online. Apabila ada orang lain yang mengetahuinya, mereka bisa dengan mudah menggunakan kartu tersebut untuk transaksi. Oleh karena itu, Pins harus menjaga kerahasiaan informasi CC yang dimiliki.

Selain itu, kamu juga harus berhati-hati ketika meminjamkan credit card ke orang lain.  Jangan serahkan kartu tersebut ke sembarang orang sehingga kamu bisa mengontrol penggunaannya.

Lakukan Pembayaran Secara Penuh dan Tepat Waktu

Tips terpenting yang terakhir yaitu terkait dengan tagihan kartu yang harus dibayar. Pastikan Pins selalu melunasi hutang dari kartu tersebut secara penuh dan tepat waktu. 

Jangan menunda-nunda pembayaran karena akan menyebabkan tunggakan yang tentunya menjadi beban bagi Pins.

Kartu kredit memang memudahkan penggunanya dalam banyak hal. Namun, jangan lupa ikuti beberapa cara di atas untuk selalu berhati-hati dan bijak ketika menggunakan kartu kredit.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Nabila

Tags :

Bagikan Artikel