Blog›Pemilik Properti›Finansial›Cara Membuat Rencana Anggaran pelaksanaan proyek
0
0

Cara Membuat Rencana Anggaran pelaksanaan proyek

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mar 30, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
Cara Membuat Rencana Anggaran Pelaksanaan Proyektop-right-banner

Istilah dan cara membuat rencana anggaran biaya pelaksanaan proyek ( RAPP ), adalah perkiraan rencana perhitungan seluruh biaya yang diperlukan. Guna membiayai  seluruh jalanya proyek dari mulai pekerjaan persiapan , pelaksanaan, perawatan sampai proyek selesai dan dapat diserah terima kepada pemilim proyek sehingga dapat digunakan sesuai dengan fungsi bangunan yang dibuat. Lihat info seputar property dari pinhome yang lainnya. 

Tujuan Menghitung RAPP:

  1. Memberikan dan membuat data perhitungan kebutuhan biaya pekerjaan yang dibutuhkan.
  2. Rencana cash flow yang baik dan tepat untuk mengendalikan biaya pelaksanaan proyek.
  3. Membuat alokasi biaya yang dibuthkan serta sesuai untuk melaksanakan setiap item pekerjaan yang ada dan dilaksankaan dalam proses pembangunan proyek.
  4. Daftar dan memastikan sumber dana yang akan dipakai untuk membiayai setiap item pekerjaan proyek.
  5. Target keuntungan yang akan dicapai atau besarnya kerugian yang mungkin terjadi pada proyek tersebut.
  6. Memberikan gambaran secara menyeluruh tentang performance proyek yang akan ditargetkan sebagai laporan dan pedoman kepada pimpinan perusahaan.

Baca Juga: KPR Tanpa DP Untuk Mempermudah Transaksi Anda

Cara Membuat Rencana Anggaran Pelaksanaan Proyek

Cara Membuat Rencana Anggaran Pelaksanaan Proyek

Sebelum mencari Cara menghitung ( RAPP ), ada beberapa hal yang harus dilakukan. Sehingga dapat dibuat secara tepat mengenai alokasi kebutuhan sumber keuangan, kebutuhan peralatan yang digunakan untuk melaksanakan proyek, material bangunan serta upah yang diperlukan pada setiap item pekerjaan, perhitungan RAPP dapat dilakukan secara detail dengan cara mengelompokan biaya seperti

  1. Over head kantor
  2. Over head proyek
  3. Biaya bahan / material bangunan yang digunakan.
  4. Hitungan biaya pelaratan / mesin untuk operasional proyek.
  5. harga upah/ pekerja proyek.
  6. Biaya sub kontraktor atau supplier proyek.
  7. Rencana target keuntungan atau kerugian proyek.

Semua biaya tersebut harus dihitung secara riil sesuai dengan metode kerja yang digunakan, kondisi lapangan serta berbagai sumber daya yang tersedia untuk melaksanakan pembangunan proyek, selain itu perlu juga diperhitungkan biaya penagihan pembayaran proyek serta faktor bunga BANK atas keterlambatan pembayaran progress proyek, dengan menghitung rencana anggaran biaya pelaksanaan proyek secara baik dan maksimal maka dapat membuat proyek berjalan dengan baik, memberikan keuntungan serta menghasilkan produk bangunan dengan kualitas maksimal.

Sudah Tahu Cara Membuat Rencana Anggaran Pelaksanaan Proyek?

Selain bisa menemukan info menarik seputar dunia property, Anda juga bisa mendapatkan berbagai info menarik dari Pinhome. Seperti lifestyle, financial, dan beragam hal lainnya. Kunjungi Blog Pinhome disini untuk info lengkapnya.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download