BlogPemilik PropertiDesain HunianKarakteristik Pondasi Batu Kali Serta Kekurangan dan Kelebihannya
0
0

Karakteristik Pondasi Batu Kali Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 23, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
stones, gravel, wire-207880.jpgtop-right-banner

Karakteristik sebuah bangunan seperti salah satunya rumah, memerlukan rangka ataupun pondasi penopang untuk membuatnya tetap berdiri kokoh. Hal tersebut pun yang mempengaruhi umur dari rumah itu sendiri termasuk yang menggunakan pondasi batu kali dalam konstruksinya.

Ada banyak hunian dekat Pasar Jangkrik, rumah di Baleendah atau rumah baru di Kabupaten Bekasi menggunakan pondasi ini. Gunakan PinValue untuk mengetahui harga hunian terkini termasuk yang tersedia di Cimanggis Golf Estate dan perumahan lainnya.

Pondasi batu kali yang berjenis sedimen ataupun metamorf ini sering Pins lihat pula secara mudah di daerah sungai dan pantai. Namun sebelum Pins menggunakannya, kenali terlebih dahulu yuk seluk beluk dari detail pondasi batu kali ini.

Definisi Pondasi Batu Kali

Source : Perkim

Pengertian pondasi batu kali sendiri adalah jenis pondasi dangkal dengan beban ringan seperti rumah tinggal. Susunannya terdiri atas sekumpulan batu alam dengan bentuk berbeda.

Pondasi batu kali terbentuk dari batu-batuan kali yang tersusun acak hingga membentuk batuan yang kokoh. Campurannya juga dari bahan pengikat seperti beton dan semen agar lebih solid dan kuat.

Terkenal kokoh dalam menopang bangunan yang terletak di atasnya, membuat material pondasi satu ini sering digunakan dalam pembangunan.

Baca juga: Jenis Pondasi Untuk Tanah Lunak, Wajib Baca!

Karakteristik Detail Pondasi Batu Kali

wall, stones, pondasi batu kali
Source : Pixabay

Bila dilihat kasat mata, batu satu ini memang tidak sedap dipandang. Bentuknya yang tidak beraturan dengan warna yang cenderung monoton banyak ditinggalkan manusia.

Padahal batu satu ini memiliki peranan sangat penting dalam membangun bangunan. Berikut beberapa karakteristik dari pondasi batu kali yang wajib diketahui!

1. Sangat Mudah Ditemukan

Pasti Pins setuju mengenai informasi satu ini. Batu kali sangat mudah ditemukan dan terbilang mempunyai harga yang cukup terjangkau.

Walaupun begitu, Pins tidak perlu khawatir akan kualitas dari detail pondasi batu kali. Pins hanya memerlukan semen, pasir dan batu kali dalam pembuatannya.

Itulah mengapa penggunaannya pada lanskape, bahan konstruksi, dinding rumah, jalan setapak hingga desain interior rumah minimalis selalu menjadi incaran.

2. Awet dan Tahan Lama

Inilah mengapa Pins tidak perlu khawatir kualitas walaupun harganya terbilang murah. Ukuran pondasi batu kali yang beragam terbukti tahan lama dan awet.

Kemungkinan adanya bangunan roboh bila sudah mengikuti cara pemasangan pondasi dengan baik dan benar akan sangat minim. Selain itu, beberapa jenis pondasi lainnya digadang lebih rendah ketahanannya dibanding penggunaan batuan kali.

3. Tahan Terhadap Gempa

Fungsi yang memang dijual dari pondasi satu ini adalah ketahanannya terhadap gempa. Karakteristik batu yang kokoh, membuatnya tahan terhadap guncangan.

Pins bisa melapisinya agar semakin kuat dengan teknik pemasangan strauss pile atau bore pile pada batu alam. Hal tersebut akan membantu merendam guncangan yang berada di dalam tanah.

4. Hemat Waktu dalam Pengerjaan

Dikarenakan kesederhanaannnya, justru batu satu ini hemat waktu dalam pengerjaan. Bila Pins sedang dalam tahap pembuatan rumah dengan waktu terbatas, penggunaan pondasi batu kali adalah jawaban yang cocok.

Kesederhanaan batu satu ini mampu menghemat biaya hingga waktu. Apalagi dalam pembuataannya tidak memerlukan banyak alat berat, sehingga waktu selesai pastinya lebih cepat.

5. Fleksibel dalam Pemasangan

Dalam dunia konstruksi pembangunan, pasti Pins akan menemukan masalah dalam hal ketidakakuratan dalam rangka pondasi. Faktor yang mempengaruhinya pun cukup banyak salah satunya material dari pondasi itu sendiri.

Dengan ukuran pondasi batu kali yang beragam dan bervariasi, batuan kali menjadi fleksibel dalam pemasangan. Inilah mengapa pemasangannya bisa disesuaikan dengan ukuran dan dibentuk sesuai dengan apa yang Pins inginkan.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Biaya Membangun Rumah Per Meter

Perbandingan dengan Pondasi Cakar Ayam

Source : Juragan Material

Seperti namanya, pondasi ini menyerupai cakar ayam yang hampir digunakan di seluruh dunia. Pengaplikasian pondasi ini pada tanah yang lembek maupun keras.

Berbeda dengan pondasi batu kali yang tidak disarankan untuk tanah lembek. Struktur pondasi cakar ayam rumah 2 lantai juga tidak memerlukan sistem drainase sebab pondasi terisi beton padat yang kuat. Sayangnya untuk membuat pondasi ini juga membutuhkan modal lebih besar dari batuan kali.

Perbandingan dengan Pondasi Beton Lajur

Source : Archify

Pondasi beton lajur merupakan pondasi dari beton bertulang yang terkenal sangat kuat. Galian tanah untuk pondasi ini cenderung sedikit dan jika dibandingkan dengan batu kali hanya butuh minimal 60 cm dan harus mengikuti tabel berat besi berstandar SNI agar bangunan tidak mudah roboh.

Sementara untuk batu kali per 1 meter persegi membutuhkan 125% batu kali. Meskipun begitu pondasi ini jauh lebih berat daripada beton lajur. Pondasi beton lajur digunakan untuk mengurangi resiko ambles karena sangat ringan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Bondek untuk Dak Rumah

Langkah – Langkah Sederhana Pembuatan Pondasi Batu Kali

Source : This Cob House

Di dalam pembuatannya pada sebuah hunian, ada beberapa cara untuk membuat pondasi batu kali secara sederhana, yaitu sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah melihat struktur tanah dari tempat membangun, ratakan dan bersihkan dari segala tumbuhan yang ada di atasnya.
  • Buatlah pagar sementara untuk melindungi bagian bangunan.
  • Selanjutnya adalah pemasangan patok atau penanda sebuah bangunan, usahakan untuk ditanam di dalam tanah dan jangan sampai ada perubahan selama proses pembangunan berlangsung.
  • Pada muka patok dipasang paku yang memanjang sebagai pertanda dan disamakan pada muka atas lantai.
  • Selanjutnya sumbu-sumbu as ditentukan dengan memasang patok yang digunakan untuk papan sebuah bangunan atau biasa disebut dengan bouwplank. Pins bisa menggunakan sipat datar waterpass tukang kayu da papan coba dipasang di luar galian alur pondasi.
  • Setelah itu, masuk ke tahap penggalian alur pondasi. Usahakan untuk membuat tebing galian tegak agar tidak longsor dan dapat menekan biaya penggalian.
  • Lebar dari galian usahakan sama dengan lebar dasar pondasi ditambah kurang lebih 2 x 20 cm di bagian kanan kiri, dengan kedalaman pondasi minimal 80cm. Hal tersebut dikarenakan mulai kedalaman tersebut susunan tanah tidak akan banyak perubahan.

Kelebihan dan Kekurangan Pondasi Batu Kali

Source : Freepik

Kelebihan

  • Mampu meminimalisir kebocoran, dengan bahan yang memang tahan terhadap air, pondasi tidak akan dengan mudah berjamur dan terhindar dari segala macam kebocoran.
  • Mampu bertahan lama, awet dan juga menambah masa dari bangunan.
  • Biaya yang dikeluarkan cenderung terjangkau.
  • Material mudah ditemukan dimanapun.
  • Bentuk konstruksi terlihat sederhana namun tetap mencuri perhatian.

Kekurangan

  • Kurang cocok digunakan pada stuktur tanah yang lembut ataupun cenderung lembek.
  • Dikarenakan konstruksinya yang mengedepankan kesederhanaann, pondasi satu ini kurang cocok digunakan pada gedung bertingkat.
  • Cukup mudah ditemukan retakan, karena kurang adanya cengkraman antara batu satu dengan lainnya. Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang tidak sama satu dengan lainnya.

Itulah pemaparan singkat mengenai detail pondasi batu kali dalam pembuatan sebuah bangunan. Hal terpenting yang perlu Pins ingat adalah kondisi tanah saat pemasangan. Ini mempengaruhi kinerja dari pondasi itu sendiri. Usahakan diaplikasikan pada kondisi tanah yang stabil ya!

Baca juga: Jenis Pondasi Rumah 1 Lantai, Kuat dan Tahan Lama


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Intan Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download