BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiMending Mana Beli Rumah Tanpa Perantara vs Melalui Agen
0
0

Mending Mana Beli Rumah Tanpa Perantara vs Melalui Agen

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Mending Mana Beli Rumah Tanpa Perantara vs Melalui Agentop-right-banner

Ada banyak cara yang bisa kamu pilih untuk membeli rumah impian. Mulai dari survei langsung ke perumahan yang kamu tuju, atau berselancar melalui website jual beli properti eksklusif di Pinhome dan situs lainnya. Dari banyaknya cara, beli rumah tanpa perantara vs lewat agen masih menjadi opsi paling populer sekaligus menjadi perdebatan. 

Beberapa penjual lebih senang menjual rumah secara mandiri alias tanpa perantara. Tidak hanya memasarkan dari mulut ke mulut, para penjual rumah perantara ini bisa memasangkan penjualan rumah mereka melalui layanan titip jual di Pinhome.

Sementara itu, tidak sedikit yang ingin rumah mereka segera terjual, entah itu rumah seken di Tangerang Selatan atau daerah sekitarnya. Alhasil, mereka lebih memilih untuk meminta bantuan agen. Lantas, mana yang lebih baik, beli rumah tanpa perantara atau beli rumah lewat agen?

Baca juga: Beli Tanah atau Rumah, Mana yang Lebih Baik Ya?

Keuntungan Beli Rumah Lewat Agen

Agen real estate, atau kamu lebih mengenalnya dengan sebutan agen properti merupakan pihak yang menawarkan bantuan untuk menawarkan, mempromosikan, dan menjual properti. Jenis properti yang mereka tawarkan cukup beragam, mulai dari tanah kosong, apartemen, ruko, rukan, dan pastinya rumah tinggal

Adapun tugas utama dari agen properti adalah menjadi perantara atau penghubung antara pihak penjual dan calon pembeli. Oleh karena mempunyai relasi yang luas, kamu bisa mendapatkan rumah sesuai dengan kebutuhan lebih mudah. Selain itu, beli rumah lewat agen properti juga menawarkan beberapa keuntungan berikut ini. 

Pilihan properti yang lebih beragam

Source : Freepik

Mencari rumah secara manual bisa jadi membutuhkan lebih banyak waktu, terlebih jika kamu tidak tahu letak dari properti tersebut. Melalui agen, kamu akan mendapat banyak rekomendasi rumah siap beli dengan berbagai fasilitas sesuai dengan lokasi yang kamu kehendaki. 

Jaminan legalitas properti

Source : Pexels

Beli rumah lewat agen juga menawarkan jaminan legalitas. Pastinya, ini menjadi nilai lebih, terutama kalau kamu baru pertama membeli rumah dan belum tahu bagaimana caranya mengecek legalitas.

Sebab, properti yang masuk dalam daftar jual agen harusnya telah melalui prosedur pengecekan dari pihak agen, sehingga hanya properti dengan legalitas yang jelas yang masuk dalam daftar jual mereka. 

Praktis

Source : Freepik

Tak hanya itu, meminta bantuan properti untuk mendapatkan rumah impian tentu akan membuat kamu menghemat lebih banyak waktu dan tentu saja jauh lebih praktis. Pasalnya, kamu tidak harus mencari rumah sendiri dengan berkeliling untuk bisa menemukan lokasi properti. 

Misalnya, Pins ingin membeli satu unit rumah di Kertamukti Sakti Residence atau Puri Tenjo. Namun, kamu tidak bisa menemukan lokasi properti karena keterbatasan waktu. Untuk itu, agen properti hadir untuk mengatasi masalah tersebut.

Mudah mengurus surat-surat

Source : Unsplash

Melalui agen properti pula, kamu tidak harus kerepotan untuk mengurus semua surat jual beli yang pastinya sangat rumit. Mulai dari pengurusan Akta Jual Beli (AJB) pada notaris, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Biaya Balik Nama, Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), dan Pajak Penghasilan (PPh). 

Baca juga: Beli Rumah KPR, Solusi Berhemat di Perantauan

Risiko Beli Rumah Tanpa Bantuan Agen

Unsplash

Bagi pihak penjual, menjual rumah tanpa bantuan perantara bisa jadi lebih memberikan keuntungan. Sebab, penjual tidak harus mengeluarkan dana tambahan atau membagi hasil menjual rumah pada pihak agen. Hanya, bagi pihak pembeli, beli rumah tanpa perantara memiliki risiko dan tantangan tersendiri, termasuk:

  • Melakukan negosiasi secara personal dengan penjual. Bukan tidak mungkin, negosiasi akan berlangsung alot karena harga rumah dari penjual yang terkadang tidak sesuai dengan kondisi properti. 
  • Tidak memiliki gambaran tentang kondisi lingkungan rumah yang hendak kamu beli secara mendetail.
  • Potensi tidak mendapatkan semua histori rumah dari penjual, terlebih pembeli tidak tahu bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut. 
  • Beban pembayaran tanggungan kewajiban penjual bukan tidak mungkin akan menjadi tanggung jawab pihak pembeli. 
  • Selain itu, pihak pembeli juga biasanya akan menjadi pihak yang menanggung biaya notaris untuk legalitas jual beli. Sayangnya, biaya ini tidak sedikit jumlahnya. 
  • Tidak mengetahui bagaimana kondisi bangunan, misalnya masalah pada drainase atau saluran air, pondasi bangunan yang rapuh, atap yang belum mendapat perbaikan, dan lainnya. 

Beli Rumah Tanpa vs Lewat Agen, Mana yang Lebih Baik?

Source : Freepik

Sebenarnya, mau beli rumah tanpa perantara vs lewat agen, masing-masing menawarkan keuntungan dan risikonya sendiri. Misalnya, beli rumah lewat agen membuat kamu lebih mudah dan praktis karena tidak harus melakukan negosiasi harga langsung dengan penjual, juga tidak perlu mengurus kelengkapan dan legalitas secara mandiri. 

Sementara itu, beli rumah tanpa perantara mungkin harganya bisa lebih terjangkau, tetapi bisa juga tidak. Selain itu, risikonya bisa jadi lebih tinggi daripada kamu membeli rumah dengan bantuan agen properti. Jadi, apabila kamu hendak membeli rumah tanpa bantuan perantara, coba ikuti tipsnya berikut ini. 

  • Pastikan lakukan survei harga untuk rumah pada lokasi yang menjadi incaran. 
  • Jika perlu, mintalah pemilik untuk mendampingi saat kamu menilai properti yang mereka tawarkan. Jangan lupa, lakukan cek kualitas bangunan sampai ke dalam rumah, tidak hanya bagian luar saja. 
  • Cek semua legalitas dokumen properti. Lakukan negosiasi harga dengan pihak penjual untuk menyewa jasa notaris
  • Buat kesepakatan dengan pihak penjual untuk membayar semua kewajiban lain sesuai dengan porsinya. Jadi, kamu tidak harus membayar dalam jumlah lebih besar, terutama jika hal tersebut bukan menjadi tanggungan kamu. 

Baca juga: 5 Cara Cerdas Membeli Rumah Tanpa DP

Itu tadi gambaran mengenai beli rumah tanpa perantara vs agen yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum membeli hunian idaman. Jika menggunakan bantuan agen, pastikan kamu mencari agen properti yang tepercaya, seperti Pinhome. 

Tersedia banyak pilihan dan penawaran menarik yang bisa kamu dapatkan, sesuai dengan kebutuhan dan pastinya anggaran. Semoga bermanfaat!

Featured Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Bukit Hijau Ciomas dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download