BlogPemilik PropertiDesain HunianAtap Solarflat: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya
0
0

Atap Solarflat: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Atap solarflat semakin dilirik masyarakat Indonesia karena tidak mudah terbakar dan cocok untuk bangunan tropis. Solarflat sendiri memakai teknologi Eropa dan memberikan jaminan mutu tinggi. Bahan ini sering diaplikasikan pada bangunan yang mengedepankan transparansi.

Tujuannya untuk menghemat energi khususnya dalam hal pencahayaan. Garansi atapnya bahkan lebih dari satu dekade. Yuk cari tahu lebih dalam tentang solarflat di bawah ini!

Apa itu Atap Solarflat?

Atap solarflat dengan frame baja ringan
Source : Pexels

Bahannya merupakan lembaran plastic polycarbonate  dengan warna transparan. Atapnya bening namun dirancang khusus sehingga mampu menjadi dekorasi interior maupun eksterior.

Ukurannya terbagi atas dua macam yakni ketebalan 1.2 mm, 3 mm dan 6 mm. Variannya ada dua yakni Plain dan Embossed. Untuk varian plain memiliki lebar 1.1 meter dan 1.2 meter.

Varian Embossed mempunyai lebar 1.2  meter. Sementara dilihat dari warna atapnya walau transparan ada yang abu-abu, bronze hingga bening. Solarflat sering digunakan pada bangunan skylight dengan bentuk atap yang datar seperti kaca.

Sedangkan transmisi cahaya dan panasnya dapat disimak dalam tabel di bawah ini dengan ketebalan 3 mm:

ProfilWarnaTransmisi CahayaTransmisi Panas
PlainGrey 5 %40.71 %
Bronze 13 %42.8 %
Clear89 %68.07 %
EmbossedGrey 7 %9.04 %
Bronze 18 %8.09 %
Clear87 %14.42 %

Adapun ukuran dimensi solarflat berdasarkan ketebalannya dapat pula disimak dalam tabel ini:

Profil Tebal Lebar Panjang
Plain1.2 mm1100 mm50 meter
Plain & Embossed3 mm1220 mm20 meter
Plain6 mm1220 mm6 meter

Solarflat plain tampilannya polos dan halus sehingga paling banyak digunakan karena tingkat ketebalannya paling besar. Solarflat embossed unggul karena motif kulit jeruk dan lebih kasar.

Harga solarflat embossed biasanya lebih mahal dibandingkan tipe plain. Motifnya custom sehingga butuh proses produksi ekstra dalam pembuatannya.

Baca juga:

Keunggulan Atap Solarflat

atap solarfit kombinasi genteng tanah liat
Source : Wikimedia Commons

Secara visual solarflat lebih estetik dan cocok untuk hunian dengan perubahan suhu yang ekstrim. Adapun keunggulan dari solarflat sebagai atap di antaranya adalah:

Tahan Lama

Solarflat dikenal memiliki struktur dinding padat dan tahan akan segala macam musim. Atapnya juga tahan akan benturan sehingga aman untuk berbagai medan lingkungan.

Atap solarflat mampu menahan beban mulai 50-80 kg. Ketahanan ini menjadikan solarflat sebagai atap paling kuat dan direkomendasikan dalam dunia konstruksi.

Dapat Dikombinasikan Dengan Jenis Lain

Jenis atap ini dapat dikombinasikan dengan atap polycarbonate lainnya. Kombinasi keduanya mampu meningkatkan cahaya matahari yang masuk dalam hunian. Atap solarfit sering pula dijadikan atap dapur, tempat berjemur maupun green house.

Bila ingin mengatur cahaya matahari tidak terlalu banyak memasuki hunian gunakan warna grey dan bronze. Atap ini bisa pula dikombinasikan dengan atap kaca yang tembus pandang.

Lebih Kuat Dari Kaca

Walaupun menyerupai kaca namun solarflat diketahui lebih kuat dalam menahan beban. Daya tahannya tinggi dan bisa digunakan untuk atap teras maupun kolam renang. 

Sifatnya tidak mudah pecah sehingga aman dalam pemasangan, transportasi maupun penggunaannya. Kekuatannya bahkan 250 kali lebih kuat dibandingkan dengan bahan akrilik.

Tidak Mudah Terbakar

Ciri dari bahan polycarbonate ialah mampu meredam panas. Ketika terjadi kebakaran atap tidak akan mudah terbakar. Selain itu bagian bawah yang terlindungi dari atap akan terasa lebih sejuk.

Pemasangan dan Perawatan Mudah

Bobot dari solarflat cenderung ringan. Hal ini akan memudahkan dalam pemasangannya. Pins tidak perlu mengeluarkan tenaga berat ketika memasang atap solarflat.

Waktu yang dibutuhkan tidak lama untuk memasangnya. Penggunaan biaya bisa ditekan seminimal mungkin. Solarflat juga mudah dibersihkan dan perawatannya tidak membutuhkan budget besar.

Cara membersihkannya cukup memakai kain lap basah. Gunakan tongkat untuk mengakses bagian atap yang tidak mudah dijangkau. Bersihkan setiap seminggu sekali agar atap terjaga kebersihannya.

Warna Tidak Mudah Pudar

Selain itu warnanya tidak mudah pudar. Walaupun sudah digunakan beberapa tahun kedepan. Solarflat telah teruji dengan baik dan cocok untuk wilayah dengan intensitas udara tinggi.

Sumber Cahaya Alami

Solarflat mampu menghadirkan cahaya alami. Hunian akan lebih hemat energi karena tidak memakai sumber listrik yang terlalu banyak. Khususnya jika sedang beraktivitas di siang atau sore hari.

Hunian terasa lebih ramah lingkungan. Selain itu secara dekorasi solarflat memang unik. Pins tidak perlu menambahkan ornamen pada bagian eksterior karena bahannya yang transparan. Selain itu atap ini mampu melindungi dari sinar UV. 

Baca juga:

Kekurangan Atap Solarflat

atap solarfit dengan lampu gantung berjejer
Source : Wikimedia Commons

Meskipun memiliki banyak keunggulan namun solarflat mempunyai beberapa kekurangan. Di antaranya bisa dilihat dari segi kebersihan dan visualnya yang bisa disimak di bawah ini!

Rawan Kejahatan

Visualnya yang transparan tentu menjadi kekurangannya juga. Atap ini bisa menarik pencuri karena bagian dalam rumah dapat terlihat. Siasati dengan menggunakan plafon.

Rutin Dibersihkan

Selain itu jika ada noda yang tertinggal di atap akan terlihat jelas. Oleh karenanya perlu rutin dibersihkan. Apalagi saat musim hujan dan rumah banyak pepohonan tinggi maka rawan kejatuhan dahan.

Itulah ragam informasi seputar Atap solarflat yang bisa menambah wawasan Pins. Ada dua jenis solarflat yang tersedia di pasaran yakni plain dan embossed. Warnanya menarik seperti bening, bronze dan abu-abu. Cocok untuk bangunan skylight dan tampilan visual yang menarik.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Renovasi Atap Rumah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Wikimedia Commons

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download