BlogPemilik PropertiDesain HunianBeragam Jenis Atap Rumah dan Fungsinya
0
0

Beragam Jenis Atap Rumah dan Fungsinya

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 4, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghitung luas rangka ataptop-right-banner

Atap rumah terdiri dari banyak model, baik model atap  limasan, atap pelana, atap dome atap kerucut, dan sebagainya. Pada jaman dahulu, model atap tersebut di bedakan berdasarkan jenis suku.

Ini karena setiap suku mempunyai rumah adat sebagai rumah tinggal yang khas dari suku tersebut dan atap adalah salah satu pembeda daripada rumah adat tersebut.

Selain model atap yang berbeda-beda, jenis bahan atau material atap juga sangat beragam. Mulai dari genteng  tanah liat, seng, asbes,  jerami, ijuk yg disusun, hingga genteng beton yang sudah sangat banyak dijumpai pada saat ini terutama pada rumah tinggal yang modern.

Baca Juga:

Jenis atap rumah dan fungsinya
Source : Shutterstock

Pada jaman dulu kayu adalah bahan yang paling sering dan paling banyak digunakan sebagai bahan dari rangka atap, alasannya karena pada jaman dulu kayu masih mudah di dapat karena masih banyak pohon-pohon besar untuk di tebang dan dijadikan sebagai material untuk membuat rangka atap.

Namun, akhir-akhir ini rangka atap menggunakan bahan kayu sudah mulai langka dan jarang digunakan pada rumah khususnya di perumahan.

Banyak yang beralih ke baja ringan, dikarenakan dengan pertimbangan harga yang  lebih terjangkau daripada kayu, dan anti karat serta kekuatan strukturnya pun bisa di hitung dan di pertanggung jawabkan.

Itu alasan kenapa sekarang rangka atap menggunakan baja ringan lebih banyak digemari dan sebagai alternative sebagai bahan untuk membuat rangka atap. 

Selain itu, untuk penutup atapnya saat ini kebanyakan sudah menggunakan genteng beton, harganya memang sedikit mahal, akan tetapi untuk kualitas dan bentuk menjadi pertimbangan yang lebih utama.

Selain kuat, genteng beton juga menghasilkan rumah lebih terihat rapi, mewah, dan juga elegan. Sebenarnya soal pemilihan material kembali lagi ke pemilik rumah maupun developer, semua tergantung budget dan juga selera pemilik dalam pemilihan bahan untuk rumahnya.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Rangka Atap Dalam m2 

Jenis Atap Rumah dan Fungsinya

Jenis atap rumah dan fungsinya
Source : Shutterstock

Pins, penutup atap memang mempunyai fungsi yang signifikan untuk konstruksi sebuah bangunan yang dihuni. Sebagai pemilik rumah kamu harus pandai dan bijak memilih jenis penutup atap ya. Berikut jenis atap rumah dan fungsinya, yuk kita simak bersama!

Baca Juga: 12 Model Atap Rumah Minimalis Paling Banyak Digunakan

Atap Ijuk

Untuk jenis penutup atap yang pertama adalah ijuk. Biasanya digunakan pada bangunan pura. Jika pergi ke bali, di sana kamu akan disuguhkan banyak pemandangan tentang atap yang berbahan ijuk. Atap menggunakan bahan ijuk nilai nartistiknya lebih tinggi, karena terlihat unik.

Atap Seng

Kedua ada jenis penutup atap yang terbuat dari bahan seng. Atap seng biasa digunakan untuk rumah-rumah yang berada di pegunungan, di daerah tersebut banyak menggunakan atap berbahan seng karena seng dapat menyerap panas. Sehingga rumah berasa jadi lebih hangat karena bisa menyerap panasa yang dihantarkan oleh matahari.

Atap Genteng Tanah Liat dan Beton

Selanjutnya ada jenis penutup atap yang umum kita lihat terbuat dari tanah liat atau beton. Atap genteng tanah liat dan beton, biasa digunakan diseluruh tempat, baik di desa maupun di kota, karena bentuknya yang modern juga banyak dijual dipasaran umum di setiap daerah.

Nah, sekiranya itu dia beragam jenis atap rumah dan fungsinya. Untuk memilih atap yang baik, kamu bisa menyesuaikan dengan fungsi atap rumah yang kamu butuhkan.

Baca juga: 10 Jenis dan Ragam Atap Transparan Terbaik untuk Melindungi Rumah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download