Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Apa Saja yang Harus Kamu Persiapkan untuk Renovasi Rumah Minimalis

Tips Properti

Apa Saja yang Harus Kamu Persiapkan untuk Renovasi Rumah Minimalis

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 21 April 2020 ∙ 4 menit membaca

Pada umumnya, renovasi rumah dilakukan apabila rumah tersebut sudah mengalami kerusakan, kebutuhan akan ruangan tambahan, atau mengganti model rumah. Namun tidak hanya itu saja, Pins.

Pinhome – Renovasi rumah juga dapat dilakukan apabila kamu membeli rumah seken dan ingin merombaknya menjadi tampilan yang lebih segar atau ingin menciptakan rumah impian kamu, misalnya rumah minimalis. Apa saja yang harus dipersiapkan?

Renovasi rumah minimalis
(Dekoruma)

Dalam melakukan renovasi rumah terutama rumah minimalis, terdapat tantangannya tersendiri. Namun tantangan ini bisa diatasi, Pins. Tidaklah sulit untuk melakukan renovasi, asal kamu mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan.

Gaya minimalis dikenal dengan penggunaan furniture secara sederhana dan fungsional. Artinya, barang-barang yang dirasa tidak bermanfaat tidak diadakan dalam rumah. Gaya minimalis dapat menjadi pilihan karena simpel dan praktis. Hal ini juga berhubungan dengan jumlah biaya yang dibutuhkan. Agar berjalan lancar, Pins harus memperhatikan dan mempersiapkan hal-hal penting berikut terlebih dahulu. Apa saja? Yuk Pins, kita simak artikel ini!

1. Biaya Jasa Tukang
Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah memperhitungkan jasa tukang yang akan digunakan. Untuk membangun rumah minimalis, dibutuhkan tukang yang sudah terampil dengan disertai asisten yang akan membantu proses renovasi ini. Proses pengerjaan ini perlu Pins diskusikan juga dengan mandor yang akan mengawasi pekerjaan. Semakin banyak tukang yang bekerja maka renovasi rumah pun akan semakin cepat selesai.

2. Perhatikan Luas Bangunan
Hal penting lainnya yang harus dipersiapkan adalah biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah seluas bangunan yang telah dirancang. Contohnya, apabila Pins ingin membangun rumah dengan tipe 36/75. Luas tanah adalah 75 m2. Setelah mengetahui luas, Pins bisa menentukan apakah Pins ingin merenovasi bangunan yang sudah ada, atau merombaknya dari awal dengan cara menghancurkan bangunan sebelumnya. Memanfaatkan rumah yang sudah ada mungkin akan lebih hemat secara biaya. Sebaliknya menghancurkan bangunan sebelumnya akan membutuhkan biaya yang lebih besar karena kamu harus membangun lagi dari awal.

3. Biaya Material Bangunan
Apabila sudah mendapatkan tukang bangunan yang tepat dan telah mengetahui luas bangunan, akan lebih mudah bagi Pins untuk merancangkan biaya material bangunan. Jika kamu memilih untuk menghancurkan bangunan sebelumnya dan membangun dari awal, maka ada satu hal yang harus kamu ketahui, Pins.

Material bangunan untuk membangun rumah minimalis satu lantai dan dua lantai akan berbeda. Rumah minimalis satu lantai akan membutuhkan material dinding, pondasi, struktur, genteng rumah, atap, kusen jendela dan pintu, lantai, dan pengecatan rumah. Namun untuk rumah minimalis dua lantai, biayanya akan meliputi bata merah, biaya pembangunan elektrik, sanifer, dan plafon.

Jika kamu memilih untuk memanfaatkan bangunan yang sudah ada, maka kamu bisa memilih ruangan mana yang ingin kamu renovasi, misalnya kamu ingin merombak ruang dapur, maka hitung luas ruangannya dan pilih material bangunan yang kamu inginkan.

4. Pelajari Struktur Lama
Sebelum melakukan renovasi, Pins harus juga memahami bagaimana struktur bangunan rumah lama, apakah Pins ingin ide lebih berani atau tertutup. Tetapi tidak melebihi anggaran dan kemampuan jasa tukang dalam melakukan renovasi rumah.

Mempelajari struktur lama juga bisa kamu lakukan sebelum menghancurkan bangunan lama dan membangun bangunan yang baru. Dari situ kamu bisa melihat dimana letak yang tepat untuk suatu ruangan. Misalnya teras harus mengikuti arah yang sama karena pintu gerbang dan taman terletak disana.

5. Perhatikan Panel Listrik
Jangan lupa, Pins juga harus memperhatikan panel listrik yang ada. Jika ingin menambahkan ruang atau lantai, Pins juga harus memperbaharui panel listrik dan jangan menempatkan panel listrik yang tersembunyi dalam lemari. Apabila jaringan kabel yang ada ialah model lama, Pins bisa jadikan renovasi rumah kali ini untuk mengatur jaringan kabel baru dan menghubungkan semua outlet tersebut.

6. Persiapkan Biaya Tak Terduga Lainnya
Persiapkan juga biaya tak terduga yang akan dibutuhkan, karena kita tidak akan tahu apabila terdapat kebutuhan lainnya yang harus diperlukan. Biaya ini bisa meliputi biaya untuk mendekorasi rumah seperti menambahkan tanaman, pengisian properti di dalam rumah, dan lain-lain.

7. Rancang Rumah Minimalis Sesuai Kebutuhan
Hal yang paling penting dalam merancang renovasi rumah, Pins harus mengatur anggaran yang sesuai dengan kemampuan finansial agar proses dapat berjalan dengan lancar. Sehingga selain memperoleh rumah idaman yang nyaman, Pins pun tidak khawatir dengan pengeluaran yang dibutuhkan.

Baca juga: Simak 10 Gambar Sebelum dan Sesudah Renovasi Rumah!


Jadi itulah beberapa hal yang harus Pins persiapkan dengan baik sebelum melakukan renovasi rumah, tidak hanya rumah minimalis tetapi juga bisa diterapkan dengan rumah sederhana atau rumah model lainnya. Semoga bermanfaat!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel