Info Area

16 Aneka Jajanan Bandung yang Laris dan Kekinian 2022

Jajanan Bandung – Tidak lengkap rasanya kalau kamu belum menyicipi aneka jajanan khas dan unik ketika berkunjung ke Kota Bandung. Apalagi, beberapa dari jajanan ini populer hingga ke luar daerah dan sering menjadi makanan trending.

Sebagian jajanan bahkan ada yang sudah diekspor. Warga yang memiliki rumah di Bandung alias warga lokal Bandung juga menjadi penikmat dari berbagai jajanan ini.

Jadi, jangan sampai menyesal belum mencoba aneka makanan ini. Yuk, simak ulasannya di bawah!

Baca juga:

1. Combro

Combro Bandung
(Kompas)

Combro singkatan dari oncom dijero, artinya adalah oncom di dalam. Oncom sudah sejak lama menjadi makanan camilan khas Sunda yang laris di pasaran. Combro dibuat menggunakan bahan adonan parutan singkong yang kemudian dibentuk bulat. Biasanya di dalam oncom diisi dengan toping pedas manis.

Harganya murah dan juga mengenyangkan. Jadi, jangan sampai melewatkan makanan satu ini ya Pins!

Baca juga: 10 Restoran Sushi Paling Enak di Bandung

2. Misro

Misro Bandung
(Indozone)

Misro merupakan singkatan dari amis di jero, dalam versi Bahasa Indonesia artinya manis di dalam. Jajanan ini dibuat menggunakan bahan parutan singkong. Di dalam misro biasanya diisi toping berupa gula merah sehingga menghasilkan rasa manis.

Jajanan ini sangat mudah ditemukan di Bandung. Teksturnya lembut dan enak, cocok untuk kalian yang penggemar jajanan manis.

Baca juga: 15 Tempat Makan Lesehan di Bandung, Kamu Harus Coba!

3. Cireng

cireng Bandung
(Wow Keren)

Cireng tidak cuma jadi makanan camilan khas Bandung. Makanan ini sudah tersebar luas di seluruh Indonesia, bahkan memiliki peminat yang sangat tinggi.

Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng, serta memiliki cita rasa yang kenyal dan gurih setelah digoreng. Biasanya, cireng dikombinasikan dengan beragam bahan makanan seperti sosis atau keju. Penyajiannya pun biasanya menggunakan sambal goreng dan cabe rawit.

Cireng sangat mudah ditemukan, bisa Kamu dapatkan di pedagang kaki lima. Bahkan, kamu juga dapat membelinya di toko online.

Baca juga: 20 Tempat Makan Steak Enak di Bandung, Daging dan Sausnya Juara!

4. Cimol

Cimol
(Kompas)

Cimol adalah singkatan dari aci digemol. Makna gemol dalam Bahasa Sunda dibulat-bulat. Setelah dibuat bulat, cimol digoreng. Jajanan ini lebih enak disantap dengan bumbu tambahan rasa seperti, barbeque, pedas, asam manis dan lain sebagainya.

Cimol rasanya hampir menyerupai cireng, keduanya sama-sama kenyal. Tentunya, cimol paling enak dinikmati dalam keadaan hangat.

Baca juga: 12 Rekomendasi Warung Nasi Goreng Enak di Bandung, Wajib Coba!

5. Baso Aci

Baso Aci Bandung
(Kompas)

Masih menggunakan bahan yang sama dengan jajanan sebelumnyam yaitu aci. Bahkan, dari segi bentuk pun juga masih sama. Makanan camilan ini sepenuhnya terbuat dari aci. Meskipun tanpa campuran lain, rasan gurihnya gak akan bisa membuatmu ketagihan.

Saat ini cilok sudah dimodifikasi dengan aneka isian yang menggugah selera seperti cilok isi keju, telur puyuh dan irisan cabe rawit.

6. Cilor

Cilor
(Asian Food Network)

Cilor merupakan singkatan dari cilok telor yang rasanya bisa bikin Pins ketagihan. Cilor disajikan dengan dua jenis, basah dan kering. Tak dipungkiri keduanya sama-sama membuatmu merasa lapar.

Cilor disajikan dalam bentuk bervarisi, ada yang dibentuk seperti sate dan ada pula dalam mangkok yang kmudian dimakan dengan kuah yang pedas.

7. Seblak

Seblak
(iNews)

Seblak merupakan salah satu jajanan terfavorit di Bandung. Peminatnya jajanan ini mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Seblak terbuat dari kerupuk basah yang disajikan dengan campuran bumbu bawang dan cabai sehingga menghasilkan hidangan berkuah yang lezat.

Biasanya seblak juga disajikan dengan toping lainnya seperti ceker ayam, telur, sosis dan keju. Paling enak dan lezat menikmati seblak saat udara mulai dingin.

Baca juga: 12 Rekomendasi Tempat Buka Puasa di Bandung

8. Surabi

Surabi bandung
(Infobdg)

Surabi Bandung memiliki tekstur yang tebal dan rasa yang gurih. Surabi Bandung ini dimasak dengan cara dipanggang menggunakan tungku kayu  dan gerabah tanah liat.

Surabi disajikan dengan toping yang bervariasi diantaranya
oncom, kinca dan lain-lain. Namun, tanpa toping pun gak mengurangi kelezatan
surabi ini.

9. Colenak

Colenak
(The Asian Parent)

Jajanan yang satu ini berbeda dengan yang lainnya. Jika tadi kita membahas aci, kini kita membahas peyeum (pisang). Colenak juga merupakan singkatan dari dicocol enak.

Colenah dibuat menggunakan bahan aneka pisang Dan disajikan dengan saus gula jawa cair dan ditambah dengan paruTan serutan kelapa.

Baca juga: 6 Restoran Arab di Bandung Paling Rekomended 2021

10. Cuangki

Cuangki
(Tribun Travel)

Cuangki menjadi salah satu makanan favorit khas Bandung. Ditambah lagi cuacanya yang dingin, membuat cuangki terasa makin nikmat disantap.

Cuangki adalah bakso yang disajikan dengan campuran tahu, aci, bakso, siomay pangsit rebus, pangsit goreng kemudian ditabur dengan daun bawang dan bawang goreng.

11. Batagor

Batagor
(Masak Apa Hari Ini)

Kamu tentu kenal makanan ini. Ya, batagor paling diminati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Batagor adalah singkatan dari bakso, tahu goreng. Makanan ini disajikan dengan campuran saus kacang dan kecap. Terkadang juga ditambahkan serpihan ikan tenggiri dalam adonan batagor untuk menciptakan rasa yang gurih.

Baca juga: 7 Rekomendasi Cafe Cantik di Punclut Bandung

12. Siomay

Siomay
(Kompas)

Jangan lupa mampir untuk makan siomay jika sudah di Bandung. Makanan yang satu ini sudah ada sejak lama dan sangat melegenda. Bahkan bisa dikatakan ini adaah makanan yang wajib dinikmati saat berkunjung ke Bandung.

Siomay disajikan dalam bentuk berkuah yang terdiri dari kuah
kacang, tahu, pare, kentang dan siomay. Siomay mengandung rasa ikan yang
terdiri dari ikan tuna, dan ikan tenggiri.

13.  Basreng

Basreng Bandung
(Kuliner Kota)

Basreng adalah singkatan dari bakso goreng. Sesuai namanya makanan ini murni sepenuhnya bakso. Hanya saja, proses pembuatannya harus digoreng dulu.

Saat menikmati bakso goreng, gurihnya bakso akan terasa di lidah. Kriuknya membuat orang ketagihan dan selalu ingin memakannya. Biasanya bakso goreng disajikan dengan bumbu pilihan rasa pedas pada level yang berbeda-beda.

14. Gehu

Gehu Bandung
(Ketahui)

Gehu singkatan dari toge dan tahu yang dikombinasi menjadi satu. Gehu dinikmati setelah digoreng. Biasanya, gehu disajikan dengan cabai.

Dalam gehu juga diisi dengan toping yang bervariasi, diantaranya bihun, ayam dan juga daging. Saatnya untuk menyicipi makanan khas Bandung yang satu ini ya.

15. Bandros

(Sajian Sedap)

Bandros terbuat dari bahan adonan tepung beras dan kelapa parut yang di bentuk dalam Loyang berbentuk setengah lingkaran.

Bandros secara standar biasanya tidak pakai toping apapun, namun kini telah dibuat menjadi lebih unik dan enak. Berbagai toping pun disajikan diantaranya keju, mayones, hingga yang manis berupa susu kental.

16. Kue Cubit

Kue Cubit
(Kompas)

Kue cubit ini menjadi sasaran empuk pecinta makanan. Di tahun
2016 kue cubit hanya dijual di sekolah-sekolah. Namun kini makanan ini justru
dapat menjadi aneka makanan favorit di Bandung.

Toping pada kue cubit biasanya diisi dengan beragam snack seperti, taro, oreo, green tea. Menarik, kan?


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti seperti perumahan di Bandung & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy