Pinhome

Uncategorized

Tips Mengurangi Debu di Dalam Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Tanpa disadari, rumah Anda selalu menjadi sarang debu. Terlebih jika ruma Anda memiliki banyak barang-barang perapotan rumah tangga. Tentu debu-debu akan banyak menempel dibenda-benda tersebut. Rumah yang memiliki debu yang banyak dapat membuat semua anggota keuarga yang ada didalam rumah rentan terserang penyakit. Meskipun Anda sudah membersihkan secara rutin benda-benda yang ada di dalam rumah agar tidak terkena debu, namun debu selalu datang kembali. Jika Anda mengalami kesulitan untuk menghilangkan debu-debu yang menempel pada benda-benda yang Anda di rumah, berikut tips untuk dapat mengurangi debu di dalam rumah, antara lain :

Cek Dekorasi Rumah

Debu dapat menempel dimana saja, tidak terkecuali barang dekoratif yang ada di rumah Anda, seperti figuran, patung bahkan koleksi kramik. Agar debu di rumah berkurang, sebaiknya cek barang dekorasi yang masih terpakai dan tidak. Apabila banyak barang yang sudah tidak terpakai, sebaiknya simpanlah benda tersebut disatu tempat agar dapat mengurangi debu yang ada di dalam rumah.

Cuci Seprai dan Sarung Bantal

Meskipun tempat tidur dibersihkan setiap hari, tidak menjamin debu akan hilang semuanya. Agar debu di tempat tidur dapat hilang, sebaiknya cucilah seprai dan sarung bantal Anda setiap minggunya. Cara tersebut akan membuat debu-debu yang menempel pada seprai dan sarung bantal Anda hilang. Anda juga dapat menepuk tempat tidur Anda setiap harinya, agar debu tidak mudah menempel di temat tidur.

Simpan Pakaian dengan Benar

Sumber utama timbulnya debu yaitu barang yang berbahan dasar kain, seperti pakaian, seprai, tirai dan sebagainya. Maka dari itu simpanlah pakaian Anda ke dalam container plastic agar terhindar dari debu. Selain itu Anda juga dapat membungkus pakaian yang sudah tidak terpakai ke dalam pembungkus khusus pakaian agar debu semakin berkurang.

Bersihkan Kursi dan Sofa

Agar debu di rumah Anda dapat berkurang, sebaiknya bersihkanlah kursi dan sofa di rumah Anda setiap minggunya. Anda dapat membersihkan kursi dan sofa dengan menggunakan pengisap jamur dan debu atau dengan menggunakan raket yang terbuat dari rotan. Hal tersebut akan dapat mengurangi dan menghilangkan debu yang menempel di kursi dan sofa rumah Anda.

Gunakan Pemurni Udara

Pemurni udara atau biasa disebut Air Purifier merupakan alat yang dapat membantu Anda untuk menyaring partikel kecil yang ada di udara agar dapat mencegah terjadinya gejala alergi serta asam lambung. Namun alat tersebut hanya dapat digunakan untuk ruangan yang ukurannya kecil, seperti kamar dan lainnya. Jika Anda ingin rumah Anda terbebas dari debu, pasang Air Purifier di setiap ruangan rumah yang Anda inginkan.

Banyaknya debu yang ada di dalam rumah, akan membuat Anda dan semua anggota keluarga rentan terhadap penyakit. Salah satunya gejala alergi dan asma. Sebaiknya selalu bersihkan rumah Anda secara rutin setiap harinya, agar rumah Anda terhindar dari debu yang membahayakan kesehatan keluarga.

Tags :

Bagikan Artikel