Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ketahui 10 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Lifestyle

Ketahui 10 Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 30 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Air putih yang kita konsumsi sehari-hari memang terkadang membuat kita merasa bosan. Rasa yang ditawarkan air putih tentu akan berbeda saat kita minum minuman manis atau minuman lainnya yang menggiurkan. Namun, apa Pins tahu air putih memberikan manfaat yang sangat besar bagi kinerja tubuh kita? Ke-10 manfaat air putih di bawah ini bisa menyadarkan kita akan berartinya minum air yang tidak berasa dan berwarna ini.

Pinhome – Air mineral atau air yang biasa kita kenal dengan air putih memiliki kandungan zat-zat yang sangat penting untuk tubuh. Mulai dari magnesium, kalsium, natrium dan selenium berada pada air yang Pins konsumsi sehari-hari.

Tidak heran Institute of Medicine’s Food and Nutrition Board menyarankan agar kita mengonsumsi paling tidak 2,7 liter per hari bagi wanita yang setara 11,5 gelas dan pria sebanyak 3,7 liter yang setara dengan 15,5 gelas air putih per hari.

Hal tersebut dikarenakan manfaat air putih hangat yang berperan sangat baik untuk tubuh. Untuk menjabarkan lebih detail akan perannya bagi tubuh, terlampir di bawah ini 10 manfaat banyak minum air putih untuk kesehatan manusia.

Diharapkan Pins akan semakin sadar kedepannya bahwa banyak mengonsumsi air putih harian itu sangat penting. Mari kita simak bersama ulasannya!

Baca Juga: Ciri-Ciri Rumah Yang Sehat

Mengurangi Dehidrasi

Volume plasma darah yang mengandung protein seseorang menurun dikarenakan kekurangan cairan. Maka dari itu pentingnya konsumsi air putih sehari-hari adalah untuk mencegah terjadinya dehidrasi dalam tubuh.

Apa akibatnya? Tekanan darah kamu akan menurun drastis yang berakibat pada penyakit lainnya. Bila kamu dehidrasi, Pins pun bisa pingsan, lho!

Mengurangi Resiko Serangan Jantung Mendadak

(unsplash)

Manfaat banyak minum air putih setiap hari ternyata pula dapat mengurangi risiko serangan jantung. Hal tersebut dikarenakan konsumsi air hangat dapat melancarkan peredaran darah dan sirkulasi darah ke otak.

Bila sirkulasi darah lancar, risiko penyumbatan akan berkurang. Air putih pun juga dapat mengurangi lemak yang merupakan penyebab utama penyempitan aliran darah ke jantung. 

Membersihkan Racun dan Kotoran di Dalam Tubuh

Manfaat air putih hangat bagi kehidupan memang tidak main-main nih Pins! Kamu dapat membersihkan racun dalam tubuh. Bila kita sehari-hari mengkonsumsi air hangat, sistem endokrin dalam tubuh akan aktif dan mengeluarkan keringat. Dengan begitu racun tubuh akan keluar dan meningkatkan sistem tubuh dalam tubuh kita.

Melancarkan Pencernaan 

manfaat air putih
(lifepack)

Mengapa minum air putih juga disarankan saat perut kosong? Ragam manfaat banyak minum air putih saat perut kosong, salah satunya adalah melancarkan pencernaan.

Air putih membantu mendorong dan menghancurkan kotoran yang ada di dalam usus. Maka dari itu, dengan rajin mengonsumsinya setiap hari saat perut kosong di pagi hari, tentu buang air besar akan semakin lancar.

Tidak hanya air putih saja ya, kamu juga harus rajin mengkonsumsi serat dan buah-buahan.

Memperbaiki Ginjal

Seperti yang dipaparkan sebelumnya bahwa manfaat banyak minum air putih dapat mengurangi dehidrasi. Dehidrasi sendiri bila berlarut-larut dapat menimbulkan batu ginjal yang berbahaya.

Apa Pins ingin seperti itu? Tentu tidak bukan. Oleh sebab itu, cobalah untuk membiasakan minum air putih setiap hari sesuai takaran yang telah ditentukan. Bila kamu sudah terbiasa minum, kamu akan terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan penyakit ginjal. 

Mengurangi Lemak Pada Tubuh

manfaat air putih
(unsplash)

Air putih dingin itu memang sangat menyegarkan apalagi bila diminum saat siang hari di tengah terik panasnya matahari. Namun, apa Pins tahu bahaya dari air minum dingin secara berlebih?

Suhu rendah yang diciptakan air dingin akan menghambat pembuluh darah yang menyebabkan adanya penumpukan lemak di perut. Oleh sebab itu disarankan untuk mengkonsumsi air dengan suhu normal ataupun hangat.

Manfaat air putih hangat bila dikonsumsi dengan takaran yang tepat justru akan mengurangi berat beban tubuh. Air putih hangat membuang lemak berlebih dalam tubuh yang akan membuat tubuh kamu lebih stabil dan ideal.

Meningkatkan Kinerja Otak

Asal mula dari tidak mengonsumsi air putih secara teratur memang terletak pada dehidrasi. Dengan dehidrasi maka fungsi kinerja organ tubuh menjadi tidak maksimal. Salah satunya adalah otak.

Air putih yang kamu minum sehari-hari tersebut, selain dapat meningkatkan daya ingat juga dapat meningkatkan konsentrasi, lho! Jadi, untuk Pins yang mulai tidak konsentrasi dengan pekerjaan saat sedang bekerja dari rumah, bisa disiasati dengan minum air putih. Ingat bila Pins dehidrasi, otaklah menjadi organ pertama yang paling berdampak.

Mencegah Penuaan Dini

manfaat air putih
unsplash)

Manfaat banyak minum air putih secara teratur ternyata juga bisa mencegah penuaan dini, lho Pins! Siapa diantara kalian yang mulai takut kulit mulai keriput? Coba yuk kebiasaan minum air putih saat perut kosong di pagi hari!

Sesaat setelah kamu bangun tidur, mulai biasakan untuk mengonsumsi air putih, apalagi hangat. Air putih mencegah timbulnya penuaan dini.

Mengurangi Sakit Saat Menstruasi

Kebutuhan air mineral sehari-hari bagi tubuh adalah hal yang wajib. Apalagi bila kamu sedang mengalami menstruasi. Air minum bisa menjadi penolong nyeri haid yang sedang kamu alami!

Otot-otot yang berada pada rahim akan akan menimbulkan kontraksi yang merugikan bila tubuh kekurangan cairan. Hal tersebut akan memperparah rasa sakitmu. Maka dari itu, bila dalam keadaan sakit menstruasi pun usahakan untuk tetap mengonsumsi air putih secara teratur ya Pins!

Melancarkan Pernafasan

(freepik)

Manfaat air putih hangat bila Pins konsumsi harian dapat melancarkan pernafasan. Mengapa seperti itu? Bila Pins kekurangan cairan, hal tersebut akan menghambat jalannya pernafasan.

Tidak heran bila kita sedang flu, atau mengalami hidung tersumbat disarankan untuk minum air putih hangat. Pada leher kamu terdapat membran mukosa, dengan minum air hangat maka dapat mencegah mukosa terbentuk.

Baca Juga: Inilah 5 Hal Berbahaya Yang Ada Di Dalam Rumah

Itulah 10 manfaat banyak minum air putih yang bisa membantu kesehatan tubuh dan mencegah terjadinya bahaya dalam tubuh kita. Apa Pins masih saja mengabaikannya? Jangan sampai Pins menyesal di kemudian hari ya! Dari hal kecil yang biasa kamu konsumsi dapat bermanfaat jangka panjang untuk tubuh. Selalu biasakan minum air putih secara teratur setiap hari ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Ramanda Salsa

Editor: Annisa Hapsari

Tags :

Bagikan Artikel