Kamus Istilah Properti

Waralaba

istilah properti

Waralaba

Waralaba merupakan hak untuk menjual suatu produk maupun jasa. Dalam bahasa Perancis dikenal sebagai istilah franchise yang bermakna hak atau kebebasan. Waralaba terdiri atas dua suku kata yakni wara yang bermakna lebih dan laba yang artinya keuntungan. 

Sejarah

(Pexels)

Jenis usaha ini pertama kali diperkenalkan oleh Isaac Singer pada 1850an. Ia adalah pembuat mesin jahit merk Singer. Caranya memperkenalkan format waralaba di AS cukup mendapatkan perhatian besar.

Langkah ini diikuti oleh pewaralaba lain seperti pendiri Coca Cola yaitu John S Pemberton. Kini bisnis franchise lebih didominasi oleh restoran cepat saji. Misalnya saja A&W, KFC, McDonald hingga Pizza Hut.

Format franchise mengalami kesempurnaan pada tahun 1950 an. Di tahun tersebut bisnis ini bahkan mencapai 35 % dari keseluruhan bisnis retail di AS. Waralaba juga berkembang di Inggris yang dirintis oleh J.Lyons.

Ia memulai usaha berupa Wimpy and Golden Egg pada tahun 60an. Dalam bisnis franchise tidak ada istilah diskriminasi. Dalam menyeleksi calon mitra usahanya, para pemberi franchise berpegang teguh pada keuntungan bersama.

Pihak yang memberikan hak franchise disebut dengan franchisor. Sementara yang menerima disebut sebagai franchisee. Indonesia sendiri merilis hukum tentang franchise baru pada 18 Juni 1997.

Dasar hukumnya ada pada PP RI No. 16 tahun 1997 yang kemudian dicabut dan diganti dengan PP No. 42 tahun 2007. 

Dalam daftar keputusan tersebut meliputi UU terkait paten, merek, rahasia dagang, penyelenggaraan dan tata cara pendaftaran usaha franchise.

Baca Juga:

Jenis

(Pexels)

Waralaba dapat diartikan sebagai bentuk kerjasama bisnis antara pihak kedua dengan pemilik merk, sistem operasional maupun produk atas pemberian izin pemakaian produknya. 

Pihak kedua disini dapat memanfaatkan hak kekayaan intelektual dengan pemberian suatu imbalan yang dipersyaratkan oleh pemegang HAKI. Ada dua elemen dasar dalam bisnis ini yakni franchisor dan franchisee.

Pihak franchisee dan franchisor bisa berupa badan usaha maupun perseorangan. Owner atau pemilik bisnis atau franchisor memakai uang pembeli guna mengembangkan bisnis.

Ia bahkan mempersiapkan sistem bisnis untuk pihak franchisee. Dengan begitu pembeli HAKI tidak perlu mempersiapkan prosedur, merk atau sistem mulai dari nol lagi.

Ada dua jenis franchise yang beredar saat ini jika dilihat dari asalnya. Jenis pertama disebut dengan waralaba luar negeri. Cirinya adalah memiliki sistem jelas sehingga banyak diminati secara luas dan dirasa lebih bergengsi.

Jenis kedua ialah waralaba dalam negeri merupakan usaha yang menjual HAKI dalam negeri. Umumnya menyasar pengusaha yang belum cukup matang dalam mengatur strategi bisnis.

Apabila dilihat berdasarkan kriterianya maka franchise dibedakan menjadi tiga macam. Berikut jenis dan pengertian serta contoh bisnis yang beredar saat ini :

  • Franchise produk ialah menjajakan hak atas produk atau barang misalnya saja restoran cepat saji seperti Kebab Turki
  • Waralaba jasa yakni pemberian layanan jasa seperti pendidikan maupun agen travel
  • Franchise gabungan adalah kombinasi keduanya yakni pelayanan jasa dan produk

Keuntungan dan Kerugian

Model usaha seperti ini sangat umum ditemukan di dunia bisnis. Beberapa keuntungan yang ditawarkannya adalah pelatihan dan dukungan. Pembeli franchise  dibekali skema pelatihan awal sebagai dukungan berkelanjutan.

Pelatihan ini sudah termasuk dalam paket franchise. Selain itu, produk sudah dikenal dulu oleh masyarakat luas sehingga mudah mendapatkan konsumen. Biaya pemasaran dapat diminimalisir.

Model usaha ini juga minim resiko. Hal ini karena adanya dukungan para profesional di bidangnya. Berbeda dengan bisnis yang dimulai dari nol tanpa pengalaman maka besar kemungkinan mengalami kegagalan.

Beberapa franchise dioperasikan dari rumah. Bisnis bisa dijalankan lebih fleksibel dan mampu menghasilkan keuntungan dalam waktu singkat. Franchise dapat dijadikan sumber pendapatan kedua sehingga terhindar dari krisis ekonomi.

Walaupun menawarkan berbagai keunggulan, franchise juga memiliki kerugian. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Investasi awalnya cukup tinggi sehingga membutuhkan modal besar
  2. Franchise tergantung pada pemasok yang sudah ditentukan 
  3. Pembeli franchise kurang memiliki kebebasan dalam mengontrol usaha khususnya dalam kegiatan operasional
  4. Ide bisnis ini kini mulai merujuk ke arah sosial. Tujuan utamanya tidak lagi menghasilkan laba semaksimal mungkin melainkan peningkatan pemberdayaan tenaga kerja kurang beruntung

Tujuan

(Shutterstock)

Tujuan dari franchise sendiri ada beberapa poin diantaranya ialah :

  • Mempermudah kegiatan operasional usaha karena sudah ada standar operasional pakem
  • Lebih efisien baik dari segi waktu, tenaga dan biaya karena dipandu oleh tenaga ahli di bidangnya
  • Mudah menarik pelanggan karena produk sudah lama dikenal
  • Menurunkan resiko kegagalan usaha khususnya bagi pengusaha pemula

Karakteristik

Model usaha ini dapat dikenali melalui karakteristiknya. Setiap bisnis franchise memiliki catatan keuangan yang rapi sehingga perkembangan usahanya dapat diketahui dari waktu ke waktu.

Ada pula standar operasional yang jelas dan pakem. Semua karyawan tinggal mengikuti SOP yang diberikan sehingga kualitas produk terjamin. Walaupun pemilik berbeda-beda namun pelanggan akan melihat merek yang sama.

Bisnis ini memiliki kesinambungan antar franchise. Dikarenakan memiliki merek yang sama maka bahan produksi, seragam karyawan, kualitas produk atau layanan sudah memiliki pedomannya sendiri.

Waralaba berkembang pertama kali di AS dimulai dari produk mesin jahit. Kini bisnis ini masih tetap bertahan dan didominasi oleh produk restoran cepat saji.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.