Kamus Istilah Properti

Sumur Resapan

istilah properti

Sumur Resapan

Sumur resapan adalah rekayasa teknik konverasi air yang berupa bangunan berbentuk sumur gali. Fungsi sumur resapan yakni menampung air hujan yang jatuh dari atap ke dalam tanah.

Pengertian Sumur Resapan

Sumur resapan
(VOI)

Sumur resapan adalah rekayasa konservasi air berupa bangunan yang dibuat menyerupai sumur. Dalam definisi lainnya, sumur resapan pun dapat diartikan sebagai suatu teknik yang dibuat untuk mengurangi aliran air hujan yang menggenang di permukaan tanah.

Fungsi Sumur Resapan

Sumur resapan
(Wikimedia Commons)

Fungsi sumur resapan ini berbeda dengan sumur air minum. Jika sumur air minum dibuat untuk menaikkan air ke permukaan tanah, sumur resapan justru sebaliknya. 

Sumur resapan berfungsi sebagai tempat untuk menampung air hujan dan membuat air tersebut meresap ke tanah. Jadi, tidak ada air hujan yang menggenang di permukaan tanah. 

Penerapan sumur resapan ini sangat dianjurkan. Sebab sumur ini bisa menjadi pengendali banjir. Lebih daripada itu, sumur resapan memiliki manfaat sebagai berikut:

Menambah Cadangan Air di dalam Tanah

Selain mencegah genangan air dan banjir, pembuatan sumur resapan juga dapat menambah cadangan air di dalam tanah. 

Hal ini tentunya akan berguna jika suatu ketika daerahmu mengalami krisis air tanah. Jika dibangun dengan konstruksi yang tepat, teknologi sederhana ini mampu menjadi sumber cadangan air baru yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menjaga Kelembapan Tanah 

Di kawasan yang kering dan gersang, penerapan sumur resapan sangat dianjurkan. Pasalnya, sumur ini dapat menjaga kelembapan tanah di sekitarnya. Oleh karena itu, tanah menjadi lebih gembur serta bisa ditanami tumbuh-tumbuhan, termasuk sayuran hijau. 

Mencegah Penurunan Lahan

Pengambilan air tanah yang berlebihan  dapat membuat lahan di sekitarnya turun atau amblas. Lambat-laun hal tersebut dapat membuat permukaan tanah menjadi turun. Hal ini umumnya terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta. 

Maka demikian, pemerintah Jakarta mulai membuat sumur resapan untuk mengurangi risiko dari penurunan tanah tersebut. Jika mengacu pada hal tersebut, maka kamu pun dapat membuat sumur resapan di rumah untuk mencegah penurunan lahan agar tidak amblas.

Sumber Air untuk Irigasi Pertanian

Curah hujan yang tak menentu dapat membuat lahan pertanian menjadi gersang dan gagal panen. Guna mencegahnya, kamu dapat membuat sumur resapan untuk cadangan sumber air. 

Jenis Sumur Resapan

Sumur resepan
(Tribun News)

Perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis sumur resapan yang umum dibuat, yakni sumur resapan individu dan sumur resapan kolektif. 

Sumur resapan individu adalah sumur resapan yang dibuat sendiri untuk kebutuhan pribadi. Biasanya pembuatannya di pekarangan rumah. Sesuai dengan namanya, biaya pembuatan dan pemeliharaan sumur resapan individu ditanggung pemilik sumur.

Sementara itu, sumur kolektif adalah sumur yang dibangun bersama dalam satu kawasan tertentu, misalnya satu blok, satu RT, atau lainnya.

Syarat Membuat Sumur Resepan

Sumur resapan
(Jakarta Bisnis)

Sumur resapan dapat dibuat sendiri di rumah. Namun sebelumnya, kamu perlu memperhatikan persyaratan pembangunannya. Berdasarkan SNI Nomor 03-2453-2002 diketahui bahwa persyaratan umum pembuatan sumur resapan untuk lahan pekarangan rumah adalah sebagai berikut.

  1. Sumur resapan harus berada di lahan yang datar, tidak di tanah berlereng, curam ataupun labil.
  2. Sumur resapan harus jauh dari tempat penimbunan sampah, septic tank ( dengan jarak minimal lima meter yang diukur dari tepi), dan berjarak minimal satu meter dari pondasi bangunan.
  3. Penggalian sumur resapan dapat dilakukan sampai tanah berpasir atau maksimal dua meter di bawah permukaan air tanah. Kedalaman muka air tanah minimal 1,5 meter pada musim hujan. 
  4. Struktur tanah harus mempunyai permeabilitas atau kemampuan tanah menyerap air. Aturan jelasnya, yakni lebih besar atau sama dengan 2,0 cm/jam atau genangan air setinggi dua sentimeter akan meresap habis dalam satu jam. Adapun klasifikasi permeabilitasnya adalah sebagai berikut:
    • Permeabilitas sedang, yaitu 2,0-3,6 cm/jam.
    • Permeabilitas tanah agak cepat atau pasir halus, yaitu 3,6-36 cm/jam.
    • Permeabilitas tanah cepat atau pasir kasar, yaitu lebih besar dari 36 cm/jam.

Cara Membuat Sumur Resapan di Pekarangan Rumah 

Sumur resapan
(SindoNews)

Setelah semua persyaratan terpenuhi, maka kamu bisa langsung membuat sumur resapan sendiri di rumah. Adapun cara membuat sumur resapan adalah seperti berikut: 

  1. Gali lubang dengan diameter berukuran 80-100 cm dan kedalaman lubang sekitar 1,5 meter. Kedalaman sumur tidak boleh mencapai atau lebih dari muka air tanah.
  2. Perkuat dinding sumur dengan menggunakan besi beton. Selain itu, pasang pula batu kosong untuk menahan dinding sumur agar tidak longsor.
  3. Selanjutnya, buat saluran water inlet menggunakan paralon untuk menyalurkan air hujan dari talang ke sumur resapan. 
  4. Jangan lupa, buat pula saluran pembuangan water  outlet dari sumur menuju selokan. Saluran ini dapat membantu mengeluarkan limpahan air jika sumur resapan penuh. 
  5. Isi bagian bawah sumur dengan koral setebal 15 sentimeter. 
  6. Terakhir, tutup bagian atas sumur dengan plat beton lalu tutup kembali dengan tanah agar sumur reseapan lebih aman. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI memaparkan bahwa pembuatan sumur resapan harus benar-benar mengikuti persyaratannya. Hal ini perlu dilakukan supaya sumur resapan tidak ambrol dan menimbulkan risiko pada rumah maupun pekarangannya. 

Selain itu, dijelaskan pula bahwa pada lubang sumur resapan tersebut Pins dapat mengisinya dengan sampah organik. Dengan demikian, fauna tanah seperti cacing akan dapat hingga masuk ke dalam lubang untuk mencari perlindungannya. Secara tidak langsung, tanah pun akan menjadi subur karena terbentuk kompos dari lubang resapan biopori. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.