Kamus Istilah Properti

Pondasi Sumuran

istilah properti

Pondasi Sumuran

Pondasi sumuran merupakan pondasi berbentuk silinder yang tersusun dari pipa beton dan digunakan untuk menopang bangunan vertikal seperti tower, apartemen atau rumah susun.

Mengenal Pondasi Sumuran

(Artikel Spacestock)

Salah satu syarat utama untuk membangun sebuah bangunan adalah merangkai dan memasang pondasi yang kokoh. Setiap bangunan pun akan menggunakan jenis pondasi yang berbeda sesuai dengan jenis konstruksi. Misalnya saja antara apartemen dengan rumah tapak, keduanya akan menggunakan pondasi yang berbeda. 

Hal ini disebabkan apartemen akan memerlukan pondasi yang lebih kuat untuk menopang beban hunian vertikal. Sementara untuk bangunan seperti rumah tapak satu lantai, pondasi yang digunakan pun akan berbeda.

Pondasi sumuran merupakan pondasi yang sering kali digunakan untuk menjadi landasan atau alas membuat bangunan yang besar dan tinggi. Beberapa contoh bangunan yang menggunakan pondasi jenis ini seperti jembatan, apartemen, tower atau rumah susun. 

Pondasi ini disebut juga sebagai cyclop, yang terdiri dari susunan pipa beton yang melingkar sehingga berbentuk silinder seperti sumur. 

Fungsi Pondasi Sumuran

(Harga Beton Precast)

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap konstruksi bangunan akan berdiri di atas pondasi. Pondasi inilah yang akan menopang beban dan juga berfungsi sebagai penjaga keseimbangan sebuah bangunan. Apabila sebuah pondasi bangunan tidak kokoh, maka ada kemungkinan bangunan akan goyang ketika terjadi gempa atau bahkan bisa ambruk. Berikut ini beberapa fungsi dari pondasi yang perlu kamu ketahui Pins.

Menjaga beban bangunan

(Prospeku)

Fungsi utama dari pondasi bangunan atau cyclop adalah menopang dan menjaga bangunan agar tetap stabil. Sebuah apartemen atau menara perkantoran tentu memiliki beban bangunan yang tidak kecil. Kita bisa melihat dari jumlah lantai gedung yang bisa mencapai hingga lantai 30 lebih. Di Jakarta, bahkan ada gedung perkantoran yang mencapai lantai 40-an seperti menara BNI di Sudirman. Kondisi ini tentu mengharuskan konstruksi sebuah bangunan dibuat lebih mencengkram sehingga tidak akan mudah goyah. 

Syarat dasar membangun konstruksi bangunan vertikal

Pondasi memang menjadi syarat utama membangun sebuah rumah, namun pondasi sumuran adalah konstruksi yang wajib digunakan saat membangun hunian vertikal. Hal ini menjadu ketentuan mutlak yang tidak bisa ditawar lagi Pins. Sebuah jasa atau perusahaan kontraktor bangunan tidak akan menggunakan pondasi cakar ayam untuk membangun sebuah tower perkantoran.

Menyeimbangkan konstruksi bangunan

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa bangunan vertikal memiliki beban yang bertumpu pada bagian bawah. Oleh karena itu, sebuah bangunan haruslah bertumpu pada alas yang kuat. Sebuah konstruksi bangunan tentu akan menggunakan pondasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini agar pondasi dapat menyeimbangkan bangunan agar tegak lurus dan layak pakai.

Keunggulan Pondasi Sumuran

(Pondasi Net)

Setelah kamu mengetahu apa saja manfaat dan fungsi dari pondasi sumuran, maka saatnya kamu memahami apa keunggulannya. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari pondasi sumuran yang perlu kamu ketahui. Silakan cek informasinya di bawah ya.

  • Pondasi sumuran merupakan tipe pondasi dengan biaya yang tergolong murah, namun tetap memiliki kualitas yang sangat baik. Apabila kamu sedang memerlukan kerangka yang ramah di kantong, maka jenis ini akan cocok untuk dipilih. Jika kamu ingin membuat rumah 2 atau 3 lantai dengan pondasi kokoh, maka pondasi jenis ini bisa dipertimbangkan Pins.
  • Keunggulan kedua dari pondasi sumuran adalah kerangka pondasi dapat ditanam dan dibangun pada tanah yang berada di dalam air. Sehingga jenis tanah bukan menjadi aspek yang harus dikhawatirkan. Hal ini yang menyebabkan mengapa pondasi jenis ini juga sering digunakan sebagai alas atau dasar membuat jembatan Pins.
  • Tingkat ketahanan pondasi sumuran termasuk bagus Pins. Selain itu pembangunan pondasi sumuran juga tidak akan menimbulkan polusi udara yang berlebihan. 

Kekurangan Pondasi Sumuran

(E-Procurement)

Sementara itu di sisi kekurangan, ada beberapa nilai minus dari pondasi sumuran yang perlu kamu waspadai ya. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah,

  • Proses untuk menuang semen pada pondasi ini cukup lama, mengingat kedalaman pondasi yang dalam. Tim kontraktor pun harus menunggu lama agar pondasi kering. 
  • Pengerjaan pondasi benar-benar detail dan harus hati-hati, hal ini karena pondasi jenis ini lebih cocok dibangun saat musim panas. Alasannya karena menggunakan pondasi ini akan memerlukan banyak semen sehingga cuaca harus panas agar semen cepat kering.
  • Kebutuhan semen pondasi sumuran cukup tinggi, oleh karena itu kamu harus menyediakan semen dengan jumlah yang lebih banyak. Hal ini akan menguras budget jika kamu berencana menggunakannya untuk membangun rumah 2-3 lantai. Jadi perhitungkan kembali ya Pins.
  • Tenaga kerja yang diperlukan juga banyak, artinya kamu pun harus menyediakan biaya upah tenaga kerja kuli bangunan lebih banyak.

Apabila kamu berniat untuk menggunakan pondasi sumuran, Pinhome sarankan untuk melakukan penghitungan budget dengan seksama ya. Hal ini agar tidak terjadi ledakan budget yang berlebih sehingga bisa berpotensi biaya membangun hunian malah bengkak dan di luar dari anggaran. Pins, itu saja informasi mengenai pondasi sumuran. Semoga penjelasan di atas membuka sedikit pengetahuan kamu ya mengenai pondasi sumuran.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.