Kamus Istilah Properti

Sumur Artesis

istilah properti

Sumur Artesis

Sumur artesis adalah jenis sumur yang airnya bisa keluar sendiri dan tidak membutuhkan pompa karena memiliki cukup tekanan dari dalam tanah. 

Apa Itu Sumur Artesis?

sumur artesis
(USGS)

Sumur artesis dalam bahasa Inggris disebut sebagai artesian well atau deep weel. Jenis sumur ini biasanya dibangun di tengah komplek perumahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitarnya. Arti Sumur artesis adalah jenis sumur yang airnya bisa keluar sendiri dan tidak membutuhkan pompa karena memiliki cukup tekanan dari dalam tanah. 

Selain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga di area perumahan, sumur bor artesis biasa ditemukan untuk mengalir gedung, rumah sakit, kampus, hotel, pabrik, dan tempat lain yang membutuhkan pasokan air dalam jumlah yang besar. Dibandingkan jenis sumur lainnya seperti resapan atau pompa, artesis memiliki keunggulan yaitu tidak memerlukan penggalian dan pemasangan pompa yang rumit. 

Meski begitu, pembuatannya pun harus dilakukan oleh orang yang profesional karena terbilang sulit dan memerlukan peralatan khusus yang modern untuk bisa menembus lapisan tanah dan bebatuan di dalamnya. Biaya pembangunan artesian well pun lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya karena memanfaatkan tekanan alami yang berasal dari aquifer atau zona jenuh di bawah tanah. 

Kelebihan Sumur Artesis

sumur artesis
(Wikipedia)

Di antara jenis sumur lainnya, deep well menawarkan sejumlah keunggulan yang bisa Pins pertimbangkan. Adapun kelebihan jenis sumur ini adalah sebagai berikut:  

Debit Air Lebih Besar 

Jika Pins membutuhkan sumber air dalam jumlah yang besar, maka artesis bisa jadi pilihannya. Tak heran, kalau jenis sumur ini dipilih untuk mengaliri komplek perumahan, gedung, rumah sakit, hingga pabrik.

Memiliki Kualitas Air yang Baik 

Pins akan mendapatkan keuntungan dari sisi kualitas air jika memakai sumur satu ini. Alasannya karena pengeboran dilakukan lapisan yang sangat dalam jadi airnya terhindar dari bakteri atau polusi.  

Cocok untuk Dataran Tinggi Maupun Rendah

Di manapun kamu tinggal, deep weel bisa digunakan. Kelebihan ini tentu menjadikan sumur ini lebih fleksibel dibandingkan jenis lainnya. Apalagi, penggunaan bor untuk pembuatan sumur pun bisa dilakukan secara lebih dalam hingga sanggup menembus bebatuan

Pengerjaan Lebih Cepat

Dari sisi pengerjaannya dari mulai pengeboran hingga air bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, jenis sumur satu ini membutuhkan waktu yang cenderung lebih cepat. Hal ini karena penggunaan peralatan dengan teknologi yang canggih dan juga modern serta ahli sumur yang kompeten.

Kekurangan Sumur Artesis 

Lalu apa saja kekurangan deep well? Ini beberapa diantaranya:

  • Harga pembuatannya yang cenderung mahal. 
  • Dari sisi pembuatannya terbilang sulit dan harus dilakukan oleh ahlinya.  
  • Jika tidak hati-hati, akan menimbulkan efek negatif pada lingkungan. 
  • Tidak bisa dibuat secara asal sehingga membutuhkan izin dari pemerintah daerah setempat terlebih dahulu.

Hal Penting dalam Pembuatan Sumur Artesis 

(Valey Water News)

Pembuatan artesian well tidak bisa dilakukan sembarangan karena jika ada yang keliru, bisa membuat kerusakan lingkungan. 

Ada beberapa faktor yang sangat penting untuk diperhatikan ketika akan membuat sumur bor artesis, antara lain: 

Letak sumur

Apapun jenisnya, letak sumur akan menentukan seberapa baik sumber hasil yang diperoleh. Pada sumber air artesis, letaknya berada akuifer bagian bawah, antara dua lapisan kedap air (impermeable). 

Pada titik ini, air yang dihasilkan oleh sumur tidak terkontaminasi dengan pembuangan sehingga bisa dimanfaatkan sebagai sumber air minum bagi penduduk.

Kedalaman Sumur

Faktor lain untuk membuat artesian well adalah kedalaman pengeboran. Sebelum pengeboran dilakukan, akan ada survei yang terkait dengan kondisi lingkungan sekitar. Hasilnya, faktor kedalaman sumur akan disesuaikan dengan struktur geologi masing-masing.

Umumnya, artesian well memiliki kedalaman yang dibuat sangat dalam yaitu mencapai 150 sampai dengan 250 meter tergantung kapasitas air yang dibutuhkan. 

Sudah Memperoleh Izin dari Pemerintah 

Pembuatan artesian well tidak bisa sembarangan karena akan mempengaruhi lingkungan dan tanah di sekitarnya. Untuk itulah, sebelum melakukan pengeboran akan membutuhkan izin khusus dari pemerintah setempat.

Izin ini diperoleh setelah memerlukan survei lapangan mendalam dan memenuhi persyaratan kelayakan sumur.  

Biaya Pembuatan Sumur

Biaya pembuatan sumur artesis akan lebih mahal dibandingkan jenis resapan atau pompa. Penentuan biaya ini akan tergantung dari kedalaman sumur yang akan dibuat. Jika semakin dalam, maka semakin besar juga biaya yang harus disiapkan karena alat yang dibutuhkan juga akan lebih banyak. 

Umumnya, ahli sumur mematok harga Rp200.000 hingga Rp400.000 per meter. Misalnya, kedalaman 200 meter, maka jika memakai harga minimal yaitu Rp200.000 per meter, maka biaya pembuatan sumur artesis mencapai Rp40 juta. 

Cara Membuat Sumur Artesis

sumur artesis
(Dales Water)

Terkait bagaimana cara membuat sumur artesis, harus berkonsultasi dengan orang yang profesional untuk memastikan keamanan proses pengeborannya aman. Namun, sebagai gambaran, berikut ini proses pembuatan artesian well sebagaimana melansir dari PT Adhyaksa Persada Indonesia:

  • Menentukan titik atau lokasi sumber air dengan peralatan yang sudah ditentukan.
  • Pengecekan jenis tanah yang akan dibor untuk mengetahui lapisan mana yang memiliki kandungan air terbaik dan aman untuk digunakan.
  • Setelah titik ditemukan, tanah akan dibor sesuai kedalaman air tanah yang sudah diukur sebelumnya.  
  • Proses pengeboran akan dihentikan saat sudah mencapai lapisan dari air tanah yang sudah ditentukan. 
  • Tahap pemompaan untuk membersihkan lubang sumur sampai air kurasan yang ada tidak lagi mengandung lumpur dan bisa digunakan.

Demikian informasi seputar sumur artesis yang bisa disampaikan. Jika melihat dari sulitnya pengerjaan dan peralatannya yang tidak sedikit, tentu sebaiknya pembuatan artesian well dilakukan oleh profesional. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.