Kamus Istilah Properti

Service Charge

istilah properti

Service Charge

Apa itu Service Charge?

Dalam dunia properti, istilah service charge sering sekali digunakan, terutama pada pembelian atau penyewaan apartemen dan perkantoran. Ya, karena banyak sekali fasilitas yang digunakan dalam apartemen dan perkantoran merupakan fasilitas milik bersama, sehingga membutuhkan biaya operasional untuk menunjang penggunaan fasilitas-fasilitas tersebut. Biasanya biaya ini digunakan untuk asuransi gedung, perawatan kebun, kebersihan, pencahayaan lorong apartemen, pemeliharaan drainase, akses jalan, dan masih banyak lagi.

Service charge akan diberitahukan ketika Pins melakukan kesepakatan saat melakukan perjanjian sewa atau jual-beli. Penarikan biaya service berbeda-beda, ada yang per bulan, per 3 bulan, atau bahkan per tahun sesuai dengan kebijakan pengelola gedung.

Bagaimana Cara Menghitung Service Charge?

sumber : Unsplash

Biaya service biasanya dihitung berdasarkan jumlah biaya operasional dan perawatan fasilitas, dan tanah dibagi total luas seluruh unit. Setelah itu hasilnya dikalikan dengan nilai iuran per meter. Oleh karena itu besaran biaya service dapat berbeda-beda sesuai dengan luas unit masing-masing. 

Misalnya iuran per meter = Rp7.500/m2, lalu luas unit sebesar 70 m2, maka biaya service yang harus dikeluarkan oleh penghuni unit adalah Rp525.000. Perhitungan ini telah sesuai dengan Nilai Perbandingan Proporsional; (NPP), yakni nilai yang didapat dengan membandingkan luas satuan unit dengan seluruh luas unit.

Mungkin sebagian dari Pins bertanya-tanya, mengapa perhitungannya per meter dan bukan per unit saja? Hal ini karena apartemen atau perkantoran memiliki luas antar unit satu dan unit lainnya berbeda-beda, sehingga hak atas kepemilikan tanah, benda, dan bagian bersama juga berbeda.

service charge
sumber : Unsplash

Jika unit apartemen yang dihuni Pins adalah milik sendiri, dan Pins menunggak pembayaran service charge, Pins akan dikenakan sanksi berupa tidak boleh menggunakan fasilitas bersama. Namun, jika Pins menyewa unit apartemen, kemungkinan dilakukannya penyegelan pada unit mungkin terjadi. Hal ini karena unit merupakan milik pengelola gedung.

Selain itu, dengan menunggak biaya servicedapat merugikan penghuni unit lainnya loh. Karena perawatan dilakukan untuk fasilitas bersama. Jika sebagian penghuni unit menunggak biaya service padahal ikut menggunakan fasilitas bersama, maka tidak adil bagi penghuni lain yang membayar biaya service dan ingin menggunakan fasilitas bersama.

Cara Pembayaran Service Charge

service charge
sumber : Unsplash

Terdapat berbagai macam metode yang kini telah digunakan oleh pengelola gedung untuk menagih pembayaran biaya service. Pembayaran biaya service dapat dilakukan dengan sistem transfer bank, autodebet, maupun dengan uang cash. Banyaknya metode pembayaran jadi memudahkan dan meningkatkan kepatuhan pengguna unit untuk melakukan pembayaran biaya service loh!

Meski menghuni apartemen mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk maintenance, namun terdapat beberapa keuntungan yang akan Pins dapatkan loh dengan tinggal di apartemen. Sehingga apartemen masih bisa menjadi pertimbangan sebagai tempat hunian Pins.

Itulah informasi mengenai apa itu service charge, fungsinya, cara hitung biaya service, serta keuntungan tinggal di apartemen.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. 

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.