Kamus Istilah Properti

Plitur Kayu

istilah properti

Plitur Kayu

Plitur kayu adalah cat transparan dengan bahan oker atau bubuk pewarna yang biasanya digunakan pada furnitur kayu.

Mengenal Plitur Kayu

(Water Base Coating)

Pins, pernahkah kamu membeli meja, kursi atau lemari dari toko furnitur? Nah, jika kamu perhatikan, perabot kayu yang kamu beli dari toko furintur tersebut terlihat glossy bukan? Tampilan glossy tersebut akan tampak terlihat jelas di permukaan dengan bidang yang luas. Misalnya di permukaan atas meja, atau di sisi kiri dan kanan lemari. Kondisi ini bisa terjadi karena furnitur telah dilapisi oleh plitur atau cat khusus kayu. Hal yang membedakan pernis dan plitur adalah, kamu harus mencampur plitur dengan pelarut terlebih dahulu. Sama seperti cat tembok yang harus ditambahkan sedikit air agar lebih encer dan tidak terlalu keras, plitur pun harus ditambahkan sedikit pelarut agar mudah digunakan. Biasanya pelarut yang dipakai adalah thinner. 

Perbedaan Plitur Kayu dan Pernis

(greenandgrowing.org)

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, plitur dan pernis adalah lapisan yang digunakan untuk melindungi perabot rumah khususnya kayu. Namun, ternyata masih banyak dari kita yang bingung untuk menentukan perbedaan kedua cairan atau lapisan ini. Berikut ini ada beberapa perbedaan antara keduanya.

Pengaplikasian

Pengaplikasian plitur pada dasarnya sedikit berbeda dengan pernis. Jika untuk menggunakan pernis kamu bisa langsung menggunakannya pada frunitur, maka plitur tidak. Kamu harus mencampurkan plitur dengan bahan pelarut terlebih dahulu. Tujuannya agar plitur bisa lebih encer dan dapat digunakan dengan baik untuk mengoles permukaan furnitur menggunakan kuas.

Efek penggunaan 

Jika pernis hanya memberikan efek glossy atau mengilap pada permukaan furnitur, namun berbeda dengan plitur. Plitur kayu akan memberikan perubahan warna pada permukaan meja, lemari atau kursi milik kamu di rumah sekaligus memberikan efek kilap di sisi-sisi yang kamu olesi plitur. Jadi, apabila kamu ingin mengubah warna furnitur kayu dan sekaligus membuatnya nampak kemilau seperti baru maka kamu bisa menggunakan plitur.

Cara menggunakan

Seperti yang kita sudah tahu bahwa pernis memberikan efek glossy, jadi jika kamu berniat untuk mengolesi di permukaan perabot pastikan kamu sudah memberikan cat. Warna cat kayu akan nampak lebih bersinar setelah menggunakan pernis. Namun, untuk plitur kamu perlu mencampurkan dengan pelarut terlebih dahulu baru bisa mengoleskannya pada kayu. Pastikan furnitur kayu sudah halus ya Pins, artinya sudah diamplas dan tidak terdapat bagian kasar di permukaan kayu. 

Fungsi Plitur 

(Pixabay)

Baik itu cat, pernis atau plitur mempunyai fungsi masing-masing yang bisa memberikan efek menarik pada funritur kayu. Berikut ini ada fungsi dari plitur yang perlu kamu tahu Pins.

Memberikan perlindungan permukaan furnitur kayu

Permukaan furnitur kayu bisa sangat mudah tergores dan dihinggapi debu. Untuk mengindari hal tersebut, maka kamu bisa memanfaatkan plitur untuk melindungi permukaan perabot rumah dari kayu.

Memberikan penampilan menarik

Selain memberikan perlindungan pada furnitur, plitur kayu juga akan memberikan penampilan menarik. Meja, lemari atau kursi yang berbahan kayu bisa dibuat lebih cantik dan menarik dengan mengaplikasikan plitur kayu. 

Membuat furnitur lebih awet dan tahan lama

Pengaplikasian plitur juga bisa membuat furnitur lebih awet dan tahan lama. Hal ini karena plitur memang berfungsi agar perabot kayu bisa lebih terjaga kualitasnya. Oleh karena itu, jika kamu merasa furnitur kayu di rumah sudah terlihat kusam kamu bisa mengaplikasikan ulang plitur ke perabot kayu.

Tips Menggunakan Plitur

(Cat Duco Kayu)

Mengaplikasikan plitur kayu pada dasarnya bisa dilakukan dengan mudah. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Silakan cek informasi berikut ini.

Campurkan plitur dengan pelarut 

Pertama-tama pastikan kamu menyampurkan plitur dengan pelarut Pins. Tujuannya agar plitur lebih encer dan mudah digunakan saat kamu mengaplikasikan ke permukaan furnitur.

Lakukan pengaplikasian plitur di luar rumah 

Pins, untuk menghindari cipratan atau percikan plitur ke permukaan dinding atau lantai, kamu bisa melakukan kegiatan ini di luar rumah atau di gudang. Selain itu pastikan kamu kamu memeberikan alas koran di lantai sekitar furnitur.

Gunakan kuas yang bersih 

Pastikan kamu membersihkan kuas ya Pins. Jika perlu gunakan kuas khusus untuk plitur. Hal ini agar larutan plitur bisa tercampur dengan sempurna di permukaan plitur kayu.

Lakukan pengaplikasian plitur di saat suasana cerah

Walau pun kamu sedang ingin merenovasi dan menghias rumah, pastikan kamu melakukan plitur kayu di saat suasana sedang cerah ya. Artinya kamu harus memastikan proses plitur dilakukan pada saat matahari sedang bersinar. Hindari penggunaan plitur saat hujan karena kayu masih malah akan jadi lembab dan tidak maksimal menyerap plitur.

Gunakan jasa tukang jika kamu belum mahir

Pins untuk memastikan pengaplikasian plitur bisa sesuai ekspektasi kamu, maka kamu bisa meminta bantuan jasa tukang. Hal ini bisa membantu memaksimalkan pemakaian plitur Pins, jadi hasilnya pun tidak akan mengecewakan. 

Penggunaan plitur memang bisa memberikan beragam manfaat untuk furnitur milikmu. Namun, kamu juga perlu ingat bahwa sebelum mengggunakan plitur, pastikan kamu sudah membersihkan meja ya. Selain itu singkirkan juga semua alat atau barang yang ada di atas meja dan di dalam lemari. Tujuannya agar alat dan barang tersebut tidak terkena percikan plitur. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.