Kamus Istilah Properti

Jidar

istilah properti

Jidar

Jidar adalah alat bantu yang sering digunakan dalam proses pembuatan plester. Alat ini juga dipakai untuk proses pengacian dinding.

Apa itu jidar?

(Mortar Tiga Roda)

Untuk mempermudah proses pengerjaan konstruksi, para pekerja biasanya menggunakan beberapa alat bantu. Salah satu alat bantu yang biasanya dipakai adalah jidar.

Jidar adalah alat bantu yang sering digunakan dalam proses pembuatan plester. Alat ini juga dipakai untuk proses pengacian dinding.

Di pasaran, kita akan menemukan alat bantu ini terbuat dari bahan aluminium. Aluminium tersebut berbentuk seperti balok dengan ukuran panjang tertentu. Aluminium tersebut dibuat tidak padat dan mempunyai rongga di bagian dalamnya (hollow).

Ukuran panjang, ukuran hollow, dan ketebalan dari bahan aluminium dari alat ini akan disesuaikan dengan kondisi pengerjaan plester atau aci dinding yang akan dilakukan. Nantinya, alat ini berfungsi untuk membantu meratakan plester atau aci yang diaplikasikan. Dengan begitu, ketebalan dari plester dan aci yang diterapkan akan bisa disesuaikan dengan ukuran tertentu.

Selain aluminium, di pasaran kita juga dapat menemukan jidar yang terbuat dari material kayu. Yang berbeda dengan bahan aluminium adalah bahan kayu tidak memiliki rongga atau tidak ber-hollow.

Toko biasanya menjual alat ini (khususnya yang berbahan aluminium) dengan satuan ukuran meter. Kamu bisa menyesuaikan seberapa panjang alat ini dengan kebutuhanmu. Makin tebal aluminium dari alat ini akan membuat harganya akan lebih tinggi.

Jidar berbahan aluminium

(Bukalapak)

Ukuran panjang, ukuran hollow, dan ketebalan dari alat ini akan mempengaruhi pemakaiannya dalam proses perataan plester atau aci dinding. Makin panjang alat ini akan membuat jangkauan perataannya makin luas. Hal tersebut juga berlaku untuk makin besarnya ukuran hollow.

Sementara itu, ketebalan akan mempengaruhi tingkat kelenturan dari alat ini. Semakin lentur jidar, maka proses perataan akan lebih sulit diratakan. Ada baiknya untuk membeli jidar aluminium dengan ukuran ketebalan yang lebih besar. Hal ini akan membuat penggunaan alat ini tidak terkendala dengan lenturnya bahan ketika proses penggosokan plester atau aci dilakukan.

Plester dan aci seringkali memiliki permukaan yang tidak rata. Maka dari itu, diperlukan permukaan jidar yang solid untuk menggosok bagian tersebut agar menjadi rata. Dengan aluminium yang bahannya terlalu tipis, hal tersebut mungkin akan sedikit merepotkan untuk dilakukan.

Kamu bisa memilih aluminium dengan ketebalan 2 milimeter apabila tertarik untuk membeli alat ini. Sementara itu, ukuran panjang dan ukuran hollow bisa disesuaikan dengan rata-rata ukuran bidang permukaan yang hendak dikerjakan.

Jidar berbahan kayu

(Shopee)

Berbeda dengan bahan aluminium, jidar berbahan kayu biasanya dilengkapi dengan bagian pegangan. Keberadaan bagian ini akan membantu ketika menggunakannya dalam proses penggosokan plester atau aci dinding.

Di pasaran, kita dapat menemukan alat ini dalam beberapa ukuran bidang permukaan serta ketebalannya. Makin luas bidang permukaan akan membuat jangkauan pengerjaan penggosokan makin besar. Sementara itu, makin tebal kayu akan membuat bobot dari alat ini makin berat. Akan tetapi, kita bobot juga dipengaruhi oleh jenis kayu yang digunakan sebagai bahan.

Selain bisa membelinya di toko, beberapa pekerja juga bisa membuat alat ini secara mandiri. Pastikan untuk menyediakan balok kayu panjang yang lurus. Lurusnya kayu akan menjadi salah satu faktor efektivitas jidar ketika nanti digunakan dalam proses penggosokan.

Bila berencana membelinya di toko, pastikan untuk memilih produk yang memiliki kayu lurus. Sesuaikan juga bidang kayu yang digunakan untuk penggosokan dengan area penggunaanya. Bentuk pegangan yang ergonomis juga akan sangat membantu penggunaan alat ini ketika melakukan penggosokan.

Fungsi perataan plester dan aci

(Mortar Tiga Roda)

Membuat rata suatu bidang plester dan dinding yang diaci merupakan salah satu bagian yang akan mempengaruhi hasil akhir. Meratanya sebuah bidang yang ditutupi dengan plester atau aci akan membuat permukaan tersebut terlihat lebih rapi. Selain itu, kita akan juga lebih mudah untuk melakukan proses finishing selanjutnya, misalkan pemasangan keramik atau pengecatan.

Dalam pemasangan keramik, meratanya suatu bidang yang menjadi area pengaplikasian termasuk hal yang vital. Tidak meratanya permukaan akan menyulitkan proses pemasangan keramik pada bidang tersebut. Apabila dipaksakan, akan terjadi perbedaan level antara keramik satu dengan keramik yang lain.

Sementara itu, apabila plester yang diaplikasikan untuk bidang jalan, maka area yang cenderung cekung (tidak merata level-nya) berpotensi untuk tergenang air ketika area tersebut dalam kondisi basah. Tentu saja jidar di sini hanya berfungsi untuk menjadi alat untuk meratakan bidang saja. Sementara itu, kita perlu untuk melakukan pengukuran level dengan menggunakan alat bantu lain, salah satunya adalah waterpass.

Penjelasan di atas merupakan akhir dari artikel yang membahas secara khusus mengenai jidar. Di pasaran, kamu bisa menemukan jidar yang terbuat dari bahan aluminium dan kayu. Untuk mana jidar yang paling baik untuk dibeli, ada baiknya kamu berdiskusi dengan pekerja yang akan melakukan pengerjaan.

Semoga penjelasan tadi membantu pencarianmu ya Pins. Sampai jumpa di artikel Glossary Pinhome.id selanjutnya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.