Kamus Istilah Properti

Termin

istilah properti

Termin

Termin adalah sebuah sistem pembayaran yang dilakukan dengan syarat barang atau jasa sudah diterima oleh pembeli. Cara bayar dengan sistem termin juga bisa disebut sebagai cicilan atau kredit karena skema pembayarannya dilakukan dengan beberapa tahapan.

Apa itu termin

Termin
(Koinworks)

Pada dasarnya sistem pembayaran secara termin bisa disebut sebagai cara bayar kredit. Kamu akan mendengar istilah termin 1, termin 2 dan selanjutnya. Sama dengan cara membayar sebuah produk atau jasa dengan mencicil, besaran pembayaran termin pun ditentukan sesuai kesepakatan. Namun, di beberapa transaksi nilai termin sudah ditentukan oleh penjual dan pihak pembeli hanya tinggal mengikuti saja.

Contoh transaksi yang bisa menggunakan sistem termin adalah saat kamu membangun atau merenovasi rumah sendiri. Kamu bisa menggunakan sistem termin saat membayar upah tenaga kuli bangunan yang membantu proyek renovasi rumah milikmu.

Transaksi termin dalam jual beli

Transaksi termin bisa digunakan untuk membayar transaksi barang seperti pembelian barang elektronik. Untuk transaksi jasa, biasanya penyelenggara kursus atau lembaga edukasi bisa menggunakan sistem pembayaran ini untuk meringankan beban siswa.

Di dunia properti lebih sering menggunakan istilah cicilan KPR/KPA. Hal yang membedakan adalah di sektor properti, uang DP atau down payment dibayarkan di muka sebagai uang muka. Begitu pula untuk transaksi cash bertahap. Pembayaran cash secara bertahap juga dilakukan dengan beberapa fase yang ditandai dengan uang muka.

Perbedaan termin dan uang muka

Termin
(Pajak Online)

Beberapa orang masih bingung untuk membedakan apa itu termin dan uang muka. Berikut ini ada beberapa hal yang membedakan antara termin dan juga pembayaran menggunakan uang muka.

Tanda jadi

Sistem pembayaran dengan DP biasanya akan menggunakan uang muka untuk tanda jadi di awal. Ini sebagai bentuk konfirmasi bahwa transaksi sudah terjadi. Pihak nasabah, konsumen atau pembeli akan membayarkan DP sejumlah yang ditentukan oleh pihak penyelenggara pinjaman.

Serah terima barang atau jasa

Biasanya untuk cara pembayaran termin, produk atau jasa sudah diterima oleh klien atau konsumen terlebih dahulu. Baru setelah itu konsumen akan melanjutkan cicilan pembayaran kepada penjual atau pemberi jasa. 

Sistem pembayaran DP berbeda dengan konsep di atas. Umumnya, bentuk cicilan seperti transaksi rumah mengharuskan pembayaran uang muka di depan sebelum terjadi serah terima barang atau rumah tersebut.

Fungsi termin

Termin
(Linov HR)

Termin mempunyai beberapa fungsi yang penting dalam transaksi jual beli. Sama seperti sistem pembayaran lain, termin mempunyai manfaat dalam proses pembelian atau penjualan sebuah barang.

Dokumen kerjasama yang resmi

Di dalam setiap transaksi diperlukan dokumen yang digunakan untuk bukti transaksi jual beli. Misalnya seperti kwitansi yang menyatakan lunas pada sebuah pembelian barang. Termin juga menjadi dokumen yang menandakan sebuah kerjasama telah dilakukan secara resmi dan diakui oleh kedua belah pihak yaitu pembeli dan penjual. 

Sebagai tanda bukti transaksi yang sah

Termin digunakan sebagai tanda bukti pembayaran yang sah. Sama seperti DP, termin mempunyai status yang sah. Setelah terjadi pembayaran biasanya pihak penjual akan mengeluarkan bukti pembayaran awal yang akan diberikan ke pihak pembeli barang atau jasa. Apabila terdapat sebuah kesalahpahaman di belakang, maka bukti tersebut bersifat resmi sebagai tanda jadi.

Keunggulan cara bayar dengan termin

Cara membayar dengan termin mempunyai keunggulan sendiri. Berikut ini beberapa keuntungan atau keunggulan termin.

Biaya lebih ringan

Untuk pengerjaan sebuah proyek yang besar dengan dana yang banyak atau produk dengan harga yang mahal, maka sistem bayar termin bisa meringankan kamu. Kamu akan merasa lebih ringan dengan sistem bayar termin karena dibagi menjadi beberapa fase pembayaran dengan jarak tertentu.

Ada waktu dalam mempersiapkan dana selanjutnya

Selanjutnya, keuntungan dari sistem pembayaran termin adalah kamu mempunyai waktu untuk melakukan persiapan. Persiapan yang dimaksud adalah menyiapkan dana untuk pembayaran selanjutnya. 

Waktu dan kualitas pekerjaan bisa dikontrol

Untuk pengerjaan suatu proyek besar kamu akan memerlukan pendanaan yang besar pula, misalnya merenovasi rumah. Kamu perlu menyiapkan dana yang besar agar bisa menyesuaikan dengan target yang ingin kamu capai. Namun, untuk memastikan setiap fase renovasi rumah berjalan dengan lancar dan baik, pembayaran per termin bisa mengontrol kualitas proyek. Misalnya di termin pertama kamu fokus untuk renovasi lantai, di termin kedua fokus untuk membenahi dinding, dan begitu seterusnya.

Penjual tetap bisa menjual barang dengan harga tinggi

Pihak penjual juga akan diuntungkan dengan sistem pembayaran termin. Pihak penjual yang mempunyai produk dengan harga mahal bisa menawarkan produk tersebut ke pelanggan atau konsumen. Konsumen pun akan merasa mudah karena memiliki beberapa opsi pembayaran yang menguntungkan mereka.

Skema ini akan sama-sama menguntungkan baik untuk penjual ataupun pembeli. Jadi tidak akan ada pihak yang merasa rugi dari proses transaksi dengan sistem termin.

Di dalam transaksi jual beli kamu bisa menggunakan banyak opsi pembayaran. Jika kamu bermaksud membangun atau merenovasi rumah, kamu bisa menggunakan cara bayar termin. Sistem pembayaran termin akan sangat menguntungkan kamu karena dapat membayar jasa kontraktor atau kuli proyek dengan cara bertahap.

Jadi, bagaimana Pins? Semoga informasi mengenai termin di atas bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kamu ya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.