Kamus Istilah Properti

Atap Alderon

istilah properti

Atap Alderon

Atap alderon adalah jenis atap yang terbuat dari uPVC dalam bentuk lembaran dan mempunyai tekstur bergelombang. 

Apa Itu Atap Alderon?

atap alderon
(Rumah Lia)

Pemilihan material dan jenis atap merupakan hal penting mengingat fungsi atap sebagai pelindung bangunan dan penghuni di dalamnya dari gangguan yang berasal dari luar. Salah satu jenis atap yang memiliki kualitas baik yaitu alderon. 

Atap alderon adalah jenis atap yang terbuat dari Unplasticized Polyvinyl Chloride atau UPVC dalam bentuk lembaran dan mempunyai tekstur bergelombang. Tak hanya kualitasnya baik, atap ini termasuk mudah diaplikasikan di bangunan tempat tinggal.

Dari sisi tampilan, atap alderon juga terlihat simple tetapi menarik sehingga sangat cocok diaplikasikan pada rumah modern minimalis. 

Jenis Atap Alderon

atap alderon
(Alderon)

Atap alderon terdiri dari dua jenis yang memiliki spesifikasi dan kelebihan yang berbeda. Berikut ini penjelasannya: 

Alderon Thinwall Corrugated

Bentuk bergelombang dan berongga yang dibekali lapisan double layer menjadi karakteristik tipe Alderon Thinwall Corrugated. Pins tak perlu mengkhawatirkan daya tahan dari jenis ini karena materialnya telah dilapisi formula pelindung sinar UV.

Berikut ini beberapa karakteristik dari Alderon Thinwall Corrugated

  • Berkat lapisan pelindung sinar UV, atap ini terbukti mampu menghadapi adanya perubahan cuaca yang tidak menentu seperti teriknya sinar matahari serta air hujan yang deras. Alhasil,Alderon Thinwall Corrugated bisa dipakai dalam waktu yang lama.
  • Diklaim sanggup menopang beban hingga 540 kg berkat strukturnya yang berongga sehingga semakin kaku dan kokoh.

Alderon RS Single Wall Corrugated

Berbeda dengan Thinwall, jenis Single Wall Corrugated berbentuk bergelombang tetapi tidak berongga. Hal ini karena bahan yang digunakan berupa UPVC single layer dengan karakter sedikit tebal. 

Meski hanya satu lapis, kekuatan jenis alderon juga tidak berbeda jauh. Berikut ini beberapa karakteristik dari alderon Single Wall Corrugated

Dari sisi konstruksi, Single Wall Corrugated dibuat dengan fisik yang jauh lebih ringan sehingga masih tidak bisa ditembus oleh sinar matahari. 

  • Mudah dibentuk karena bentuknya yang sedikit lebih tipis.
  • Lebih fleksibel dari sisi fungsi karena selain digunakan sebagai atap, jenis ini juga bisa dipakai untuk dinding atau partisi ruangan.  

Kelebihan Atap Alderon

atap alderon
(Bildeco)

Atap alderon adalah jenis premium yang memiliki kelebihan dan kualitas di atas beberapa jenis atap lainnya. Berikut ini beberapa keunggulan atap alderon: 

Sangat Kuat dan Kokoh 

Struktur rongga alderon yang padat menjadi salah satu alasan mengapa atap ini memiliki karakteristik yang kuat dan kokoh. Hal ini karena alderon dibuat dengan formula yang unik.

Bahkan, atap ini sangat kuat sekalipun terkena benturan. Melalui sejumlah riset dan pengetesan mengklaim bahwa alderon merupakan jenis atap yang kuat karena mampu untuk menahan beban hingga 540 kg. 

Mudah Dipotong 

Dalam proses pemasangannya, alderon mudah untuk dipotong dan tidak memerlukan alat khusus. Pins hanya perlu menyiapkan jigsaw biasa memasangnya. 

Baik varian Single Wall maupun Thinwall, keduanya sama-sama mudah dipotong. Selain itu, karakteristiknya juga mudah dibentuk, terutama varian Single Wall.  

Peredam Panas yang Baik 

Jenis atap ini telah dilapisi oleh lapisan insulasi di bawah atap. Tujuannya dapat mencegah panas alami yang masuk kedalam ruangan dengan sangat baik. Kemudian, adanya rongga udara yang dirancang secara khusus pada struktur atap ini memiliki sifat penghantar panas yang rendah.

Alhasil, kedua kombinasi mampu membuat ruangan tetap sejuk dan nyaman, serta membantu menstabilkan temperatur di ruangan. Biaya listrik pun dapat ditekan. 

Memiliki Kemampuan Meredam Suara

Selain itu, rongga udara Alderon juga dapat membantu mengurangi suara dari luar, terutama ketika hujan deras.

Berdasarkan tes laboratorium, atap dengan ketebalan 10 mm dapat mengurangi suara yang masuk hingga 27% (ASTM E90). 

Mengurangi Korosi dan Karat

Kelebihan alderon berikutnya yaitu tidak bisa berkarat dan tidak mengalami korosi. Penyebabnya karena ketahanan material atap ini lebih baik terhadap lingkungan yang ekstrim dan bisa memicu reaksi korosif. 

Desain atap ini juga tahan terhadap pengaruh bahan kimia dan polusi industri, zat asam, alkali, solvent organic, minyak, dan pelumas lainnya. 

Bersifat Non-Combustible Alias Tidak Mudah Terbakar

Kedua jenis alderon memiliki sifat non-combustible yang artinya tidak mudah terbakar ketika terkena api. Jika terdapat api yang mengenai atap, maka tidak akan menyulut dan menjadikan api menjadi lebih besar. 

Tak hanya itu, proses memadamkan pin akan menjadi lebih mudah dan cepat. 

Biaya Perawatan Lebih Ringan 

Alderon memiliki ketahanan terhadap perubahan cuaca yang baik sehingga tidak mudah rapuh maupun berubah warna sehingga perawatannya menjadi jauh lebih ringan.

Untuk membersihkan alderon, Pins hanya perlu menyemprotkan air pada permukaan yang kotor. Pins tak perlu menambah perawatan khusus lainnya. Jenis atap ini juga bergaransi selama 15 tahun.

Lebih Ramah Lingkungan 

Terakhir, alderon juga sangat ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan aditif pembuat plastik. Material UPVC sebagai material alderon dikenal lebih kaku dan kokoh dibandingkan dengan PVC biasa pada umumnya.

Atap ini sangat ramah lingkungan karena tidak dibuat menggunakan bahan adiktif pembuat plastik.

Kekurangan Atap Alderon

(Desain Rumah Minimalis)

Selain itu, ada beberapa kekurangan dari jenis atap alderon, diantaranya: 

Pilihan Warna Terbatas

Jika Pins menginginkan permainan warna atap yang mendukung desain rumah, maka jenis atap tidak cocok untukmu. Sebab hingga saat ini, varian yang ditawarkan masih terbatas pada warna putih dan biru saja. 

Agar tidak bertabrakan dan mengganggu desain rumah secara keseluruhan Pins harus menyesuaikan warna atap tersebut dengan warna cat tembok rumah. 

Lantaran Premium, Maka Harganya Mahal

Dari sisi harga, bagi sebagian orang atap alderon dikenal mahal. Tentu karena banyaknya kelebihan dari jenis ini. Material uPVC membuat harga atap ini menjadi lebih mahal. Tapi dari sisi kualitas, Pins tidak perlu meragukan atap alderon. 

Pins bisa menemukan alderon di toko material dengan pembelian di atas 1 meter. Adapun harga alderon adalah berkisar Rp472 ribuan per lembar untuk ukuran 3 meter. Sementara harga atap alderon 4 meter per lembar sekitar Rp800 ribuan. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.