Info Area

20 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib untuk Dikunjungi

Sebagai salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia, Yogyakarta memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya di pusat kota, terdapat berbagai tempat wisata yang bisa kamu kunjungi seperti di Kulon Progo.

Kulon Progo merupakan wilayah di Yogyakarta yang kini semakin dikenal karena adanya Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Saat berada di daerah ini, kamu bisa berkunjung ke banyak tempat wisata menarik, loh! Berikut ini rekomendasinya.

Kebun Teh Nglinggo

tempat wisata kulon progo
(Dinpar Kulon Progo)

Kebun teh merupakan tempat wisata yang cukup populer di Indonesia. Di Kulon Progo, kamu juga bisa menemukannya yaitu Kebun Teh Nglinggo. Tempat ini tidak terlalu besar namun tetap memiliki pemandangan alam yang menarik.

Kalibiru

(Liputan 6)

Kalibiru merupakan tempat wisata terkenal yang berada di Kulon Progo. Tempat ini memiliki banyak spot menarik untuk berfoto. Kamu pun bisa mendapatkan gambar dengan latar belakang alam yang cantik.

Pantai Glagah

tempat wisata kulon progo
(Piknik Wisata)

Tidak hanya wisata alam perbukitan, Kulon Progo juga memiliki pantai yang menarik untuk dikunjungi, seperti Pantai Glagah. Tempat ini memiliki spot pemecah ombak yang ikonik. Tidak hanya itu, di dekat pantai kamu juga bisa mengunjungi kebun bunga matahari.

Air Terjun Kembang Soka

(Piknik Asik)

Tempat wisata menarik berikutnya di Kulon Progo yaitu Air Terjun Kembang Soka. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan sehingga alirannya unik. Di tempat ini, kamu juga tidak perlu takut kelaparan karena terdapat warung makan.

Goa Kebon

tempat wisata kulon progo
(Liputan 6)

Goa Kebon berlokasi di Krembangan, Panjatan. Tempat ini memiliki air terjun yang jernih dan segar. Bahkan, airnya pun diklaim tidak akan kering meski musim kemarau. Terdapat juga batu stalaktit dan stalakmit yang cantik untuk berfoto.

Rafting Kalibawang

(Dinpar Kulon Progo)

Bagi kamu yang suka dengan olahraga ekstrim, bisa mencoba untuk mengikuti rafting di Kecamatan Kalibawang. Derasnya air sungai merupakan tantangan yang akan memacu adrenalin. Tak perlu khawatir, karena kamu akan didampingi oleh pemandu.

Waduk Sermo

tempat wisata kulon progo
(Antareja Tour Jogja)

Waduk Sermo yang berada dekat dengan Kalibiru juga merupakan tempat wisata lainnya di Kulon Progo. Tempat ini merupakan tandon air untuk mengairi sawah sekitar. Tempat ini semakin menarik karena adanya spot berfoto serta rakit tradisional dari bambu.

Gunung Ijo

(Promo Liburan)

Tertarik untuk mendaki gunung? Kamu bisa mencoba untuk menaiki Gunung Ijo dengan ketinggian 1.000 mdpl yang berada di Kecamatan Kokap. Gunung ini merupakan puncak tertinggi dari area Perbukitan Menoreh sehingga kamu akan disambut oleh cantiknya pemandangan alam.

Puncak Suroloyo

(NiagaTour)

Puncak Suroloyo juga menjadi tempat yang cocok jika kamu ingin menikmati pemandangan dari ketinggian. Kamu bisa mendapatkan view berupa Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu. Bahkan, jika beruntung, kamu juga bisa melihat Candi Borobudur dari atas puncak ini.

Goa Kiskendo

tempat wisata kulon progo
(Tribun Jogja)

Goa Kiskendo juga bisa kamu kunjungi ketika mencari tempat wisata di Kulon Progo. Seperti goa pada umumnya, kamu bisa melihat stalaktit dan stalakmit yang berada di dalam goa. Jika tertarik, kamu bisa mendatanginya di Desa Jatimulyo, Girimulyo.

Kedung Pedut

(Garasi Jogja)

Berada di desa yang sama dengan Goa Kiskendo, kamu bisa berkunjung ke wisata Kedung Pedut. Tempat ini merupakan destinasi berupa air terjun dan kedung yang cantik. Airnya jernih dan kebiruan, sangat cocok untuk mengambil foto bawah air.

Air Terjun Sidoharjo

tempat wisata kulon progo
(Kartanesia Tour)

Di Kecamatan Samigaluh, kamu bisa berkunjung ke Air Terjun Sidoharjo. Air terjun ini merupakan yang tertinggi di Kulon Progo yaitu 75 meter. Ketinggian ini membuat percikan air terlihat seperti awan. Saat cerah, kamu juga bisa melihat bias pelangi yang cantik.

Air Terjun Grojogan Sewu

(Alodia Tour)

Kulon Progo memiliki wisata air terjun menarik lainnya yaitu Air Terjun Grojogan Sewu. Tempat ini terdiri dari banyak air terjun sehingga dinamai grojogan sewu. Hal ini membuat Air Terjun Grojogan Sewu sangat cantik dan airnya jernih.

Pantai Trisik

tempat wisata kulon progo
(Pantainesia)

Salah satu daya tarik utama dari Pantai Trisik yaitu adanya kawanan Penyu yang bisa kamu lihat di pinggir pantai. Kamu juga bisa mengunjungi Balai Konservasi Penyu di pantai ini sekaligus berbagai spesies burung.

Wildlife Rescue Center

(Warga Jogja)

Jika ingin berwisata sekaligus edukasi, kamu bisa berkunjung ke Wildlife Rescue Center yang berada di Kecamatan Pengasih. Kamu bisa melihat berbagai hewan liar dan juga langka di sini. Cocok sebagai tempat edukasi bagi anak.

Puncak Widosari

(Kompas)

Tempat lainnya yang bisa kamu kunjungi jika ingin menikmati alam dari ketinggian yaitu Puncak Widosari. Tempat ini merupakan lokasi yang pas untuk berburu sunrise atau sunset. Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Goa Sriti

tempat wisata kulon progo
(Alodia Tour)

Goa Sriti merupakan tempat yang memiliki sejarah. Tempat ini dulunya digunakan oleh Pangeran Diponegoro untuk mengasingkan diri dan bertapa. Jika tertarik, kamu bisa mendatanginya di Dusun Dukuh, Purwoharjo, Samigaluh.

Pantai Congot

(mytrip123)

Tempat wisata berikutnya yang bisa kamu kunjungi di Kulon Progo yaitu Pantai Congot. Pantai ini memiliki hutan bakau dan deretan pohon kelapa di pinggir pantai. Selain itu, terdapat juga berbagai spot yang cocok untuk berfoto.

Embung Banjaroya

tempat wisata kulon progo
(piknikdong)

Di daerah Banjaroya, Kalibawang, kamu bisa mengunjungi salah satu destinasi wisata menarik lainnya yaitu Embung Banjaroya. Embung yang berarti waduk ini bisa kamu kunjungi bersama keluarga.

Hutan Pinus Girimulyo

(Twitter)

Tidak hanya hutan bakau di Pantai Congot, kamu juga bisa mengunjungi hutan lainnya di Kulon Progo yaitu Hutan Pinus Girimulyo. Tempat ini merupakan wisata alam yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Kulon Progo.

Kulon Progo memiliki banyak tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Tempat mana yang ingin kamu kunjungi, Pins?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.