Info Area

Yogyakarta

Yogyakarta

Kota Yogyakarta atau dalam Bahasa Jawa dilafalkan dengan Kutha Ngayogyakarta adalah ibu kota sekaligus pusat pemerintahan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kota Yogyakarta dikenal sebagai salah satu wilayah yang masih kental dengan budaya tradisional Jawa. Di kota ini terdapat kesultanan serta kediaman Sultan Hamengkubuwono dan Adipati Paku Alam. 

Beberapa sumber menyebut bahwa Kota Yogyakarta ialah salah satu kota terbesar di Indonesia. Rincinya, Yogya adalah kota terbesar keempat di wilayah Pulau Jawa. Menurut sejarah, pada tahun 1946 Kota Yogyakarta pernah menjadi ibu kota Republik Indonesia. Selain itu, salah satu kecamatan di Yogyakarta, yaitu Kotagede pun pernah menjadi pusat Kesultanan Mataram, sekitar tahun 1575-1640. 

Dewasa ini, Kota Yogyakarta kerap menjadi buruan investor properti untuk membeli rumah atau tanah. Baik untuk disewakan maupun rumah tinggal saat hari tua. Jika dibandingkan dengan DKI Jakarta, harga tanah dan properti di Yogyakarta lebih terjangkau. Selain itu, kotanya juga membudayakan sehingga menarik minat para investor. 

Jika kamu juga salah satunya, maka penting untuk mengetahui fasilitas umum di Yogyakarta. Sebagai gambaran, berikut diuraikan fasilitas umum di Kota Yogyakarta, lengkap dari rumah sakit hingga sekolahnya. 

Populasi415.509 jiwa 
Luas Wilayah32,5 km2
Plat kendaraanAB

 

Fasilitas Umum di Yogyakarta