Info Area

12 Toko Oleh-oleh Khas Jogja Terlengkap dengan Harga Terjangkau!

Yogyakarta merupakan kota yang merupakan salah satu tujuan wisata populer di Indonesia. Kota ini memiliki berbagai destinasi wisata menarik seperti wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, dan lain sebagainya. Ketika berkunjung ke kota ini, tentunya tidak ketinggalan banyak orang yang berkunjung ke toko oleh-oleh khas Jogja.

Ada banyak toko oleh-oleh yang bisa kamu temukan di kota ini. Jenis buah tangan yang tersedia pun cukup beragam baik itu makanan, aksesoris, kain batik, dan lain sebagainya. Lokasinya pun tersebar di berbagai lokasi. Yuk, cek rekomendasi pusat oleh-oleh di Yogyakarta di bawah ini!

Baca Juga:

Toko Oleh-oleh Bu Tini

toko oleh-oleh jogja
(Foursquare)

Pilihan pertama untuk mencari tempat oleh oleh khas Jogja yaitu Toko Oleh-oleh Bu Tini. Toko ini berada di lokasi yang strategis yaitu di dekat kawasan Malioboro yang banyak dikunjungi wisatawan. Di sini, kamu bisa membeli berbagai jenis oleh-oleh seperti bakpia, wingko, tangko, camilan kering, dan lain sebagainya. Selain itu, harga produk yang dijual pun cukup terjangkau.

Ada juga Yangko. Makanan adopsi dari jepang ini dibuat dengan bahan dasar tepung ketan dibentuk kotak kecil – kecil di selimuti oleh tepung terigu. Sensasi rasa kenyal dan rasa manis perpadu di mulut. Untuk menambah selera yangko diberi perwarna makanan warna  warni yang cantik.

Yangko tidak kalah enaknya dengan oleh – oleh khas Jogja lainnya. Umumnya satu kotak yangko terdiri dari 30 yang memiliki varian rasa yang berbeda – beda. yangko dapat ditemui di berbagai pusat oleh – oleh di Jogja.

Hamzah Batik

(wisatakeyogyakarta)

Kurang afdol rasa jika berkunjung ke Jogja tidak membeli barang yang satu ini. Kota yang memiliki sentra batik yang banyak, menjadi ikonik bagi Kota Jogja. Beragamaneka ragam corak dan motif batik tentunya menjadi kebanggaan kota ini.

Menjadi barang paling banyak digemari wisatawan, jelas menjadi oleh – oleh favorit yang tak habis dimakan waktu. Tentunya dengan menyediakan dari harga yang murah hingga harga mewah. Banyak pusat – pusat cinderamata yang menyuguhkan keindahaan kain batik.

Salah satu toko oleh-oleh Jogja yang sudah terkenal yaitu Hamzah Batik. Toko ini menjual aneka oleh-oleh seperti batik, aksesoris, pakaian tradisional, perabotan, dan lain sebagainya. Toko ini cukup luas dan terdiri dari 3 lantai. Di setiap lantai, kamu akan menemukan jenis oleh-oleh yang berbeda-beda.

Hamzah Batik terletak di Jalan Margo Mulyo No. 9, Ngupasan, Gondomanan. Kamu bisa mengunjunginya setiap hari dari pukul 8 pagi sampai 9 malam.

Cokelat Monggo

toko oleh-oleh jogja
(smartmama)

Tempat oleh-oleh di Jogja lainnya yang bisa kamu kunjungi yaitu Cokelat Monggo. Toko ini merupakan pabrik sekaligus toko yang menjual aneka macam cokelat. Ada banyak variasi cokelat yang bisa kamu beli seperti dark chocolate, milk chocolate, sea salt, salty caramel, rosella pink, dan lain sebagainya. Kamu bisa membelinya secara satuan atau dalam bentuk paket hampers.

Cokelat Monggi bisa kamu kunjungi di Jalan Dalem KG III No. 978, Purbayan, Kotagede setiap hari dari jam 9 pagi sampai 5 sore.

Bakpia Kurnia Sari

(Bakpia Jogja Online)

Bakpia merupakan snack khas Jogja yang cocok dipilih sebagai oleh-oleh. Di Yogyakarta sendiri, ada beberapa pusat oleh-oleh terbesar di Jogja yang khusus menjual jajanan ini, salah satunya yaitu Bakpia Kurnia Sari. Bakpia yang dijual di toko ini memiliki cita rasa juara dengan pilihan varian yang beragam seperti kacang hijau, keju, kumbu hitam, cokelat, dan lain-lain.

Outlet Bakpia Kurnia Sari tersebar di berbagai sudut Yogyakarta. Salah satu tokonya berada di Jalan Glagahsari No. 91, Warungboto, Umbulharjo.

Gudeg Yu Djum Wijilan 167

(hargamenu)

Sesuai dengan julukan, gudheg merupakan salah satu makanan khas Kota Jogja dan bisa ditemukan adi tempat oleh-oleh Yogyakarta. Masakan dengan bahan dasar nangka muda (gori) yang diolah bersama bumbu rempah – rempah tradisional khas Jogja memiliki rasa gurih bercampur manis yang sedap, tentunya akan mengoyang lidah.

Hampir disemua rumah makan yang tersebar di kota ini menjadi gudheg sebagai menu andalan dengan harga yang terjangkau. Banyak rumah makan atau restoran menyediakan dua jenis gudheg yakni gudheg berkuah dan gudheg kering yang lebih banyak dipilih wisatawan untuk dijadikan oleh – oleh karena lebih mudah untuk dikemas serta praktis.

Gudeg sebagai kuliner khas Yogyakarta yang cocok kamu jadikan sebagai oleh-oleh yaitu Gudeg. Kamu bisa membeli gudeg di salah satu restoran terkenal yaitu Gudeg Yu Djum Wijilan 167. Restoran ini menyediakan berbagai menu makanan dan gudeg merupakan makanan andalannya. Gudeg yang dijual pun berjenis kering sehingga cocok untuk dibungkus sebagai oleh-oleh.

Selain gudeg, kamu juga bisa mencicipi oseng-oseng mercon. Saking populernya masakan ini, lantas menjadi kuliner yang wajib dicoba kalau sedang berkunjung ke Jogja. Kata merconnya sendiri diambil sebagai gambaran kalau rasa pedas dari masakan ini sanggup membuat mulut meledak dan sepertinya nama ini memang cocok untuk kuliner oseng-oseng ini.

Oseng-oseng mercon terbuat dari campuran daging sapi, kikil, kulit dan lemak yang dibumbui dengan cabai rawit lombok setan. Rasa pedas dari cabai rawit inilah yang menjadi daya tarik oseng mercon jogja. Pastinya kamu yang pecinta pedas jadi tertantang untuk mencoba bukan?

Kamu dapat mengunjungi Gudeg Yu Djum Wijilan 167 di Jalan Wijilan No. 167, Panembahan, Kraton.

Yogyatorium Dagadu Djokdja

toko oleh-oleh jogja
(TripAdvisor)

Oleh-oleh yang bisa kamu beli di Jogja sangatlah beragam, di antaranya yaitu kaos. Bagi kamu penggemar kaos tentunya sudah tidak asing lagi dengan merek Dagadu yang merupakan souvenir khas Yogyakarta. Selain kaos, kamu juga bisa membeli oleh-oleh jenis lain seperti gantungan kunci, sandal, jaket, buku, dompet, dan lain sebagainya.

Jika tertarik, kamu bisa mengunjungi Yogyatorium Dagadu Djokdja yang merupakan pusat oleh-oleh di Jogja khusus menjual produk resmi Dagadu yang ada di Jalan Gedongkuning No. 128, Rejowinangun, Kotagede.

Toko Djoen

(Phinemo)

Toko oleh-oleh khas Jogja berrikutnya adalah Toko Djoen. Bagi kamu penggemar roti dan camilan, bisa membeli oleh-oleh di Toko Djoen. Toko ini merupakan salah satu toko roti legendaris di Yogyakarta karena kabarnya sudah berdiri sejak zaman penjajahan. Di toko ini, kamu bisa membeli berbagai jenis roti seperti roti nanas, roti kacang, roti tawar, roti pisang, camilan kering, dan lain sebagainya. Kamu juga tidak perlu khawatir karena harganya terjangkau.

Tertarik berburu roti di Toko Djoen? Kamu bisa mengunjunginya di Jalan Margo Mulyo No. 78, Ngupasan, Gondomanan.

Bakpia Pathok 25

toko oleh-oleh jogja
(ksmtour)

Bakpia merupakan kue yang berasal dari warga keturunan Tionghoa. Bakpia dengan tekstur kulit renyah tapi tidak keras, memiliki rasa legit dari kacangijo yang merupakan rasa original dari bakpia. Seiring berjalannya waktu banyak produsen bakpia lebih mengemas dengan inovatif, menghadirkan berbagai varian rasa seperti coklat, keju, hingga durian.

Buah tangan ini cocok menjadi camilan bersama keluarga. Bakpia Pathok 25 merupakan salah satu toko di Jogja yang populer dan banyak dicari oleh wisatawan. Toko ini sudah melegenda dan menjadi favorit tempat beli oleh oleh di Jogja banyak orang.

Di sini, kamu bisa membeli bakpia berbagai jenis seperti original, keju, ubi ungu, kacang merah, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat juga oleh-oleh khas lainnya seperti yangko dan geplak.

Bakpia Pathok 25 sendiri sudah memiliki beberapa cabang di Yogyakarta. Salah satunya yaitu di Jalan AIP KS Tubun, Desa Pathok.

Pasar Beringharjo

(Tempo.co)

Ingin berburu oleh-oleh khas Jogja dengan harga terjangkau? Mendatangi Pasar Beringharjo merupakan jawabannya. Terdapat banyak toko yang menjual berbagai oleh-oleh khas Jogja di pasar ini. Jenis oleh-oleh yang ada pun beragam seperti batik, kerajinan, makanan, sampai barang antik. Pokoknya pasar Beringharjo adalah salah satu surga oleh-oleh di Jogja

Selain pakaian, kamu juga bisa mencari Geplak. Oleh – oleh satu ini terbuat dari parutan kelapa dan gula jawa atau gula pasir, mempunyai rasa yang sangat manis serta dengan berwarna – warni cantik. Sebenarnya geplak yang berwarna –warni merupakan hasil modifikasi baru, sedangkan geplak original berwarna putih yang berasal dari gula pasir serta geplak coklat berasal dari gula jawa.

Buah-buahan juga ada, kamu bisa menemukan salak pondoh yang khas di sini. Buah yang berasal dari sekitar Gunung Berapi, memiliki tekstur, rasa, hingga warna berbeda dari buah salak lainnya.

Dengan rasa manis tanpa ada rasa asam sedikit pun mempunyai tekstur isi daging yang tebal serta berwarna putih bersih. Daerah Magelang, Muntilan, dan Sleman dimanfaatkan untuk membudidayakan salak. Sebab rasanya manis serta nikmat tentunya sayang untuk dilewatkan.

Barang yang dijual di Pasar Beringharjo tentunya terjangkau dan bisa kamu tawar. Lokasi pasar ini yaitu di Jalan Margo Mulyo No. 16, Ngupasan.

Pusat Kerajinan Perak Kota Gede

(Jamela Tour)

Tidak hanya batik, bakpia, dan gudeg saja yang bisa kamu pilih sebagai oleh-oleh. Salah satu kecamatan di Yogyakarta memproduksi kerajinan perak yang tentunya cocok kamu pilih sebagai oleh-oleh. Kotagede merupakan pusat kerajinan yang mengolah perak menjadi berbagai jenis seperti perhiasan. Harganya pun beragam tergantung toko dan barang yang dipilih.

Keunikan kerajinan perak asal Jogja memang tidak ada duanya, sentra kerajinan perak berada di Kota Perak Kotagede yang terletak 5 km dari pusat Kota Jogja. Berbagai kerajinan yang berasal dari perak dengan  segala keunikan dan keindahaan ada disini, hal ini yang meningkatkan daya tarik wisatawan untuk mengujungi Kota Jogjakarta.

Di Kotagede kalian akan melihat kerajinan perak dengan beragam bentuk dan corak mulai dari pernak pernik, perhiasan, patung, hingga miniature. Jangan khawatir tentang harga pastinya bersahabat  dengan kantong. Sentra kerajinan perak di Kotagede ini sudah ada sejak zaman kerajaan mataram.

Gerabah Kasongan

toko oleh-oleh jogja
(1001 Indonesia)

Tidak hanya terkenal dengan kerajinan peraknya, Kota Jogja juga memiliki kerajinan yang lainnya. Yaitu kerajinan Gerabah Kasongan, berasal dari tanah liat yang dibuat menjadi berbagai bentuk gerabah seperti vas, kendi, serta hiasan rumah lainnya.

Di tempat ini, kamu akan menemukan berbagai jenis kerajinan dari tanah liat. Ketika datang ke Desa Wisata Kasongan, kamu tidak hanya bisa membeli produknya.

Di Desa Kasongan, Kasihan, Bantul pengunjung juga dapat melihat proses pembuatan kerajinan tanah liat ini. Oleh – oleh yang memiliki kesan etnik serta tahan lama dan anti basi tentunya bisa masuk dalam list untuk dibeli sebagai hiasan yang mempercantik rumah.

Malioboro

(Liputan 6)

Malioboro merupakan kawasan wisata terkenal yang ada di Yogyakarta. Kawasan ini berada di Jalan Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen. Kamu bisa berjalan menikmati suasana Yogyakarta di kawasan ini. Selain itu, terdapat juga berbagai toko oleh-oleh Jogja di jalan ini. Kamu bisa berwisata sekaligus membeli oleh-oleh ketika berkunjung ke kawasan ini.

Itulah rekomendasi beberapa toko oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi di Jogja. Toko tersebut menyediakan berbagai jenis oleh-oleh mulai dari kuliner, pakaian, aksesoris, dan kerajinan. Toko mana yang mau kamu kunjungi, Pins?

Baca Juga : Gudeg Mercon Bu Tinah Jogja


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.