Info Area

Balangan

Kalimantan Selatan

Balangan

Balangan merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang pusat pemerintahannya berada di Kecamatan Paringin. Daerah ini termasuk sebagai wilayah yang masih muda karena baru ditetapkan sebagai kabupaten pada tahun 2003 lalu berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2003 tanggal 25 Februari 2003. Kabupaten ini dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Hulu Sungai Utara dan sekarang telah berdiri sebagai daerah sendiri.

 

Kabupaten Balangan termasuk sebagai daerah yang memiliki banyak potensi untuk peningkatan ekonomi. Daerah ini memiliki area tanah yang subur untuk ditumbuhi berbagai jenis tanaman seperti kacang, padi, jagung, pisang, dan lain sebagainya. Di bidang perikanan pun, daerah ini memiliki aliran sungai dengan potensi sumber daya seperti ikan patin, mas, dan nila. Pada bidang pertambangan pun, kabupaten ini memiliki potensi karena adanya marmer, kaolin, emas, batu gamping, batu bara, dan lainnya.

 

Di sisi pariwisata, Kabupaten Balangan juga memiliki potensi yang tinggi. Berbagai jenis destinasi wisata bisa ditemukan di daerah ini baik itu objek wisata alam, objek wisata religius, objek wisata sejarah, objek wisata budaya, dan upacara adat. Berbagai potensi wisata ini tentu dapat menunjang perekonomian di sekitarnya. Pariwisata yang maju bisa mempengaruhi berbagai sektor lainnya sehingga ekonomi daerah lebih bangkit.

 

Memiliki properti di Kabupaten Balangan bisa memberikan berbagai keuntungan. Daerah yang memiliki berbagai potensi sumber daya maupun pariwisata tentu dapat menjadi sebuah daya tarik penambah nilai properti. Tak hanya itu, kabupaten ini pun memiliki potensi untuk menjadi daerah persinggahan. Hal ini memungkinkan melihat daerahnya yang dilintasi oleh lintas trans Kalimantan yang memungkinkan pelancong dari Banjarmasin ke arah Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah untuk singgah.

 

Populasi132.103 (2020)
Luas Wilayah1.878,00 km2
Plat KendaraanDA

Fasilitas Umum di Balangan