Info Area

10 Pasar di Jogja yang Lengkap dan Unik, Tempat Tepat untuk Belanja

Ketika berada di Jogja, ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Selain mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada, kamu juga bisa datang ke berbagai pasar yang ada di Jogja. Pusat perbelanjaan di kota ini sangat beragam dan cocok dikunjungi baik itu untuk membeli kebutuhan sehari-hari atau oleh-oleh.

Beberapa pasar yang ada di kota ini juga memiliki ciri khas masing-masing. Kamu bisa menemukan tempat belanja yang menyediakan barang-barang tertentu. Selain itu, terdapat juga pasar yang hanya diadakan di waktu-waktu tertentu. Tertarik untuk mengunjungi pasar-pasar menarik ini? Yuk, cari tahu daftar pasar di Jogja berikut ini!

Pasar Beringharjo

pasar di jogja
(Tempo.co)

Bagi para wisatawan, berkunjung ke Pasar Beringharjo merupakan salah satu kegiatan wajib yang bisa dilakukan. Pasar yang terletak di pusat keramaian Kota Yogyakarta ini merupakan tempat yang bisa kamu kunjungi jika ingin berbelanja. Di sini, kamu bisa berbelanja dengan puas karena isinya lengkap mulai dari pakaian batik, bakpia, kerajinan, semuanya ada, Pins!

Meskipun berada di daerah wisata, kamu tidak perlu khawatir masalah harga. Barang-barang yang dijual di Pasar Beringharjo memiliki harga yang terjangkau dan bahkan bisa ditawar. Lebih dari itu, pasar ini memiliki waktu operasional yang panjang yaitu dari jam 4 pagi sampai 9 malam.

Pasar Pasty Satwa dan Tanaman Hias

(Travel – Tempo.co)

Tidak hanya pasar untuk belanja oleh-oleh, terdapat pasar khusus untuk satwa dan tanaman hias di Jogja yaitu Pasar Pasty. Sesuai namanya, Pasar Pasty Satwa dan Tanaman hias merupakan pusat jual beli berbagai satwa dan tanaman yang legal diperjualbelikan. Tempat ini merupakan lokasi yang tepat jika kamu ingin mencari hewan peliharaan atau tanaman hias.

Pasar Pasty Satwa dan Tanaman Hias pun berada tidak terlalu jauh dari pusat wisata di Yogyakarta. Lokasi tepatnya yaitu di Jalan Bantul KM 1 No. 141, Gedongkiwo, Mantrijeron. Pasar ini buka dari jam 7 pagi sampai 5 sore.

Pasar Malam Sekaten

pasar di jogja
(Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta)

Di Yogyakarta, ada beberapa pasar yang buka pada waktu-waktu tertentu saja, salah satunya yaitu Pasar Malam Sekaten. Pasar ini diadakan sebagai salah satu rangkaian perayaan Sekaten di Yogyakarta untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kamu tidak hanya bisa berbelanja di pasar ini. Kamu bisa mencoba berbagai wahana permainan seru yang tersedia.

Pasar Malam Sekaten juga bisa menjadi tempat yang tepat jika kamu ingin berburu kuliner. Ada banyak jajanan yang dapat kamu coba di tempat ini. Sayangnya, pasar ini tidak selalu ada karena penyelenggaraannya menyesuaikan dengan perayaan Sekaten.

Pasar Seni Gabusan

(MerahPutih)

Bagi kamu yang ingin mencari barang-barang bernilai seni, bisa datang ke Pasar Seni Gabusan. Ada banyak kerajinan yang bisa kamu temukan di sini seperti hiasan kamar, patung, topeng, dan lain sebagainya. Cocok jika kamu ingin berbelanja barang seni untuk oleh-oleh.

Saat berada di Pasar Seni Gabusan, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan lain. Pada waktu-waktu tertentu, kamu bisa melihat pameran seni dan festival. Selain itu, terdapat juga berbagai tempat makan menarik yang bisa kamu coba di sekitar pasar ini.

Pasar Klitikan

(inibaru.id)

Pasar unik lainnya yang bisa kamu kunjungi di Jogja yaitu Pasar Klitikan. Pasar ini memiliki reputasi tersendiri, karena pengunjung terkadang menemukan barang hilang miliknya dijual kembali di Pasar Klitikan. Meskipun begitu, reputasi pasar ini kini sudah semakin membaik. Terlebih, dengan penataan ruangan dan kiosnya yang semakin rapi dan modern.

Pasar Klitikan bisa menjadi tujuan belanja yang tepat jika kamu ingin mencari barang-barang dengan harga miring. Berbagai barang di tempat ini biasanya dijual dengan harga yang cukup murah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menemukan “harta karun” seperti buku langka dan barang vintage di sini, loh!

Pasar Senthir

pasar di jogja
(Asmara in Jogja)

Di area parkir Pasar Beringharjo, kamu bisa menemukan tempat belanja lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Pasar Senthir. Pedagang di pasar ini akan menggelar dagangannya di atas tikar. Penerangan di tempat ini pun hanya menggunakan lampu senthir yang menjadi dasar penamaannya.

Kamu bisa menemukan aneka barang unik dan antik di sini. Pasar ini pun bisa menjadi tempat yang tepat jika kamu ingin berburu barang antik. Jika tertarik, kamu bisa mengunjungi Pasar Senthir dari jam 7 sampai 12 malam jika kondisi tidak hujan.

Pasar Sore Ramadhan Kauman

(Tribun)

Pasar Sore Ramadhan Kauman juga termasuk sebagai “pasar tiban” yang ada di Jogja. Sesuai namanya, pasar ini dibuka pada waktu tertentu saja, tepatnya yaitu di masa Ramadhan. Pasar yang sudah melegenda ini berlokasi di sekitaran Masjid Gedhe Kauman, tepatnya yaitu di Ngupasan, Gondomanan.

Pasar Sore Ramadhan Kauman merupakan tempat yang tepat jika kamu ingin berburu aneka kuliner khas bulan Ramadhan. Kamu bisa ngabuburit di sini dan membeli berbagai jajanan seperti kipo, serabi kocor, bubur saren, kicak, dan lain sebagainya.

Pasar Legi Kotagede

pasar di jogja
(Jogjaaja.com)

Tempat lainnya yang bisa kamu kunjungi jika ingin berbelanja yaitu Pasar Legi Kotagede. Pasar ini dulunya dikenal dengan nama Pasar Sargede dan telah ada sejak tahun abad ke-16. Konon katanya, pasar ini telah ada lebih dulu daripada Kerajaan Mataram, loh! Menarik, bukan, Pins?

Pasar Legi Kotagede merupakan pasar tradisional yang cukup lengkap. Kamu bisa berbelanja berbagai jenis kebutuhan seperti sayur mayur. Selain itu, terdapat juga aksesoris, pakaian, peralatan keluarga, jajanan, bahkan berbagai jenis satwa di pasar ini. Lengkap, ya!

Pasar Kranggan

(TripAdvisor)

Pasar Kranggan juga termasuk sebagai tempat belanja bersejarah di Yogyakarta. Pasar yang berada di tengah kota ini telah berdiri sejak awal abad ke-19. Dulunya, pasar ini merupakan salah satu pusat perekonomian warga Yogyakarta. Hingga saat ini, Pasar Kranggan tetap eksis dan bisa menjadi tujuan tepat untuk berbelanja.

Pasar ini juga berada dekat dengan ikon Yogyakarta yaitu Tugu Jogja. Kamu bisa mengunjungi pasar ini cukup berjalan kaki dari Tugu. Di sini, kamu bisa berbelanja kebutuhan pokok, berburu kuliner, dan lainnya. Menariknya, kamu bisa menemukan toko-toko handphone jika berjalan sedikit lebih jauh.

Pasar Sepeda Gappsta

pasar di jogja
(gudeg.net)

Pasar yang bisa kamu kunjungi di Yogyakarta sangatlah beragam. Salah satu pasar unik yang ada di kota ini yaitu Pasar Sepeda Gappsta. Sesuai namanya, pasar ini merupakan pusat sepeda di Yogyakarta. Kamu bisa menemukan aksesoris unik, sepeda jadul, dan lainnya di pasar ini.

Pasar ini merupakan lokasi belanja yang tepat jika kamu ingin mencari berbagai jenis sepeda. Sepeda yang dijual di sini memiliki harga variatif mulai dari ratusan ribu sampai jutaan. Jika tertarik, kamu bisa datang ke Jalan Mt. Haryono, Suryodiningratan, Mantrijeron. Pasar ini buka dari jam 8 pagi sampai 4 sore.

Mengunjungi berbagai pasar di Jogja bisa menjadi alternatif kegiatan wisata yang menarik. Kamu bisa jalan-jalan sekaligus berbelanja di pasar-pasar tersebut. Tertarik untuk mengunjunginya, Pins?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.