Info Area

14 Makanan Khas Jogja yang Terkenal dan Dijamin Enak!

Yogyakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang kental dengan nilai-nilai budayanya. Selain banyak destinasi wisata yang menarik, makanan khas Jogja (Yogyakarta) juga wajib dicoba ketika berkunjung ke sana. Cita rasa yang diberikan sangat beragam, yaitu manis, gurih dan juga asin. Sangat unik!

Makanan khas Jogjakarta memiliki peminat dari seluruh Indonesia. Selain dari rasanya, makanan daerah Yogyakarta rata-rata masih dibuat dengan cara tradisional. Nah, buatmu yang kebetulan sedang mencari perumahan di Yogyakarta atau sekadar jalan-jalan, coba mampir untuk mencicipi makanan tersebut. Lalu, apa makanan khas daerah Yogyakarta? Ini uraiannya.

1. Gudeg

(Kulinerkota)

Gudeg gudeg merupakan makanan khas yang berasal dari provinsi Yogyakarta. Hidangan ini biasanya disajikan dengan beberapa sayuran lain, seperti krecek atau opor ayam. Cara membuat gudeg ala Yogyakarta memerlukan waktu yang lama, sehingga rasanya enak.

Bagi yang belum tahu, gudeg terbuat dari nangka muda yang direbus dengan gula aren dan santan, serta ditambahkan beberapa bumbu pelengkap lainnya. Mengingat bahwa gudeg adalah makanan khas dari daerah Yogyakarta, di sini banyak penjualnya. Kamu bisa datang ke Gudeg Permata atau Gudeg Pawon untuk mencicipinya.

2. Sambal Goreng Krecek

(Kompas)

Setelah tahu bahwa gudeg merupakan makanan khas daerah Yogyakarta, kini saatnya membahas makanan lainnya. Salah satunya sambal goreng krecek.

Makanan khas dari Yogyakarta dengan cita rasa pedas ini sering dijadikan pendamping gudeg. Sambal goreng krecek secara tradisional dibuat dari kulit sapi bagian dalam yang lembut. Namun, saat ini kebanyakan orang membuat krecek menggunakan rambak atau krupuk kulit yang siap pakai.

Baca juga: 17 Rekomendasi Kuliner Malam di Jogja

3. Sate Klatak

(Travel Tribun)

Makanan tradisional dari Yogyakarta yang terkenal adalah sate klatak. Ini merupakan sate kambing asli dari Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul di Yogyakarta. Nama klatak diambil dari cara memanggangnya yaitu dengan api terbuka atau dalam bahasa Jawa disebut “klatak”.

Sate ini sangat berbeda dari varian sate lainnya, karena bumbu utamanya adalah garam dan sedikit merica. Selain itu, tusuk sate yang digunakan untuk memanggang terbuat dari besi, berbeda dengan sate lainnya yang menggunakan tusuk sate bambu.

4. Oseng Mercon

makanan khas yogyakarta
(Jogja Kita)

Walaupun makanan khas dari Jogja adalah manis kebanyakan, tetapi masih ada hidangan yang super pedas dari kota ini, yaitu oseng mercon. Kamu yang suka dengan makanan pedas, wajib untuk mencoba menu ini saat berkunjung ke Yogyakarta.

Makanan ini biasanya dibuat dari tetelan daging yang dicampur dengan jeroan sapi dan kikil. Kemudian, disajikan dengan bumbu yang sangat pedas.

5. Bakpia

(Pinhome)

Jenis makanan khas yang terkenal dari Daerah Istimewa Yogyakarta adalah bakpia. Bahkan, kamu mungkin tidak asing dengan makanan satu ini.

Penganan satu ini seolah menjadi oleh-oleh wajib saat berkunjung ke kota Yogyakarta. Konon, makanan ini merupakan campuran budaya Indonesia dan China. Bahan pembuatannya dari terigu, lalu diberi isian kacang hijau, cokelat, keju, dan masih banyak lainnya. Ini diberi nama pathuk sesuai dengan daerah asalnya, yaitu wilayah Pathuk.

6. Tiwul

(Detik Food)

Keragaman makanan dari daerah Yogyakarta adalah mutlak. Buktinya, banyak makanan dari kawasan ini yang cita rasanya khas, seperti tiwul misalnya.

Tiwul merupakan makanan Yogyakarta yang sering dijadikan pengganti beras oleh penduduk Trenggalek, Wonosobo, Gunungkidul, Wonogiri, Pacitan dan Blitar. Bahkan, pada masa penjajahan Jepang, rakyat Indonesia juga mengonsumsi tiwul sebagai makanan pokok. Hidangan yang dibuat dari gaplek ini merupakan salah satu makanan sehat karena memiliki kalori cukup rendah. Selain itu, tiwul juga dipercaya dapat mencegah penyakit maag dan pastinya menunda lapar.

7. Kue Kipo

(Kompas)

Jika berkunjung ke Kota Gede, Yogyakarta, wajib untuk mencoba kue kipo. Jajanan ini dibuat dari tepung ketan yang diisi dengan parutan kelapa cokelat atau enten-enten. Warna hijau yang khas dari makanan ini didapat dari perasan daun suji. Cita rasa kue kipo manis dan teksturnya legit. Karena ukurannya yang kecil, kamu bisa menikmatinya dengan sekali gigit.

8. Brongkos

(Indozone)

Contoh makanan khas daerah Yogyakarta adalah brongkos. Ini merupakan sup daging dan kacang pedas khas Yogyakarta.

Sekilas, makanan ini mirip seperti semur dan rawon. Namun, memakai kacang tholo sebagai bahannya. Di samping itu, bumbu pelengkapnya juga berbeda, meski sama-sama memakai kluwek seperti halnya rawon.

Baca juga: 15 Rekomendasi Bakso Enak di Jogja

9. Jadah Tempe

(Tribun Jogja)

Makanan khas Yogyakarta berikutnya yang wajib dicicipi saat berkunjung ke sana adalah jadah tempe. Hidangan yang satu ini berasal dari kabupaten Sleman, Yogyakarta, tepatnya dari daerah lereng Gunung Merapi, Kaliurang.

Sesuai namanya, makanan tersebut dibuat dari jadah, yakni panganan dari ketan yang dicampur dengan tempe bacem. Biasanya, jadah tempe dibungkus menggunakan daun pisang.

10. Mie Lethek

(Indonesia-tourism)

Makanan khas daerah yogyakarta adalah mie lethek. Konon, mi ini pertama kali dibuat oleh Umar Yassir dari Yaman saat beliau hendak berdakwah. Bahan dasar mi ini, yakni tepung tapioka dan gaplek. Karena terbuat dari bahan-bahan alami, warna mi sedikit kusam atau kecokelatan sehingga dinamakan mie lethek, yang dalam bahasa Indonesia berarti kotor. Dalam penyajiannya, mie lethek dapat dimasak sebagai mi rebus atau goreng. Rasanya nikmat dan sangat pas disantap selagi hangat.

11. Geplak

makanan khas Yogyakarta
(Kompas)

Makanan khas Yogyakarta selain gudeg sebenarnya ada banyak. Salah satu yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh yaitu geplak. Konon, jajanan tradisional ini berasal dari Bantul. Ini terbuat dari adonan kelapa, tepung, dan gula. Cita rasanya manis dan lagit. Untuk tampilannya, kebanyakan bulat dan warna-warni, ada merah muda, hijau, putih, serta cokelat.

12. Yangko

makanan khas Yogyakarta
(Kompas)

Ada banyak oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa kamu bawa pulang. Salah satunya yaitu yangko. Kudapan ini mirip seperti mochi, tapi bentuknya kotak. Dari segi tekstur dan rasa mirip sekali dengan mochi, kenyal dan manis. Untuk isiannya pun sama-sama memakai kacang tanah.

Baca juga: 20 Tempat Hits di Kota Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

13. Sate kere

makanan khas Yogyakarta
(Tempo)

Sate kere berbeda dengan sate kebanyakan. Jika biasanya sate terbuat dari daging, baik ayam, sapi, ataupun kambing, ini justru memakai lemaknya. Hal tersebut membuat cita rasa dari sate ini semakin khas. Apalagi saat dipanggang, baunya gurih dan bikin ngiler.

14. Belalang goreng

makanan khas Yogyakarta
(Kompas)

Terakhir, adalah belalang atau walang goreng. Biasanya, kamu bisa menemukan camilan di sepanjang jalan menuju Gunung Kidul atau Wonosari. Meski terdengar aneh, tapi hidangan ini konon enak, lho! Bahkan, dinilai bergizi pula. Kalau tertarik mencoba, kamu bisa membelinya di penjual pinggir jalan, ya.

Nah, itu dia rekomendasi makanan khas Yogyakarta yang bisa kamu coba saat berkunjung ke sana. Selamat menikmati!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.