BlogPemilik PropertiDesain Hunian13 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Agar Rapi dan Bersih
0
0

13 Tips Menjaga Kebersihan Dapur Agar Rapi dan Bersih

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
Menjaga kebersihan dapurtop-right-banner

Dapur merupakan salah satu ruangan penting di setiap rumah yang kebersihannya harus selalu dijaga. Di ruangan ini, makanan dan minuman untuk keluarga diproses sehingga Pins harus benar-benar menjaga kebersihan dapur.

Selain mencuci piring dan peralatan masak yang kotor setiap sehabis memasak,Pins juga harus menjaga kebersihan dapur dengan membersihkannya setiap hari. Dapur yang bersih memiliki manfaat bagi kesehatan Pins sekeluarga. Namun dengan banyaknya pekerjaan rumah yang harus dilakukan dalam satu hari.

Agar dapur selalu bersih, berikut ini 13 tips cara cepat membersihkan dapur yang bisa jadi referensi Pins semua.

Cuci Peralatan Masak

Setelah selesai memasak, segera cuci semua peralatan masak yang tadi digunakan. Jangan menunda untuk mencuci peralatan masak yang kotor karena noda yang tertinggal akan semakin sulit dihilangkan jika menunda untuk mencucinya.

Cucilah dengan sabun cuci yang mengandung jeruk nipis yang sangat ampuh membersihkan berbagai kotoran, mengangkat minyak dan menghilangkan bau yang membandel. Setelah dicuci, keringkan peralatan masak dan simpan ke tempatnya masing-masing.

Baca juga: Tips Membuat Ukuran Meja Dapur yang Ideal

Bersihkan Area Kompor

Menjaga kebersihan dapur
Source : Shutterstock

Jangan lupa untuk membersihkan daerah kompor dari noda tumpahan makanan, cipratan minyak dan kerak gosong yang mungking ada di tungkunya. Pertama-tama, perhatikan bagian tungku kompor gas apakah ada sisa makanan yang jatuh ke dalamnya dan menjadi gosong.

Angkat dudukan kompor gas dan bersihkan dari kerak maupun gosong. Jika sudah bersih, letakkan kembali dudukan kompor tadi dan lap permukaan kompor hingga bersih. Perhatikan pula keadaan dinding dekat kompor. Jika kotor, bersihkan segera dengan cairan pembersih.

Bereskan Meja Makan

Setelah menyantap makanan bersama keluarga, rapikan meja makan dari berbagai piring, sendi dan mangkuk yang kotor. Sisihkan peralatan makan yang kotor ke tempat cuci piring.

Jika ada makanan yang tersisa, masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas. Jika makanan yang tersisa hanya sedikit, buang sisa makanan ke tempat sampah terlebih dahulu sebelum mencuci peralatan makan.

Selain untuk memudahkan proses pencucian piring nantinya, membuang sisa makanan di tempat sampah juga akan mencegah saluran cuci piring menjadi mampet. Setelah itu, lap meja agar bersih dari kotoran dan sisa makanan.

Baca juga: Segala Hal yang Harus Diketahui dari Dapur Letter L

Bersihkan Bak Pencuci Piring

Setelah selesai mencuci piring kotor sehabis masak maupun makan, jangan lupa juga untuk membersihkan bak pencuci piring. Tanpa Pins sadari, kotoran lemak dan sisa makanan bisa menumpuk di permukaan bak cuci piring maupun keran air.

Pins juga bisa menggunakan pembersih yang mengandung jeruk nipis untuk membersihkan tempat cuci piring Pins.

Menyapu dan Mengepel Dapur

Jika semua permukaan dapur sudah di lap dan dibersihkan, selanjutnya adalah menyapu dan mengepel lantai dapur sehingga bersih. Sapu dan pel lantai dapur dengan seksama dan perhatikan juga bagian bawah lemari kabinet maupun meja makan.

Selain untuk menghilangkan debu dan kotoran, menyapu dan mengepel lantai juga penting untuk menghilangkan sisa makanan yang mungkin jatuh ke lantai agar tidak mengundang serangga untuk datang ke dapur.

Baca juga: 10 Inspirasi Keramik Backsplash Dapur yang Cantik

Buang Sampah

Menjaga kebersihan dapur
Source : Shutterstock

Jangan lupa juga untuk selalu mengosongkan tempat sampah yang ada di dapur setiap harinya. Buang sampah ke luar rumah untuk menghindari penyebaran kuman dan bakteri di dapur yang berasal dari sampah. Selain itu, buang sampah secara teratur juga menghindarkan dapur Pins kedatangan tamu tak diundang seperti semut dan kecoa yang bisa menjadi membuat dapur kotor dan tidak higienis.

Memperbaiki Kerusakan

Jika Pins memeriksa secara seksama, pasti sempat Pins temukan peralatan atau bagian dapur yang mengalami kerusakan tertentu. Hal ini harus segera diatasi untuk mencerminkan bahwa Pins adalah orang yang tanggap akan sesuatu.

Memeriksa bagian langit-langit, selang gas, dan kabel-kabel listrik yang ada di sudut dapur, akan sangat membantu agar saat Pins memasak nanti menjadi lebih aman dan nyaman.

Lakukan Pemeriksaan Setiap Bulan

Pemeriksaan secara berkala setiap bulan akan menghindarkan kita dari pengeluaran besar yang mendadak untuk perbaikan. Tentu saja hal itu haru di imbangi dengan pemilihan perabotan yang awet dan perhitungan mengenai ongkos tukang.

Saranya, bisa memperbaiki sendiri akan lebih baik dan berhemat. Bagian-bagian yang seringkali mengalami kerusakan adalah bagian tembok yang lembab karena suhu udara di dapur memang demikian.

Oleh sebab itu, desain dapur minimalis dengan penempatan ventilasi yang tepat serta selalu bebas dari endapan minyak sisa memasak adalah yang terbaik untuk menjaga dapur tetap segar.

Gunakan Cooker Hood

Cooker hood sangat disarankan terpasang di dapur dan pilih cooker hood yang sesuai dengan gaya dapur yang akan dibangun. Jangan tunggu dapur jadi terlebih dahulu lalu sibuk memilih cooker hood yang cocok karena besar kemungkinan perlu modifikasi tambahan baik di area dapur maupun di cooker hood itu sendiri.

Cooker Hood sangat berguna untuk menghisap bau tidak sedap dan asap yang dihasilkan dari proses memasak guna memastikan ruangan tetap segar. Cooker hood sangat disarankan untuk tipe dapur indoor terlebih tidak adanya akses langsung ke jendela.

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Dapur Monokrom

Periksa Saluran Air Kitchen Sink

Menjaga kebersihan dapur
Source : Shutterstock

Selalu pastikan saluran air kitchen sink lancar, hal ini perlu dijaga karena sampah sisa makanan seringkali menyumbat saluran airnya. Jika tersumbat maka berpotensi membusuk sehingga menimbulkan bau tidak sedap.

Gunakan soda kue dan cuka lalu air panas untuk membersihkan jika saluran air sink dirasa mulai tersumbat. Jangan lupa untuk selalu menempatkan penyaring di lubang pembuatan kitchen sink sehingga sampah sisa makanan yang berukuran kecil langsung tersaring terlebih dahulu sebelum masuk ke saluran air sink.

Rawatlah Peralatan Memasak

Peralatan masak kadang hanya dicuci ala kadarnya dan tidak dibersihkan dengan baik setiap hari sehingga noda bekas kompor atau masakan tetap melekat. Lakukan pembersihan alat-alat masak setiap seminggu sekali dan pastikan noda gosong atau bekas masakan hilang.

Sedikit tips, untuk membantu menghilangkan noda, kamu bisa merendam alat masak dalam air hangat yang dicampur baking soda selama semalaman. Setelah dibersihkan keringkan peralatan memasak dan gantunglah ditempat yang kering.

Susun Perkakas Dapur

Dapurmu akan terlihat lebih rapi dan bersih jika kamu bisa menyusun peralatan masak di tempat yang semestinya atau menyimpannya di dalam kabinet agar tidak terlihat.

Susunlah dengan baik peralatan memasak dari yang sering digunakan dan yang jarang digunakan. Atur juga sesuai besar kecilnya agar peralatan masak yang kecil tidak terselip diantara peralatan masak yang lain dan mudah ditemukan.

Kebiasaan Masak Yang Bersih

Memiliki kebiasaan memasak yang baik juga akan membuat dapur terlihat lebih bersih dan rapi misalnya saja selalu meletakkan bahan-bahan masakan dalam wadah dan menyiapkan wadah untuk membuang sisa-sisa bahan makanan tersebut sebelum dibuang ketempat sampah.

Melakukan aktivitas memasak di suatu area tertentu, menggunakan apron, serta meletakkan kembali toples atau wadah penyimpanan bumbu di tempatnya segera setelah digunakan bisa jadi beberapa cara agar kamu tidak terlalu repot membersihkan dapur setelah memasak.

Dengan rajin dibersihkan, dapur yang rapi dan sehat akan dapat terwujudkan. Dapur yang sehat tentu akan berimbas pada terjaganya kesehatan Pins sekeluarga. Meski terkadang melelahkan, jangan biarkan dapur Pins kotor dapat dibersihkan.

Baca juga: Inspirasi Desain Dapur Minimalis


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download