Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Tukang bangunan di Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang

Tukang bangunan di Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pinhome – Tukang bangunan di Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang rata-rata adalah pendatang dari berbagai kota di seluruh Indonesia, baik itu dari Semarang, Yogyakarta, Makasar, Aceh, Papua, dan daerah lainya.

Dari mulai pembantu, tukang sampai insinyur bangunan semua siap melakukan pembangunan. Menjamurnya pembangunan gedung bertingkat tinggi, infrastruktur serta perumahan membuat ibukota negara Indonesia sebagai tujuan untuk bekerja dan meraih keuntungan.

Untuk mendapatkan tenaga kerja yang baik dapat dibaca-baca pada artikel sebelumnya tentang cara memilih jasa bangun rumah yang baik sehingga dapat dihasilkan sebuah konstruksi yang ekonomis kuat dan indah.

Lalu berapa uang yang harus keluarkan untuk membangun rumah? Berapa biasanya upah tukang bangunan terutama untuk daerah JABODETABEK?

Baca juga: 4 Kriteria Dalam Memilih Tukang Bangunan

Upah Tukang Bangunan

Upah Tukang Bangunan
(Unsplash)

Upah tukang bangunan per hari di jakarta berkisar antara Rp 50.000 sampai dengan Rp 200.000 per hari. Namun jika hendak memberikan upah lebih sebagai bonus sah-sah saja agar tukang dapat bekerja dengan maksimal disertai suasana riang gembira.

Jam kerja tukang bangunan untuk berkarya dimulai dari jam 08.00 WIB pagi sampai jam 12.00 WIB. Kemudian istirahat sampai jam 13.00 WIB lalu dilanjutkan bekerja lagi sampai dengan jam 17.00 WIB atau jam lima sore.

Ada juga yang bekerja pada malam hari dengan hitungan upah sesuai kesepakatan pembangun rumah dan tukang. Karena pekerja ini datang dari kota yang jauh maka sebaiknya dipikirkan juga bagaimana tempat tinggalnya apakah menginap di lingkungan proyek atau di rumah kos serta berbagai alternatif penginapan lainya.

Baca juga : 5 Perbedaan Upah Tukang Bangunan Harian

Item pekerjaan pembangunan yang sedang dilaksanakan perlu dikerjakan oleh tukang bangunan profesional yang ahli dalam bidang pekerjaan tersebut. Misalnya untuk pekerjaan beton bertulang akan lebih memberikan hasil maksimal jika dikerjakan oleh tukang batu, pekerjaan kusen pintu dan jendela serta rangka atap kayu akan lebih baik jika dikerjakan oleh ahli tukang kayu, pekerjaan instalasi listrik dan pipa air lebih baik jika dikerjakan oleh tukang mekanikal elektrikal.

Sebelum memberikan pekerjaan kepada tukang bangunan sebaiknya dilakukan perencanaan terlebih dahulu dengan matang. Baik dari desain bentuk bangunan serta hal-hal lainya yang mempermudah dan mencegah permasalahan yang mungkin timbul saat pelaksanaan.

Misalnya karena terlalu banyak pekerjaan bongkar pasang akibat bentuk yang belum sesuai selera bisa menyebabkan tukang merasa jenuh dan dipermainkan. Sehingga pekerjaan yang seharusnya dapat selesai dengan cepat serta kualitas terbaik akan berubah membutuhkan waktu lama dan hasil kurang maksimal karena dikerjakan dengan setengah hati.

Selamat membangun rumah bersama tukang bangunan, baik itu di Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang, maupun di daerah lainnya. Semoga mendapatkan hasil pembangunan rumah yang menyenangkan.

Baca juga :

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel