BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Tips Desain Dapur Mini Agar Terlihat Lebih Rapi
0
0

8 Tips Desain Dapur Mini Agar Terlihat Lebih Rapi

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 16, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ruangan dapur merupakan elemen penting di dalam rumah sebagai tempat untuk menyiapkan hidangan bagi keluarga. Hidangan yang sehat berawal dari proses penyiapannya dan pengolahannya di dapur sehingga desain dapur mini sangat perlu diperhatikan.

Rumah bekas di Kab Mojokerto hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Mutiara Gading City juga menerapkan desain dapur mini yang mengedepankan kenyamanan dan fungsionalitas ruangan. Manfaatkan aplikasi Pinhome dan gunakan fitur Simulasi KPR guna mengetahui dana yang dibutuhkan mewujudkan hunian impian dengan cara memanfaatkan fasilitas KPR untuk beli rumah di sekitar AEON Mall JGC.

Tips Desain Dapur Mini

Jika dapur berantakan dan kotor hidangan yang tersaji tidak terjamin kehigienisannya. Kebersihan dan desain dapur menjadi hal utama untuk diperhatikan. Bagi Pins yang bingung bagaimana caranya membuat desain dapur mini yang rapi. Ikuti tips desain dapur mini yang Pinhome buat berikut ini!

1. Menentukan Tata Ruang Dapur

Source : Freepik

Menentukan tata ruang dapur mini tidaklah semudah mendesain dapur berukuran besar. Oleh karena itu, dapur harus bisa mengakomodasi seluruh aktivitas yang diperlukan dalam proses memasak.

Jika Pins berniat untuk menghilangkan sejumlah fasilitas atau jenis kebutuhan di dapur. Namun, hal ini bukan solusi yang bisa diambil untuk desain dapur mini.

Satu prinsip yang harus Pins perhatikan ketika membuat desain dapur mini adalah berusaha mengatur keterbatasan ruang. Tujuannya, agar sesuai dengan fungsi serta kebutuhannya sehingga bisa memperoleh hasil yang optimal.

Baca juga: Tips Desain Dapur Minimalis

2. Manfaatkan Ruang Kosong

desain dapur mini
Source : Unsplash

Ketika membuat desain dapur kecil, Pins harus mampu memberikan kesan dapur yang luas. Selain itu, ruangan harus mampu memenuhi sejumlah aspek penting yang meliputi pelayanan, efisiensi, kenyamanan, kepraktisan, serta keindahan. Semua itu memerlukan ketepatan dalam penempatan dan pemasangan peralatan dapur.

Manfaatkan setiap ruang kosong sebaik mungkin untuk memastikan alokasi tempat yang rapi. Sebagian peralatan masak bisa Pins letakan pada rak yang terpasang di dinding. Ada baiknya Pins memilih peralatan yang multifungsi.

Misalnya rak penyimpanan sekaligus sebagai meja makan. Selain itu, Pins dapat memilih lemari dapur yang dapat digunakan sebagai partisi serta meja makan. Desain dapat dikreasikan sendiri atau mencari referensi lainnya yang kini bisa Pins dapatkan dengan mudah di internet, buku-buku panduan, maupun majalah-majalah.

3. Optimasi Ruangan Dapur

desain dapur mini
Source : Unsplash

Untuk mengoptimalkan fungsi ruangan, Pins harus bisa memanfaatkan setiap detail ruangan. Jangan biarkan ada ruang yang tersisa tanpa fungsi. Oleh karena itu, setiap barang yang tidak diperlukan untuk aktivitas di dapur sebaiknya segera Pins pindahkan. Ada baiknya Pins memberikan penerangan atau lampu yang cukup pada dapur.

Bisa pula menambahkan ornamen kaca agar memberikan kesan yang luas pada saat mendesain dapur mini. Jangan lupa untuk melihat rekomendasi desain yang sesuai dengan rumah impian Pins.

4. Pilih Warna yang Tepat

desain dapur mini
Source : Unsplash

Cobalah untuk  mengunakan warna-warna yang cerah pada bagian dapur. Pins dapat mengkombinasikannya dengan salah satu warna gelap agar terlihat lebih menarik. Warna putih adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk memberikan kesan luas pada dapur mini Pins.

Untuk itu, perhatikan ketika mengkombinasikan warna terang dan warna gelap agar tidak mendominasi bagian gelapnya. Itu sebabnya, penting memperhatikan warna cat dinding dapur agar tetap terlihat tertata meskipun mungil.

Baca juga: 7 Pilihan Wallpaper Dinding Rumah

5. Ventilasi

Source : Bernas

Usahakan untuk membuat plafon dapur yang posisinya lebih tinggi sehingga dapur Pins terasa lega. Jangan lupa perhatikan sirkulasi udaranya, agar ruangan terasa lebih nyaman. Kemudian, Pastikan tersedia minimal dua jendela besar untuk mengalirkan ke luar ruangan. Lebih baik lagi jika Pins lengkapinya dengan memasang exhaust.

Dapur tanpa jendela akan terasa pengap sehingga muncul alternatif ventilasi lainnya. Tidak hanya exhaust saja namun juga ada cooker hood yang mampu menyedot asap makanan sehingga dapur tidak bau. Skylight dapat pula difungsikan sebagai ventilasi dan mampu memaksimalkan cahaya matahari yang masuk.

6. Tentukan Zonasi

Source : Freepik

Tak kalah penting dari poin di atas adalah menentukan zonasi. Ada beberapa zona yang bisa ditentukan seperti zona penyimpanan, zona pantry, zona makan hingga zona memasak.

Zona memasak terdiri atas kompor dan area mengolah makanan. Area penyimpanan terletak dekat wastafel dimana menyimpan alat makan.

Zona pantri terdiri atas tempat makanan atau mempersiapkan makanan, sedangkan zona makan adalah tempat menyantap hidangan. Tujuan dari zonasi ini adalah agar membuat penggunanya lebih fokus saat berada di dapur dan maksimal menggunakan setiap zona yang ada di dapur.

Baca juga: Inspirasi Dapur Industrial Minimalis

7. Furnishing Fungsional

Source : Pxhere

Selain kompor bagian wastafel atau sink juga dianggap penting. Bagian ini biasanya menggunakan stainless steel agar tampilan modern dan anti selip. Area meja wastafel terbuat dari keramik atau marmer agar lebih menarik dan anti noda.

8. Berikan Dekorasi

Source : Pxhere

Sebenarnya ada banyak cara menghias dapur mini seperti menambahkan tanaman. Fungsi dari tanaman hias tak hanya mempermanis dapur saja namun juga menciptakan suasana asri. Jenis tanaman hias yang bisa diletakan di dapur antara lain sukulen, english ivy, sirih gading, jade plant dan lainnya.

Selain menambahkan tanaman yang mampu menghasilkan oksigen perlu ditambahkan dekorasi lain. Misalnya taplak meja atau lap tangan sesuai warna dekorasi dapur.

Tips desain dapur mini di atas mampu memaksimalkan lahan yang ada dan memperlancar sirkulasi udara. Kenyamanan saat beraktivitas di dapur akan jauh lebih terjamin meskipun di lahan terbatas sekalipun.

Baca juga: Inspirasi Desain Mini Bar

Feature Image Source: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Pesona Ciputih dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download