Pinhome

Trik Tata Ruang Dapur Mini Agar Terlihat Lebih Rapih

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Dapur merupakan elemen penting di dalam rumah sebagai tempat untuk menyiapkan hidangan bagi keluarga. Trik tata ruang dapur mini yang optimal juga penting untuk diperhatikan. Selain itu, Hidangan yang sehat berawal dari proses penyiapannya dan pengolahannya di dapur. Oleh sebab itu, Jika dapur berantakan dan kotor hidangan yang tersaji tidak terjamin kehigienisannya. Kebersihan dan desain dapur menjadi hal utama untuk diperhatikan. Untuk desain tata ruang lainnya bisa Anda temukan di Blog Property Pinhome ini.

Menentukan Tata Ruang Dapur

Menentukan tata ruang dapur mini tidaklah semudah mendesain dapur berukuran besar. Oleh karena itu, dapur harus bisa mengakomodasi seluruh aktifitas yang diperlukan dalam proses memasak. Begitupun jika Anda berniat untuk menghilangkan sejumlah fasilitas atau jenis kebutuhan di dapur. Namun, hal ini bukan solusi yang bisa diambil untuk mendesain dapur berukuran mini. Satu prinsip yang harus Anda perhatikan ketika mendesain dapur mini adalah berusaha mengatur keterbatasan ruang. Tujuannya, agar sesuai dengan fungsi serta kebutuhannya sehingga bisa memperoleh hasil yang optimal. Cek juga tips bangun rumah lainnya disini.

tips mendesain dapur mini
tips mendesain dapur mini ala Pinhome

Aspek Penting Tata Ruang Dapur Mini

ketika mendesain dapur mini Anda harus mampu memberikan kesan dapur yang luas. Selain itu, ruangan harus mampu memenuhi sejumlah aspek penting yang meliputi pelayanan, efisiensi, kenyamanan, kepraktisan, serta keindahan. Semua itu memerlukan ketepatan dalam penempatan dan pemasangan peralatan dapur. Manfaatkan setiap ruang kosong sebaik mungkin, untuk memastikan alokasi tempat yang rapih.

Sebagian peralatan masak bisa Anda taruh pada rak yang terpasang di dinding. Ada baiknya Anda memilih peralatan yang multifungsi. Misalnya rak penyimpanan sekaligus sebagai meja makan. Selain itu, Anda dapat memilih lemari dapur yang dapat digunakan sebagai partisi serta meja makan. Desain dapat dikreasikan sendiri atau mencari referensi lainnya yang kini bisa Anda dapatkan dengan mudah di internet, buku – buku panduan, maupun majalah – majalah.

Optimasi Ruangan Dapur

Untuk mengoptimalkan fungsi ruangan, Anda harus pandai – pandai memanfaatkan setiap detail ruangan. Jangan biarkan ada ruang yang tersisa tanpa fungsi. Oleh karena itu, setiap barang yang tidak diperlukan untuk aktifitas di dapur sebaiknya segera Anda pindahkan. Ada baiknya Anda memberikan penerangan yang cukup pada dapur. Bisa pula menambahkan ornamen kaca agar memberikan kesan yang luas pada saat mendesain dapur mini. Jangan lupa untuk melihat rekomendasi desain yang sesuai dengan rumah impian Anda.

Aspek Pemilihan Warna yang Tepat

Yang tidak kalah penting adalah aspek pewarnaan. Maka dari itu, cobalah untuk  mengunakan warna – warna yang cerah pada bagian dapur. Anda dapat mengkombinasikannya dengan salah satu warna gelap agar terlihat lebih menarik. Warna putih adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk memberikan kesan luas pada dapur mini Anda.

Untuk itu, cobalah perhatikan ketika mengkombinasikan warna terang dan warna gelap agar tidak mendominasi bagian gelapnya. Usahakan untuk membuat plafond dapur yang posisinya lebih tinggi sehingga dapur Anda terasa lega. Jangan lupa perhatikan sirkulasi udaranya, agar ruangan terasa lebih nyaman. Kemudian, Pastikan tersedia minimal dua jendela besar untuk mengalirkan ke luar ruangan. Lebih baik lagi jika Anda lengkapinya dengan memasang exhaust.

Setelah menemukan trik yang tepat untuk menata dapur kecil agar menjadi lebih rapih, Anda mungkin juga membutuhkan tips property lainnya. Tidak usah khawatir, Pinhome menyediakan berbagai informasi mengenai tips property paling ampuh untuk Anda gunakan. Simak info lengkapnya disini.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia