Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Kesiapan Finansial Sebelum Beli Rumah Pertama, Ini yang Perlu Kamu Perhatikan!

Finansial

Kesiapan Finansial Sebelum Beli Rumah Pertama, Ini yang Perlu Kamu Perhatikan!

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Siap secara finansial adalah hal esensial yang perlu kamu miliki sebelum beli rumah perdana. Namun, tahukah kamu apa-apa saja yang perlu disiapkan agar perjalanan kepemilikan rumahmu menjadi lebih mudah? Yuk, simak rekap acara kelas Property Academy by Pinhome bersama Dompet Milenial dan persiapkan dirimu!

Pinhome – Berkolaborasi bersama Dompet Milenial, Property Academy by Pinhome berhasil menyelenggarakan kelas dengan tema ‘Perencanaan Keuangan untuk Membeli Rumah Pertama.’ Dalam kelas ini, Property Academy by Pinhome menghadirkan dua narasumber yang memiliki ketertarikan secara khusus terhadap kesiapan finansial, yaitu Samy Shihab selaku podcaster Dompet Milenial dan Shinta Yanirma selalu strategic planner dan financial enthusiast dari Pinhome.

Pada sesi pertama, Samy Shihab memberikan materi terkait perencanaan keuangan untuk diri sendiri. Melalui kelas ini Samy menjelaskan bahwa memiliki kontrol finansial merupakan hal fundamental yang perlu dimiliki semua orang untuk mencapai tujuan baik secara jangka panjang maupun jangka pendek. Sebagai langkah untuk memiliki kontrol finansial, setidaknya terdapat tiga tindakan yang perlu diambil:

1. Mengontrol pengeluaran dari penghasilan dengan menerapkan “aturan 20 30 50” yaitu 20% pendapatan untuk meraih tujuan finansial seperti dana pensiun, 30% penghasilan untuk pengeluaran pribadi, dan 50% pendapatan untuk hal-hal esensial.

2. Upaya untuk mendorong kebiasaan baik seperti menabung secara rutin.

3. Menghilangkan kebiasaan boros dengan senantiasa mencatat pengeluaran dan pendapatan serta membandingkan keduanya.

Samy menambahkan bahwa pengaturan finansial ini akan memberikan berbagai keuntungan seperti membangun kekayaan dan aset (termasuk rumah) sehingga memiliki keamanan finansial yang baik, meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik karena bebas hutang, dan berhenti hidup untuk membayar tagihan dengan mengetahui kapabilitas dan daya beli kita.

Selanjutnya, pada sesi kedua Shinta Yanirma dari Pinhome membawakan materi ‘Strategi Perencanaan Keuangan untuk Pembelian Rumah Pertama.’ Dalam memulai presentasinya, Shinta terlebih dahulu menekankan jika sebelum membeli rumah kita perlu mengetahui tingkat prioritas kebutuhan yang terbagi ke dalam empat tingkat, yaitu:

1. Tingkat pertama yang paling penting terletak pada fungsi perlindungan seperti asuransi dan melunasi hutang.

2. Tingkat kedua terdapat kebutuhan atas dana darurat senilai 6-12 kali pengeluaran bulanan.

3. Dana untuk pertumbuhan dan mencapai tujuan finansial seperti dana pendidikan dan lain-lain.

4. Kebutuhan finansial lain yang memiliki risiko tinggi seperti untuk membangun portfolio.

Selanjutnya, Shinta menjelaskan beberapa biaya atau pengeluaran membeli rumah yang perlu disiapkan dalam perencanaan finansial yaitu, Down Payment (DP) rumah yang nilainya biasanya 15% dari harga rumah atau lebih, BPHTB senilai 5% dari harga rumah, AJB & Balik nama senilai 1% dari harga rumah, dan terakhir biaya administrasi & provisi KPR yang nilainya 2-4% dari harga rumah.

Di sisi lain, selain biaya-biaya yang sebelumnya disebutkan, terdapat pula dana yang harus disiapkan untuk mencicil rumah, terlebih jika kamu mengambil KPR. Shinta menjelaskan persentase cicilan rumah dengan penghasilan sebaiknya berada pada angka 30%, sehingga sebagai contoh, jika kamu memiliki penghasilan sepuluh juta rupiah maka batas cicilan bulanan dari KPR Rumah yang bisa tanggung adalah tiga juta rupiah. Namun Shinta menekankan jika kami tidak perlu khawatir, jika penghasilan belum mencukupi untuk mencicil rumah impian, maka kamu dapat menunda kepemilikan tersebut dengan mengumpulkan DP yang lebih besar dan mencari penghasilan tambahan.

Jadi, Pins, sebenarnya kaum milenial seperti kita sangat bisa membeli rumah di usia muda; asal dapat melakukan perencanaan dan perhitungan keuangan secara teliti serta belajar disiplin sambil tetap menikmati hidup. Pasti bisa, kok!


Itu tadi ulasan dari online talkshow Property Academy by Pinhome bersama Dompet Milenial. Berguna banget untuk menambah pengetahuan sekaligus jadi motivasi untuk dapat mengatur keuangan dengan lebih baik lagi, Pins! Nah, makanya buruan daftar ke Property Academy by Pinhome biar gak ketinggalan event-event seru lainnya.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel