BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli Properti5 Tips Menabung DP Rumah Untuk Pasangan yang Baru Menikah
0
0

5 Tips Menabung DP Rumah Untuk Pasangan yang Baru Menikah

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 20, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
cara membeli rumah kpr tanpa dptop-right-banner

Contributor: Rachma Wahida

Menabung DP rumah menjadi langkah awal yang bijak bagi pasangan yang baru menikah dan berencana untuk memiliki rumah di Bekasi maupun daerah lainnya. Down payment, atau DP, merupakan pembayaran awal yang umumnya diperlukan dalam pembelian properti. Jumlah DP ini adalah sebagian kecil dari total harga rumah, sementara sisanya dapat dicicil atau didanai melalui program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang disediakan oleh bank.

Sebagai pasangan baru, memiliki rumah sendiri seringkali menjadi impian, mengingat beberapa tantangan yang mungkin muncul saat tinggal bersama mertua. Meskipun sebagian pasangan mungkin memilih menyewa rumah sebagai alternatif, ada juga yang mempertimbangkan tinggal bersama mertua untuk menghemat biaya sewa. Cari tahu bagaimana cara menabung uang muka rumah agar bisa wujudkan impian punya rumah sendiri di sini!

Menabung DP Rumah untuk Pasangan yang Baru Menikah

Source : Pexels

Memiliki rumah merupakan impian setiap pasangan yang telah menikah. Ada banyak alasan mengapa pasangan ingin segera memiliki rumah, salah satunya ingin lebih mandiri. Namun, tidak semua pasangan yang baru menikah mampu untuk segera membeli rumah, misalnya di perumahan Summarecon Bogor.

Finansial yang belum mencukupi serta pengelolaan keuangan yang belum tertata dikarenakan harus menyesuaikan kebutuhan untuk dua orang, adalah alasan mengapa pasangan yang baru menikah belum memiliki rumah.

Pins yang baru menikah tentu juga bisa segera memiliki rumah seperti pasangan lainnya. Kamu tidak perlu meminjam uang sana sini untuk DP atau uang muka rumah yang akan kamu beli. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menabung DP rumah bagi kamu pasangan yang baru menikah.

1. Menabung Sedini Mungkin

Source : Freepik

Untuk pins yang baru menikah dan belum memiliki keturunan, ini adalah kesempatan emas untuk kamu menabung. Saat sudah memiliki anak pengeluaran akan bertambah besar sehingga manfaatkan waktu tersebut untuk segera menabung. Jika kamu sudah diberi keturunan, segerakan menabung sebelum anak-anak kamu masuk ke jenjang sekolah. Pasalnya, biaya sekolah dengan status sekolah yang bagus tentu diperlukan biaya yang besar.

Baca juga: 

2. Buat Rencana Anggaran

Source : Freepik

Tetapkan anggaran bulanan yang jelas dan realistis. Pastikan sudah menghitung jumlah pengeluaran rutin kamu dengan rinci untuk tiap bulannya. Perhitungkan juga untuk biaya-biaya yang tak terduga lainnya. Alokasikan dana yang tersisa untuk DP rumah eksklusif impian kamu, misalnya di Grand Wisata Bekasi. Upayakan untuk selalu mengkomunikasikan masalah keuangan dengan pasangan mu. 

3. Mengurangi Jumlah Pengeluaran

Source : Pexels

Mengurangi jumlah pengeluaran adalah strategi yang tepat jika kamu ingin segera memiliki rumah. Hemat adalah solusi yang tepat. Kurangi jumlah pengeluaran yang tidak penting, seperti belanja online untuk barang yang tidak bermanfaat.

angan boros dalam pengeluaran makanan, usahakan untuk selalu makan masakan dirumah. Jadi, kamu tidak perlu lagi jajan atau pesan makanan lagi dari luar. Jangan bergonta-ganti gadget jika hanya untuk terlihat mewah. 

Jangan terpengaruh dengan sale dan promo barang-barang yang ditampilkan oleh marketplace. Kamu juga bisa mengurangi jumlah pengeluaran dengan tidak menggunakan Asisten Rumah Tangga dalam membantu pekerjaan.

Alih-alih pakai ART, Pins bisa membersihkan rumah sendiri ketika memiliki waktu luang. Bila tidak, cobalah memanfaatkan jasa layanan dari Pinhome Service, mulai dari Home Cleaning sampai Deep Cleaning ada di sini!

4. Cari Pendapatan Tambahan

equity adalah

Memiliki tambahan pemasukan akan memberikan tambahan dana DP rumah kamu. Berbagai hal yang dapat kamu dan pasangan lakukan untuk mendapatkan tambahan pendapatan. Seperti menjadi affiliator, content creator ataupun pekerjaan remote lainnya yang bisa kamu kerjakan di sela-sela pekerjaan utama. Pins juga bisa membuka usaha dengan menyewa ruko untuk  berjualan offline maupun online

Baca juga: 8 Tips Sukses Menabung 1 Juta Per Bulan

5. Diskon dan Penawaran

Manfaatkan diskon dan penawaran harga murah untuk membeli barang-barang kebutuhan kamu dan pasangan. Tinjau dengan seksama dan pastikan barang tersebut memang dijual dengan harga dibawah harga jual sebelumnya. Termasuk saat ada diskon dan promo pembelian rumah.

Kamu bisa segera membeli rumah yang kamu inginkan saat rumah tersebut sedang dijual secara promo. Kamu juga bisa menemukan promo harga rumah melalui aplikasi penjualan properti seperti Pinhome. 

Simulasikan Pengajuan KPR

Saat kamu membeli rumah secara KPR, kamu bisa mencari estimasi kisaran angsuran yang akan Pins bayarkan per bulannya dengan mudah melalui aplikasi Pinhome. Simulasi ini bisa menggambarkan berapa anggaran DP yang kamu miliki dan berapa pula angsuran yang akan kamu bayarkan.

Cara ini akan memberikan kemudahan untuk Pins dalam menyusun dan menganggarkan dana tiap bulannya. Kamu juga bisa mengecek estimasi nilai properti sebelum kamu membeli rumah agar kamu mengetahui nilai properti saat itu. 

Baca juga: 

Itulah Beberapa tips menabung DP rumah untuk kamu Pins, pasangan yang baru menikah. Dapatkan Promo rumah dan apartemen menarik hanya di Pinhome. Pinhome one stop service dan  titip/jual dan sewakan properti kamu.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download