BlogPemilik PropertiFinansial8 Tips Sukses Menabung 1 Juta Per Bulan
0
0

8 Tips Sukses Menabung 1 Juta Per Bulan

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
8 Tips Sukses Menabung 1 Juta Per Bulantop-right-banner

Buat kamu yang telah bekerja, menyisihkan sebagian gaji untuk menabung sudah pasti jadi hal yang sangat penting. Pasalnya, kamu akan memerlukan uang untuk keperluan masa depan, misalnya uang darurat atau pensiun. Jika terasa sulit, kamu bisa coba mengikuti tips menabung 1 juta per bulan berikut ini. 

Tak sedikit pekerja muda yang nyatanya lebih mengutamakan gaya hidup. Tak jarang, gaji pun habis tanpa kamu punya dana cadangan atau tabungan untuk masa depan. Mau gaji kamu sangat banyak sekalipun, kalau kamu memiliki pola hidup konsumtif, maka sudah pasti menabung sekecil apapun tetap sulit. 

Baca juga: Cara Menabung Emas dan Berbagai Jenisnya

Tips Menabung 1 Juta Per Bulan

Solusinya, sebenarnya kamu tidak harus menabung dalam angka yang besar setiap bulannya. Menyisihkan pemasukan sebanyak 1 juta sebulan saja sebenarnya sudah lebih dari cukup. Tips tersebut cukup efektif guna mencukupi kebutuhan baik jangka pendek maupun panjang, apa lagi kamu hanya mendapatkan pemasukan setingkat upah minimum daerah. 

Menabung sebanyak 1 juta setiap bulan tidak menjadi hal yang sulit, Pins. Asalkan kamu memang memiliki niat dan kemauan untuk menyisihkan sebagian pendapatan. Selanjutnya, kamu bisa mencoba beberapa caranya berikut ini:

Gunakan moda transportasi umum

Source : Freepik

Tips menabung 1 juta per bulan yang pertama adalah mulai menggunakan moda transportasi umum. Mungkin, ini menjadi hal yang cukup menantang, terutama jika kamu sudah terlalu nyaman dengan kendaraan pribadi atau menggunakan layanan online. 

Namun, tidak ada salahnya mencobanya, karena kamu bisa lebih mudah untuk menyisihkan uang. Jumlahnya juga bisa jadi lebih banyak Pins, karena kamu tidak harus menyiapkan uang untuk biaya parkir dan mengisi bensin. Sebagai gantinya, kamu bisa mengalihkan dana tersebut untuk kepentingan lainnya, seperti tabungan dan dana darurat.

Bawa bekal makan siang

Source : Freepik

Tanpa kamu sadari, terbiasa membeli makan siang bisa menghabiskan biaya yang cukup besar, Pins. Terlebih kalau kamu kerap menerima ajakan teman untuk nongkrong selepas jam kerja. Solusinya tentu saja kamu bisa menyiapkan bekal untuk makan siang dan tidak selalu menerima ajakan mereka untuk keluar. 

Kebiasaan ini selanjutnya dapat membantu mengurangi uang untuk membeli makan siang. Alhasil, kamu jadi lebih mudah menabung. Selain itu, membawa makan siang alias bekal sendiri juga menjadi salah satu cara untuk mulai hidup sehat, Pins. Pasalnya, kamu bisa mengatur sendiri menu makan siang yang lebih bergizi.

Utamakan belanja barang kebutuhan

Source : Freepik

Tips menabung 1 juta per bulan selanjutnya yaitu menjadikan kebutuhan sebagai prioritas paling utama. Cara ini sangat tepat kamu lakukan untuk mengatur finansial lebih efektif dalam jangka waktu yang lebih panjang. Sebab, adanya prioritas tidak akan membuat kamu tergiur untuk membeli berbagai barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. 

Dengan begitu, uang yang kamu sisihkan bisa jadi lebih besar jumlahnya. Supaya lebih mudah, sebaiknya kamu membuat daftar kebutuhan belanja yang sesuai dengan skala prioritas. Tujuannya tentu saja mencegah kamu melakukan pembelian terhadap barang yang kurang penting dan masih bisa kamu tunda. 

Baca juga: Wajib Tahu! 11 Tips Menabung untuk Beli Rumah!

Kurangi keluar rumah

Source : Freepik

Cara lain yang tidak kalah efektif adalah mengurangi keluar rumah untuk hal-hal yang tidak perlu. Apa lagi tujuannya tidak jelas. Meski memang dapat membantu mengurangi stres, tetap aja sebaiknya kamu tidak melakukannya terlalu sering. Sebab, kamu akan mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit setiap kali kamu nongkrong bersama teman. Terlebih kalau ini kamu lakukan setiap hari, 

Sisihkan, bukan sisakan

Source : Pixabay

Tak kalah pentingnya, sisihkan uang sesegera mungkin setelah kamu mendapatkan gaji bulanan, bukan menabung sisa uang yang kamu punya. Menyisihkan uang berarti kamu konsisten dalam jumlah uang tabungan. Berbeda dengan menyisihkan yang membuat kamu tidak akan konsisten menabung dengan jumlah tertentu.

Tak hanya itu, menabung pada awal bulan membuat rencana finansial dan pengeluaran kamu jadi lebih terarah. Sebab, kamu sudah mendapatkan uang belanja bulanan yang pastinya harus cukup sampai akhir bulan nanti.

Pisah rekening tabungan dan belanja

Source : Freepik

Tips menabung 1 juta per bulan lainnya yang bisa kamu coba adalah memisahkan rekening untuk menabung dan berbelanja bulanan. Kalau kamu hanya punya satu rekening, bukan tidak mungkin uang yang kamu sisihkan justru akan ikut terpakai. 

Jadi, sebaiknya kamu segera membuka rekening khusus untuk menabung. Sekarang, banyak perbankan yang menawarkan produk rekening khusus untuk tabungan. Jadi, kamu tidak bisa menarik uang seperti menggunakan rekening belanja biasa. 

Cari pemasukan tambahan

Source : Freepik

Punya waktu luang? Manfaatkan saja untuk cari tambahan uang. Ada banyak jenis pekerjaan sampingan yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan pemasukan tambahan, bahkan kamu tidak butuh modal besar. Misalnya, menjadi penulis konten lepas, fotografer atau videografer, menjadi dropshipper, atau membuat konten vlog di media sosial. 

Baca juga: 7 Tips Menabung Cepat yang Efektif Dilakukan

Manfaatkan diskon

Source : Freepik

Tips menabung 1 juta per bulan terakhir adalah pintar mencari diskon saat kamu berbelanja, baik itu belanja online atau offline. Biasanya, banyak sekali penawaran potongan harga, gratis ongkos kirim, sampai cashback saat kamu belanja online. Sementara itu, pada momen tertentu seperti akhir tahun atau lebaran, gerai offline juga kerap menawarkan diskon menarik. 

Ternyata, tidak sulit untuk menabung 1 juta per bulan, ya, Pins? Kamu hanya perlu konsisten saja untuk melakukannya. Mulanya mungkin terasa berat, tetapi lama-kelamaan akan terbiasa. Selamat mencoba!

Feature Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Simprug Village dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download