BlogPemilik PropertiFinansialIni 6 Cara dan Tips Membuka Bisnis atau Usaha Sendiri di Rumah
0
0

Ini 6 Cara dan Tips Membuka Bisnis atau Usaha Sendiri di Rumah

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Sep 21, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Sekarang ini banyak cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa Pins coba dengan nama bisnis yang keren. Membangun bisnis sekarang ini harus siap dengan banyak tantangan. Apalagi banyak kompetitor yang serupa. 

Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara dan langkah tepat dalam membangun bisnis agar bisa berkembang. Berikut ini cara membuka usaha sendiri di rumah dari Pinhome supaya usahamu  makin untung.

Baca juga: 10 Ide Bisnis untuk Bangun Usaha Modal 10 Juta, Mau Coba?

Tentukan Bisnis yang Akan Dibangun

Source : Shutterstock

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis usaha apa yang akan Pins buka dan kelola. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu.

Kamu juga bisa memulai usaha yang sesuai dengan hobi atau hal yang kamu sukai. Bisnis seperti ini tentunya nanti akan memudahkan kamu dalam berinovasi karena sudah memahami apa yang akan dijadikan bisnis sebelumnya. 

Misalnya, jika kamu orang yang suka kuliner, maka bukalah usaha kuliner yang menurutmu unik dan mampu bersaing dipasar.

Memang tidak mudah untuk PIns membuka suatu usaha baru di rumah, apalagi kalau bisnis tersebut ada di red ocean. Oleh karena itu, Pins harus menentukan Unique Selling Proposition (USP) produk agar memiliki kelebihan dibandingkan produk yang sama dari para pesaing.

Baca juga: Makalah Strategi Pemasaran dan Fungsinya Dalam Perusahaan

Kenali dan Pelajari Strategi Kompetitor

cara membuka usaha sendiri di rumah
Source : Shutterstock

Untuk Pins yang baru membangun bisnis, terutama usaha sendiri di rumah, wajib untuk mempelajari bagaimana persaingan pasar. Ini agar kamu tidak gagal dalam mengelola bisnis dan produk/jasa mu tidak kalah saing dengan kompetitor lainnya.

Hal yang tidak boleh kamu lewatkan saat membangun bisnis adalah mengamati langkah kompetitor kamu. Pins harus bisa mengidentifikasi  apa saja kelebihan produk/jasa serta pelayanan pesaing. 

Dengan cara ini kamu bisa menentukan strategi yang tepat untuk menjalankan bisnismu. Susunlah strategi sebaik mungkin agar bisnis Pins tidak kalah saing dengan kompetitor lainnya.

Baca juga: Ide Usaha Tanpa Modal yang Menjanjikan

Tentukan Target Pasar dan Lakukan Promosi

Source : Shutterstock

Sebelum melakukan kegiatan pemasaran atau promosi, hal pertama yang harus Pins lakukan adalah menentukan target pasar. Tentukanlah secara spesifik siapa yang menjadi target market kamu.

Untuk menentukan target pasar, kamu bisa mulai dari beberapa kategori seperti seperti menentukan usia, wilayah penjualan, gender, hobi, status sosial atau lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar kegiatan promosi mu tidak sia-sia, karena menjangkau pasar yang benar.

Jika sudah menentukan target pasar, maka Pins bisa menentukan platform yang bisa digunakan untuk menjangkau target pasar. Pilihlah jenis promosi yang sekiranya cocok dengan budget yang kamu miliki.

Beberapa contoh jenis pemasaran yang bisa kamu lakukan dengan budget kecil misalnya adalah melalui sosial media, iklan facebook (biaya per hari mulai Rp 20,000), meminta testimoni dari kerabat dan berikan diskon serta promo menarik. 

Baca juga: Pengertian Usaha, Syarat dan Contohnya

Perluas Jaringan Kerjasama

cara membuka usaha sendiri di rumah
Source : Shutterstock

Cara membuka usaha sendiri di rumah yang tidak boleh kamu lewatkan adalah membangun relasi. Memperluas jaringan penting dilakukan sebagai jenis promosi dan cara membangun branding yang ampuh agar bisnismu dipandang para customer. Jaringan bisnis yang luas dan berkualitas ini nantinya mendatangkan customer potensial untuk bisnis.

Carilah juga relasi yang bisa menambah wawasanmu akan dunia bisnis, misalnya dengan membangun jaringan dengan para pemilik usaha. Di sini kamu bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan bisnis.

Setiap pelaku usaha pasti memiliki pengalaman berbeda-beda dalam pola manajemen bisnisnya. Jadi Pins bisa mendapatkan banyak informasi dan inspirasi yang bisa kamu terapkan dalam mengembangkan bisnis.

Untuk Pins yang baru terjun ke dunia bisnis, kamu bisa mulai mengikuti event UMKM, bergabung dengan komunitas bisnis dan pengusaha. Kegiatan ini menjadi sangat penting untuk dilakukan, karena akan menjadi bekal dalam menjalani usaha.

Baca juga: Contoh Surat Perjanjian Kerjasama dan Cara Benar Membuatnya

Gunakan Aplikasi & Website

Source : Shutterstock

Beberapa tahun belakangan, penjualan online di e-commerce, aplikasi dan website meningkat pesat seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna smartphone di dunia. Pasalnya, aplikasi dan website memiliki sistem pembayaran yang lebih mudah dan praktis.  

Saat ini, ada banyak sekali yang menawarkan jasa pembuatan aplikasi dan website. Tetapi harga jasa tersebut tidaklah murah, kamu harus menyiapkan dana yang cukup besar jika ingin membuat aplikasi menggunakan jasa software house. 

Namun sekarang kamu bisa membuat aplikasi dan website tanpa coding  untuk bisnismu dengan harga terjangkau menggunakan aplikasi Jagel. Aplikasi Jagel merupakan platform pembuat aplikasi android dan website tanpa coding untuk UMKM/Para pengusaha, dengan harga terjangkau mulai 100 ribu per bulan.

Keunggulan aplikasi Jagel selain harga yang pas di kantong, fitur-fitur yang disediakan juga lengkap untuk menunjang bisnis kamu. Selain itu, tersedia banyak pilihan pembayaran dengan payment gateway, kustomisasi aplikasi, dan bisa di upload ke playstore. 

Aplikasi Jagel cocok untuk kamu yang baru memulai bisnis atau yang ingin memiliki aplikasi sendiri dalam mengelola bisnis. Pasalnya, di aplikasi Jagel sudah tersedia fitur mitra dan fitur laporan yang bisa membantu manajemen bisnis kamu.

Beberapa contoh aplikasi yang bisa kamu buat menggunakan Jagel adalah aplikasi toko online, transportasi online, rumah makan atau food delivery, home service, PPOB, aplikasi komunitas dan masih banyak aplikasi lainnya.

Baca juga: Ini Dia 9 Cara Mudah Membuat Aplikasi di Android Tanpa Ribet!

Lakukan Inovasi Produk

cara membuka usaha sendiri di rumah
Source : Shutterstock

Setelah bisnis mulai dibangun, kamu tidak boleh cepat puas dengan produk dan jasa yang sudah dibuat sebelumnya. Terlebih zaman terus berkembang dan berbagai perubahan akan kebutuhan juga bertambah diikuti dengan tren yang berbeda.

Inovasi produk perlu dilakukan dalam agar bisnis kamu dapat terus bertahan. Memberikan inovasi tidak selalu menciptakan suatu hal yang baru, tetapi bisa juga memberi nilai tambah terhadap suatu produk atau jasa yang kamu tawarkan. Melalui inovasi Pins bisa menarik lebih banyak calon customer potensial dan meningkatkan profit perusahan.

Baca juga: Rekomendasi Ide Bisnis di Rumah, Bisa Untung Berlimpah!

Itu tadi 6 tips yang bisa kamu terapkan dalam membangun bisnis di rumah agar bisa terus mendapatkan keuntungan. Bukan hanya itu, dengan membuka bisnis kamu juga sudah berkontribusi dalam perekonomian Indonesia. Semoga bermanfaat, Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Rizky Anugerah Sagerat dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download