BlogLifestyle10+ Contoh Cerita Fantasi Pendek Paling Inspiratif!
0
0

10+ Contoh Cerita Fantasi Pendek Paling Inspiratif!

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Agu 24, 2023

24 menit membaca

Copied to clipboard
cerita fantasitop-right-banner

Contoh cerita fantasi pendek bisa menjadi alternatif hiburan untuk dibaca sehari-hari. Tak hanya itu saja, contoh cerita fantasi pendek juga terkadang bisa menjadi inspirasimu dalam menulis sebuah novel atau bahkan script film!

Seperti yang kita ketahui, membaca merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat, baik itu pengetahuan maupun hiburan. Saat ini membaca tidak hanya bisa dilakukan lewat buku saja, media elektronik pun sudah canggih dan mampu menghadirkan beragam bacaan yang informatif dan inovatif.

Ada banyak jenis teks yang bisa Pins baca, mulai dari teks berita, teks pantun, novel, hingga cerita fantasi pendek. Nah, pada kesempatan kali ini Pinhome akan membahas mengenai pengertian dan contoh cerita fantasi pendek. Simak baik-baik ya, Pins!

Baca juga:

Pengertian Cerita Fantasi

contoh teks pantun
Source : Shutterstock

Cerita fantasi pendek adalah cerita pendek yang mengangkat kisah fiksi hasil imajinasi penulisnya, dimana biasanya para tokoh dan tempatnya tidak nyata. Cerita fantasi juga biasanya dikemas dengan tema magic, supernatural hingga futuristik.

Struktur Cerita Fantasi

Contoh cerita fantasi pendek memiliki struktur penyusunan tersendiri antara lain sebagai berikut:

  • Orientasi: orientasi merupakan bagian pengenalan oleh penulis mulai dari tema, tokoh dan sedikit alur.
  • Konflik: konflik merupakan bagian dimana mulai muncul konflik atau masalah hingga ke puncaknya.
  • Resolusi: resolusi merupakan penyelesaian konflik atau masalah yang sebelumnya terjadi dan merupakan penentu bagaimana gambaran akhir dari cerita yang diangkat.
  • Ending: ending merupakan akhir dari cerita atau kisah fantasi yang diangkat, ending ini dibagi menjadi dua yaitu happy ending dimana pemeran utamanya akan berakhir menyenangkan dan sad ending dimana pemeran utamanya akan berakhir kurang menyenangkan.

Baca juga:

Ciri-ciri Cerita Fantasi

ciri cerita fantasi pendek
Source : Pinterest

Dalam sebuah cerita pastilah terdapat ciri khas yang membedakan antara cerita satu dengan cerita lainnya. Adapun ciri-ciri cerita fantasi adalah sebagai berikut:

1. Ide Cerita

Di dalam teks cerita fantasi, ide ceritanya fiksi atau tidak terpaku oleh realita. Ide cerita tergantung pada daya khayal penulis, serta tidak dibatasi oleh realitas ataupun kehidupan nyata. Ide juga berisi irisan dunia nyata serta dunia khayalan yang diciptakan oleh si pengarang. 

Ide cerita terkadang memiliki sifat sederhana namun mampu menitipkan pesan yang sangatlah menarik. Kemudian tema dari cerita fantasi adalah gaib, supranatural atau futuristik.

2. Terdapat Keajaiban dan Kemisteriusan

Dalam teks cerita fantasi, memiliki alur cerita yang mengungkapkan hal-hal kemisteriusan, supranatural dan keajaiban yang tidak akan ditemui di dalam dunia nyata. Kisah didalamnya dapat mengandung sesuatu yang diluar logika seperti sihir, makhluk ajaib hingga hal-hal misterius.

Cerita fantasi adalah cerita fiksi yang berjenis fantasi atau dunia imajinatif yang diciptakan oleh si penulis. Di dalam cerita fantasi hal yang tidak mungkin akan sangat lah menjadi hal yang biasa. Kemudian tokoh serta latar yang diciptakan Penulis tidak ada di dunia nyata atau modifikasi dari dunia nyata.

3. Menggunakan Berbagai Latar

Di dalam teks cerita fantasi, peristiwa-peristiwa yang dialami oleh tokoh terjadi pada dua latar, yaitu latar yang masih terdapat di dalam kehidupan sehari-hari serta latar yang tidak ada pada kehidupan nyata.

Alur tentara ntar cerita fantasi memiliki ciri khasnya masing-masing. Kemudian Rangkaian peristiwa cerita fantasi menggunakan berbagai latar yang menerobos dimensi ruang serta waktu. Alur peristiwa pada cerita fantasi juga biasanya berpindah-pindah dari berbagai latar yang melintasi ruang waktu.

4. Memiliki Sifat Fiksi

Teks cerita fantasi bersifat fiktif atau bukan kejadian nyata fantasi biasanya diberi oleh latar nyata atau objek yang nyata di dalam kehidupan namun diberi fantasi.

5. Gaya Bahasa

Penggunaan sinonim dengan emosi yang sangat kuat serta variasi kata yang cukup menonjol. Bahasa yang dipakai adalah variatif, ekspresif dan menggunakan ragam percakapan bukan bahasa yang formal.

Baca juga: 10 Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Pengertian dan Ciri-cirinya!

Unsur-unsur Cerita Fantasi Pendek

contoh teks pantun
Source : Shutterstock

Di dalam teks cerita fantasi ada unsur-unsur yang terkandung di dalamnya, seperti tema, alur, tokoh, penokohan, latar, sudut pandang, serta amanat yang terkandung di dalam teks cerita fantasi, berikut adalah penjabaran tentang unsur-unsur teks cerita fantasi:

1. Tema

Tema yang digunakan pada cerita fantasi merupakan hal yang tidak nyata dan memiliki sifat yang fiksi sehingga tidak ditemukan di dunia nyata. Seperti halnya pada cerita Harry Potter dan di Indonesia contohnya yaitu cerita Roro Jonggrang.

Cerita tersebut adalah cerita yang mengisahkan kehidupan dunia sihir yang tidak menggambarkan hal seperti dunia nyata.

2. Alur

Kemudian unsur teks cerita fantasi berikutnya adalah alur. Alur merupakan jalan cerita yang berupa kejadian kejadian tersusun dan saling berkaitan antara satu sama lain. Dalam cerita fantasi, terdapat hal-hal diluar logika manusia.

Dalam cerita tersebut ada hal-hal yang tidak dapat dijelaskan dengan logika seperti hal ajaib, mistis, aneh, maupun misterius.

3. Tokoh dan Penokohan

Tokoh dan penokohan merupakan karakter dari pemeran atau pelaku dalam suatu cerita yang digambarkan dalam teks cerita fantasi tersebut.

4. Latar

Latar merupakan tempat waktu dan juga suasana yang sedang terjadi pada kejadian suatu cerita yang sedang diceritakan. Latar dalam cerita fantasi menembus ruang dan waktu misalnya dapat berpetualang ke masa lalu atau masa depan, bisa pergi ke tempat yang diinginkan menggunakan pintu ajaib.

5. Sudut Pandang

Unsur yang selanjutnya adalah sudut pandang, sudut pandang merupakan posisi pengarang dalam membawakan suatu cerita.

6. Amanat

Unsur dari teks cerita fantasi yang terakhir adalah amanat. Amanat merupakan pesan moral yang ingin disampaikan oleh pengarang kepada pembaca yang disalurkan melalui sebuah cerita dan penokohan yang memiliki tujuan untuk memberikan pembelajaran pada saat membaca.

Jenis Cerita Fantasi

Setelah mengetahui tentang unsur-unsur dan ciri-ciri teks cerita fantasi, maka ada satu hal lagi yang perlu kamu ketahui tentang teks cerita fantasi ini, yaitu adalah jenis-jenis cerita fantasi, berikut adalah penjabaran tentang jenis-jenis teks cerita fantasi:

Cerita Fantasi Berdasarkan Kehidupan Nyata

Berdasarkan kesesuaian pada kehidupan nyata teks cerita fantasi dapat dibagi menjadi dua yaitu fantasi total dan fantasi irisan atau sebagian.

  • Fantasi total: Dalam sebuah teks cerita fantasi semua objek serta alurnya tidak bisa dijumpai pada kehidupan nyata, misalnya pada cerita  “How to Train Your Dragon” tokoh, objek dalam cerita tersebut serta latar hanya merupakan rekayasa dari pengarang dan tidak sesuai dengan kehidupan nyata.
  • Fantasi irisan atau sebagian: Ini merupakan teks cerita fantasi yang masih memiliki nama serta tempat yang terdapat pada kehidupan nyata. Serta isi dari cerita tersebut dapat juga ditemui pada kehidupan nyata Seperti contohnya “Desa Wilingi” yang ada pada dunia nyata dan cerita tersebut berada di daerah Blitar.

Cerita Fantasi Berdasarkan Latar Cerita

Berdasarkan latar ceritanya, teks cerita fantasi dibedakan menjadi dua pola yaitu latar lintas waktu dan latar waktu sezaman.

  • Latar Lintas Waktu: Latar lintas waktu memiliki arti cerita fantasi menggunakan dua latar waktu yang berbeda, seperti contoh latar pada masa kini dan masa prasejarah atau masa kini dengan masa ratusan tahun yang akan datang atau juga pada masa lalu dengan masa sekarang.
  • Sezaman: Sedangkan memiliki arti menggunakan latar belakang yang berasal dari satu masa di mana kita bisa berupa fantasi pada masa kini masa lalu atau fantasi pada masa depan yang akan datang.

Baca juga: Pengertian Prosa

Contoh Cerita Fantasi Pendek

Nah agar Pins lebih paham lagi mengenai cerita fantasi pendek, berikut ini kami sajikan kumpulan contoh cerita fantasi pendek yang inspiratif.

1. Sahabatku Malaikat

Source : Shutterstock

“Sausan!” teriakku pada Sausan. ia menoleh. Kuhampiri dia

“Hari ini cerah, kicauan burung pagi yang merdu membuatku senang..” Kata Sausan.

“Iya kau benar Sausan” Kataku.

Hai, Aku Sherina Aliskha. cukup panggil aku Sher.
Aku dan Sausan telah 1 minggu bersahabat. dia murid baru yang cantik, baik hati, pintar, dan imut. Rambutnya bewarnacoklat diikat dua setiap hari. Dia selalu mengatakan hal yang sama seperti tadi. Aku dan Sausan bermain setiap sore di rumahku. Namun, ketika kuajak bermain ke rumahnya, dia menolak katanya rumahnya jauh. Aku mengerti, mungkin dia takut ibunya marah atau semacamnya.

Jam istirahat…

“Sausan, ayo ke kantin!” seruku.
“Terima kasih, aku tidak lapar..” katanya. Aku menghampirinya.
“Sausan, ada apa?” tanyaku. Kupegang tangannya ia begitu dingin, tak seperti biasanya.. Wajahnya begitu pucat.
“Sausan?” tanyaku lagi.
Ia berhenti bernafas, aku kaget.
“Sausan!!, tolong! teman-teman! bantu Sausan!!” aku berteriak kencang. Sausan pun pingsan. Kami membawanya ke klinik sekolah.

2 jam kemudian…

“Tidak!! jangan Sausan!!” Aku berteriak histeris. Sausan telah meninggalkanku. “Tidak!!!”

Aku terbangun dari mimpiku, untung itu hanya mimpi. Aku pergi ke luar lalu ke rumah Sausan diam-diam.

Saat sampai…

Rumahnya begitu sepi.. tak ada seorang pun… “Sausan!, Sausan!” teriakku. Aku pergi ke halaman belakang Sausan. Kulihat batu nisan bertuliskan nama Sausan. Aku tercegang begitu kaget. Aku pun pulang lari bergitu cepat.

Di sekolah…

“Kamu kenal sama Sausan ga?” tanyaku pada Mella temanku.
“Dia udah pergi, udah ke alam sana..” jawab Mella. kukira kemarin mimpi tapi… nyata..
Lalu siapa yang bersamaku 1 minggu yang lalu? Apa itu arwah Sausan?

Sesampainya di rumah… kuceritakan semua pada ibu
“Bu.. Sausan..” gumamku sedih.
“Iya.. dia meninggal 7 tahun yang lalu..” jelas ibu.
“Apa? lalu siapa yang bersamaku semasa 1 minggu yang lalu bu?” tanyaku.
“Dialah Sausan.. dia malaikat yang bersamamu..” jawab ibu.

Aku pun pergi ke tempat Sausan berbaring tenang. Aku berdoa agar ia Tenang di alam sana… Dan aku tahu itulah akibatnya Sausan menolak bermain di rumahnya.. Terimakasih Sausan.

Baca juga: Cerpen (Cerita Pendek)

2. Pensil Ajaib

Source : Shutterstock

Laila adalah seorang gadis miskin yang pandai. Sebagian besar waktunya ia gunakan untuk belajar dan juga membantu orangtuanya. Selain itu, Laila juga suka menghabiskan waktunya untuk menggambar.

Sayangnya, kini ia tidak dapat menggambar lagi karena pensil yang dimilikinya sudah hampir habis dan sangat pendek sehingga tidak dapat digunakan lagi. Laila juga tidak bisa membeli pensil baru karena tidak memiliki cukup uang.

Dalam keseharian Laila, ia membantu orangtuanya memunguti plastik yang ada di jalan. Saat tengah mengambil plastik. Laila menemukan ada sebuah pensil yang tergeletak di jalan. Laila mengambilnya dengan senang, ia akan dapat menggambar lagi sepulang mencari plastik.

Saat dirumah, Laila mulai mengeluarkan pensil yang ia temukan tadi di jalan. Laila mencoba menggambar bunga dikertasnya. Alangkah kaget ia ketika selesai menggambar bunga, tiba-tiba bunga tersebut menjadi bunga sesungguhnya dan tergeletak diatas kertas tempat ia menggambar.

Laila merasa kaget dan tidak percaya. Ia mulai menggambar ayam untuk memastikan apakah yang ia lihat memang nyata. Sesaat setelah ia menggambar ayam, alangkah kagetnya tiba-tiba dihadapannya ada seekor ayam hidup yang berkokok sangat kencang.

Kini ia menyadari bahwa ia memiliki sebuah pensil ajaib. Dengan sigap ia segera menggambar berbagai keperluan yang dibutuhkan oleh keluarganya. Ia menggambar beras, makanan, lauk-pauk, uang, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Saat orangtua Laila datang, alangkah kagetnya mereka melihat rumah dipenuhi banyak benda yang mereka butuhkan. Ibunya hampir menangis karena merasa sangat bahagia karena kebutuhan mereka dapat tercukupi.

Meskipun begitu, Laila menggunakan pensil ajaibnya dengan bijak. Ia tidak sembarangan menciptakan benda dengan pensil ajaibnya. Ia tahu bahwa bersikap berlebihan nantinya akan menimbulkan petaka baik untuk dirinya maupun dengan keluarganya.

Baca juga: Cerita Rakyat Nusantara

3. Dunia Manisan

Source : bucketlistpublication

Dahulu kala ada seorang anak yang sangat baik dan pintar, namanya adalah ely, ely adalah anak yang sangat baik dan pintar.

Suatu peristiwa terjadi
Pada malam yang sunyi ada sebuah cahaya yang masuk ke kamar ely, lalu ely mengikutinya, sampailah ely di titik cahaya itu, dia melihat sesosok wanita yang cantik bagaikan peri, dan ternyata itu memanglah peri yang dikirim oleh tuhan untuk ely.

“Siapa kamu”
“Aku adalah peri kiriman tuhan, dia yang telah mengirimku untukmu, dia mengirimku hanya untuk anak baik sepertimu, kau adalah anak yang mulia dan terpuji, maka ikutlah denganku”
“Tapi apakah ini nyata, apakah kakak peri?”
“Iya ely aku memang peri mendekatlah wahai anak baik”.
Tanpa berpikir lama ely mendekat ke peri itu, ely sungguh tidak percaya akan hal itu, tetapi dia juga senang. Peri memegang tangan ely dengan lembut dan erat, ely merasa nyaman. Tetapi dalam sekejap ely dan peri itu hilang dan pergi ke dunia yang berbeda

“Di mana aku peri, aku tidak percaya ini, tetapi bagaimana jika orangtuakumemcariku”.
“Tidak apa nak kamu akan aman bersamaku”

Dan ternyata ely dan peri berpindah ke dunia manisan, ely terkaget kaget saat di sana dipenuhi dengan berbagai macam manisan, yaitu coklat, permen, buah buahan, danau susu dan masih banyak lagi.

“Bolehkah aku memakan semua ini peri”
“Boleh ely semuanya memang untukmu, peri. Ely mencicipi semua makanan dengan gembira.

Ely sudah lelah karena banyak makan permen dan coklat dan dia pun akhirnya terlelap tidur. Dan saat dia bangun dia sudah di rumah, serta ada banyak manisan di dalam kamarnya, ely sangat berterimakasih kepada tuhan karena telah mengirim peri yang sangat baik kepadanya.
Ely memanglah pantas untuk menerima semua ini, dia adalah anak yang sangat baik dan terpuji…!

Baca juga: Cerita Masa Kecil Yang Membahagian Dan Tak Terlupakan

4. Sahabat Cermin

contoh cerita fantasi
Source : fimela

Aku termenung di balkon sekolah. Termenung sedih dan berkhayal, bahwa akan punya sahabat. Sahabat setia yang tidak akan meninggalkan diriku sendiri. Tapi, tak ada yang ingin berteman denganku. Bahkan semua orang membenciku. Padahal, aku tak pernah berbuat jahat kepada mereka. Aku juga selalu berusaha yang terbaik agar mereka tak menganggapku aneh.

CaseylaDiandra. Itulah namaku. Orangtuakumemangil aku Casey. Tapi teman-temanku memanggilku BadGirl. Panggilan yang sangat menyayat hati. Yah sebenarnya mereka yang kusebut teman tidak menganggapku teman. Mereka lebih mirip dengan musuhku.

Setiap hari, kucoba jalani hari dengan senyuman. Tapi dibalik senyuman itu tersimpan beribu luka yang sangat menyakitkan. Dan hari ini aku akan pergi membeli sebuah cermin untuk hiasan di kamar baruku. Dengan segera aku pergi ke Mirror Shop. Di sana terdapat banyak model cermin terbaru. Tetapi, pandanganku hanya tertuju kepada sebuah cemin besar yang dikelilingi ukiran yang sangat indah. Dan setelah kutanya harganya Rp. 895.000. Karena tertarik, aku segera membelinya tanpa pikir panjang. Kata penjaga di sana, cermin itu akan dikirim tepat jam 4 sore.

“Tiiiiiin!!! tiiiiiin!!!” klakson mobil pengantar cermin itu pun terdengar. Casey segera berlari untuk membukakan pintu rumahnya.

“Silakan masuk Pak. Kamar saya ada di sana.” Ujar Casey sembari menunjukan kamarnya.

Tak lama kemudian cermin itu sudah dipasang. Orang-orang yang mengantar cermin itu, juga sudah pulang. Casey yang sendirian di rumah, asyik meratapi cermin itu. “Ah, indah sekali cermin itu.” Pikir Casey. Tapi, karena merasa janggal dengan cermin itu, Casey mulai mendekati cermin itu. “Aaaaaa…” Casey berteriak keras. Ia sangat ketakutan. Itu karena ada bayangan seseorang di cermin itu. Tapi bayangan itu bukan bayangan dirinya. Bayangan itu adalah bayangan gadis seusia Casey dengan wajah riang. “Aaaaaa…” Casey kembali berteriak. Ia berteriak kali ini karena bayangan itu bersuara kecil.

Lalu Casey pun membalas suara itu. “Siapa kau?”
“Hai Casey, jangan takut. Namaku Mirrory. Kau bisa memanggilku Rory. Aku tidak akan menyakitimu. Aku di sini hanya ingin menjadi temanmu.” Jelas bayangan itu yang ternyata bernama Rory.
“Oh, mmm… kalau begitu maafkan aku ya Ro…ry.” Ucap Casey ragu.
“Tentu,” jawab Rory.

“Oh ya, bagaimana kau bisa ada di cermin itu Rory?” Tanya Casey.
“Aku bisa ada di cermin ini karena kejadian 3 tahun lalu. Saat itu aku masih berumur 8 tahun. Waktu itu aku menemukan cermin ini. Dan memencet tombol kecil di belakang cermin. Seketika aku tersedot masuk ke dalam cermin. Lalu cermin ini ditemukan oleh seseorang. Kemudian cermin in dijual di Mirror Shop.” Jelas Rory panjang lebar. Casey yang mendengarkan hanya diam setia mendengarkan.
“Oh… Gitu,” Caseyber-oh ria.
“Rory, kau mau tidak jadi sahabatku?” Tanya Casey tiba-tiba.
“Aku sangaaat… mau.” Jawab Rory.
“Tapi, aku hanya bisa menjadi sahabat cermin untukmu.” Lanjut Rory tak bersemangat.
“Tidak apa-apa kok. Begini saja aku sudah senang.” Balas Casey. Lalu mereka asyik mengobrol tanpa peduli apapun.

Kini Casey sudah punya sahabat. Walaupun ia tau bahwa sahabatnya itu ada dicermin. Rory pun setia menjadi sahabat cermin seperti apa yang diinginkan Casey. Casey pun tak perlu lagi punya sahabat lain. Baginya, Rory sudah lebih dari cukup. Dan tak ada yang bisa menggantikan kedudukan Rory di hati Casey. Setiap hari, Casey berharap Rory akan menjadi manusia utuh. Dan tidak lagi menjadi sahabat cermin. Tapi, entahlah, kapan itu semua akan terjadi.

Baca juga: 6 Cerita Kancil dan Buaya yang legendaris

5. Nia In Wonderland

contoh cerita fantasi
Source : Thomas Kinkade

Aku baru saja tersadar dan aku terkaget aku ada di mana sekarang?. padahal beberapa saat yang lalu aku sedang tidur di kamarku sambil membaca buku. tapi sekarang aku berada di tengah hutan.

Aku berjalan tanpa arah, mengikuti jalan setapak yang ada di depanku, entah ada di mana aku sekarang, tapi yang jelas aku takut. aku melihat seseorang sedang membelah kayu dengan kapaknya di di depan mataku, seorang anak yang mengayunkan kapaknya ke arah kayu hingga menimbulkan bunyi nyaring, TAK!!!, Dia melakukannya berulang-ulang, aku menyipitkan mataku, untuk melihat jelas wajah anak itu dan sepertinya aku mengenalnya. dia adalah temanku jerry, aku memanggilnya dengan suara lantang dan dia menoleh. aku segera menghampirinya, perasaanku sangat senang karena setidaknya ada orang yang aku kenal.

“Siapa kau?”
Aku kaget mendengar dia mengatakan itu “ini aku nia” kataku “teman satu kelasmu”
“Maaf aku tidak mengenalmu” jawabnya
Aku terkejut saat mendengar jawabanya, entah apa dia mungkin terkena amnesia. aku akan menanyakannya sekali lagi, tetapi saat aku ingin bertanya aku mendengar suara teriakan, di ujung sana aku melihat kobaran api yang menyala-nyala menimbulkan asap pekat yang melambung di udara. aku tersentak

“Ayo ikut aku” tiba-tiba jerry tersentak, dia menarik pergelangan tanganku dan mengajaku berlari.
“Kita mau kemana?” Tanyaku
“Kita akan ke desa tempat tinggalku” sahutnya.

Aku hanya terdiam mendengar jawabanya, dan kakiku terus berlari di atas rumput hijau, dan kami sampai di desa itu.

Aku terkejut saat melihat keadaan desa telah hancur, porakporanada, kepingan bangunan di mana-mana, kobaran api yang menari-nari, mayat-mayat yang bertebaran seperti daun-daun di musim gugur, dan yang melakukan itu semua adalah raksasa besar yang ada di hadapan kami. raksasa hijau itu sangat menakutkan dia menatap jerry dan aku dengan mata merah seramya.

Jerry menyuruhku bersembunyi dan aku menuruti apa maunya. jerry berlari dengan gagah berani dia berlari ke arah makhluk besar hijau itu, dan baju jerry berubah menjadi baju seorang kesatria dan. jerry terbang dia mengarahkan kapaknya yang bercahaya ke arah monster itu, namun dia berhasil menagkisnya, dan dia menembakan laser dari matanya, laser itu mengenai jerry hingga dia terluka dan terjatuh ke tanah, dan monster itu ingin menginjak jery dengan kaki besarnya. aku memejamkan mata karena tidak ingin melihat pemandangan ini.

Tiba-tiba ada suara muncul di kepalaku suara yang menyurhku untuk menyelamatkan jerry. Aku kembali membuka mataku dan melihat tubuhku mengeluarkan cahaya sesaat setelah cahaya itu hilang baju piyama yang tadi aku kenakan berubah menjadi baju dress biru yang indah, tapi yang membuat aku terkejut kini aku memeiliki sayap di punggungku.

Aku masih takut dengan monster itu tapi aku harus menyelamatkan jerry, aku terbang dengan sayapku. dan tiba-tiba muncul sebuah busur panah di tanganku, aku belum pernah memanah sebelumnya tapi apa salahnya aku mencoba, aku membidik tepat di matanya dan melesatkan anak panah yang bercahaya itu. Dan monster itu pun lenyap.

Aku berhasil mengalahkanya, aku kembali ke wujud semulaku, dan saat aku menghampiri jerry tiba-tiba tubuhnya menghilang, semuanya menghilang dan tiba-tiba turun hujan. yang membuatku tersadar bahwa semua hanyalah mimpi, aku terbangun dan merasakan celanaku ynag basah bukan karena hujan tapi karena aku mengompol. mungkin inilah akibatnya jika tidak berdoa sebelum tidur.

Baca juga: Contoh Cerita Legenda paling terkenal di Indonesia

6. Mesin Waktu

contoh cerita fantasi
Source : unrealengine

Pada tahun 2026 dimana dunia sudah mulai dikuasai teknologi canggih, ada 3 sahabat yang bernama jack, nicole dan alex. Mereka baersekolah di sekolah yang sama tepatnya di smp ABC, jika pulang sekolah mereka biasanya selalu bersama.

Saat itu mereka menuju ke stasiun kereta melayang yang jaraknya dekat dari sekolah mereka. Saat mereka sudah mulai naik, beberapa menit kemudian kereta yang mereka naiki terlempar keluar dari rel yang ada di atas kereta, mereka terlempar ke sebuah hutan yang sangat luas dan gelap bersama dengan penumpang lainnya yang sebagian tewas karena benturan yang sangat kencang saat mereka terjatuh.

Alice pun berkata “di mana kita?”
Alex menjawab “aku pun tak tau” sambil kebingungan
Jack berakata “sudah jangan khawatir, yang penting kita selamat”
“iya” alexdahnicole menjawab

Mereka pun berjalan mencari jalan keluar dan mencari pertolongan dengan berjalan ke dalam hutan, saat mereka di dalam hutan.. terdengar suara “BUUMM..” yang kencang dan membuat tanah bergetar, mereka pun menghampiri sumber suara itu dengan rasa berani.

Saat sudah hampir dekat dengan sumber suara, mereka melihat sebuah cahaya yang sangat terang dari sana. Saat mereka lihat ternyata itu adalah sebuah mesin waktu yang jatuh dari langit, dengan rasa penasaran mereka mendekati mesin waktu itu dan membukanya.

“1, 2, 3 waaaaaw…” kata mereka bersamaa, mereka masuk dan tak sengaja alex menekan suatu tombol yang membuat mesin waktu tersebut membawa mereka keluar dari hutan yang gelap itu ke kota yang dekat dengan rumah mereka… Saat sampai mereka hampir tak percaya bahwa mereka mendapat petualangan yang sangat aneh dari mesin waktu itu. Saat mereka keluar dari mesin waktu itu, mesin waktu itu pun tiba-tiba lenyap menghilang dan mereka kembali ke rumah mereka masing-masing.

Baca juga: Ringkasan Cerita Nabi Ayub yang Perlu Umat Islam Teladani

7. Batu Menangis

contoh cerita fantasi
Source : pxleyes

Ada seorang anak perempuan yang sangat manja. Ia suka membeli barang-barang mewah padahal ibunya hanyalah seorang penjual kayu bakar. Meskipun begitu, jika ia tidak dituruti kemauannya, ia akan marah. Ia akan mulai merajuk dan menangis hingga ibunya menuruti segala permintaannya.

Ia selalu meminta dibelikan ini itu tanpa memikirkan apakah ibunya memiliki uang atau tidak. Ibunya selalu berusaha sabar meskipun untuk mengumpulkan uang saja, ia harus berjalan sangat jauh dari hutan ke kota untuk menjual kayu bakarnya.

Suatu ketika, anak perempuan tersebut meminta ibunya menemaninya membeli baju baru di kota. Ia membeli baju sangat banyak dan meminta ibunya untuk membawakan semua barang belanjaannya. Ia memperlakukan ibunya seperti layaknya seorang pembantu.

Saat sedang perjalanan pulang, ada seseorang yang memanggil gadis itu. “Hai gadis cantik, sungguh cantik parasmu. Sedang bersama ibumu kah dirimu?” Tanya pemuda tersebut. Gadis tersebut merasa malu untuk mengakui ibunya yang berpakaian lusuh. Gadis itu berkata, “Bukan, dia adalah pembantuku”.

Mendengar pernyataan tersebut, ibunya sangat kecewa dan sedih. Tanpa terasa sang ibu berdoa kepada Tuhan, “Ya Tuhan, aku sangat kecewa. Aku marah mempunyai anak yang hatinya keras bagaikan batu. Lebih baik jadikan dia batu saja” Ibunya berkata demikian sembari meninggalkan anaknya sendirian. Ibu itu berlari pulang dengan hati yang sangat kecewa.

Tiba-tiba langit menggelegar, dan gadis itu berubah menjadi batu. Batu tersebut menangis dan mengeluarkan air mata, “Huhuhuh ibu maafkan aku” Begitu tangisnya. Tangisnya membesar dan membuatnya menjadi danau dengan patung anak perempuan disampingnya. Ia dikutuk menjadi batu menangis selamanya.

Baca juga: Film Dengan Genre dan Cerita yang Serupa Squid Game

8. Dunia Cokelat

Source : Hersley

Segerombolan anak sedang berjalan-jalan ditengah hutan. Anak-anak tersebut adalah Willy, Jo, Hans, dan Kimberly. Mereka berempat menemukan sebuah rumah besar yang terbuat dari coklat. Saat masuk, ia menemui pemilik rumah coklat tersebut. Pemilik rumah tersebut adalah seorang nenek renta yang terlihat baik hati.

Saat masuk ke dalam rumah, mereka berempat dibuat takjub oleh berbagai hidangan coklat yang ada. Bahkan dari dinding rumah, engsel pintu, dan berbagai benda lainnya semuanya terbuat dari coklat. Hans dan Jo yang sangat menyukai coklat amat senang menemukan rumah yang terbuat dari serba coklat ini.

Nenek tersebut mempersilahkan keempatnya untuk memakan coklat apapun yang ia mau sepuasnya. Jo dan Hans dengan lahap memakan semua coklat yang dihidangkan dengan rakus. Sedangkan Kimberly tidak suka coklat dan Willy hanya memakan sedikit saja.

Nenek tersebut memaksa Kimberly dan Willy agar menyantap coklat lebih banyak lagi. Willy jadi menyadari ada yang tidak beres dengan ini, ia mulai meminta Jo dan Hans untuk berhenti menyantap coklat dan pulang. Nenek itu menjadi marah. Kimberly yang menyadari bahwa ini sudah tidak benar, memaksa Hans dan Jo untuk segera keluar rumah.

Jo dan Hans kekenyangan, ia hampir saja tidak sanggup untuk berlari. Untungnya, Kimberly dan Willy membantunya dengan senang hati. Nenek itu menjerit dan memekik seram melihat keempat anak tersebut meninggalkan rumah coklatnya. Tetapi, nenek tersebut tidak bisa berbuat apa-apa karena tenaga Kimberly dan Willy sudah cukup membantu kedua teman lainnya untuk pergi.

Sesampainya dirumah, mereka menceritakan kejadian yang ia alami kepada Kakek Hans. Kakek Hans mengatakan bahwa sebenarnya itu adalah jebakan dari penyihir agar anak-anak tadi bisa menjadi santapan makan malamnya. Mereka berempat bergidik ngeri.

Baca juga: 15 Rekomendasi Webtoon Kerajaan Dengan Alur Cerita Terbaik

9. Ramalan Bintang

contoh cerita fantasi
Source : phys.org

Hazel sedang memainkan piano miliknya sambil sesekali meneguk jus blueberry dan memakan fettucinicarbonara yang ia beli tadi pagi. Sekarang sudah menjelang sore, Hazel belum beranjak dari piano. Padahal, mamanya sudah memanggilnya dari tadi tapi Hazel diam tak menghiraukan.

Kali ini, ke 1000 kalinya mama meneriaki Hazel.

“Hazel, ayo ikut mama ke tempat mbokoZevo. Mau melihat bola kristalnya yang baru”

“Ya sudah, Hazel ikut”

Hazel dan mamanya sudah sampai di rumah mbokoZevo.

“Tumbenan kau dan kau ke sini?” secara antusias mbokoZevo menyambut dengan ramah.

“Kami ingin melihat ramalan bintang dari bola kristal berwarna biru laut untuk memastikan besok bukan hari sial bagi putriku karena besok ia akan mengadakan acara sesembahan dan tolong carikan tanggal ulang tahunnya. Tanggal 12 Enorologi”

“Baik kuambilkan sebuah bola kristal itu agar besok kau dan anakmu tidak terkena sial oleh Frozcie”

“Ikuti ucapanku Hazel. BombazoBazaokaPetorinjusBlak!”

Hazel mengikuti petunjuk mbokoZevo.

“Baik sudah. Bayaranya hanya 90 porip”

“Baik mboko, ini uangnya” mama menyerahkan uang itu kepada mbokoZevo.

Esoknya,

Hazel dipakaikan kostum yang telah dibelikan mamanya di pasar.

“Ayolah nak, percaya. MbokoZevo pasti benar”

Hazel mengangguk mengerti. Sebenarnya ia berpikir, manusia biasa mana mungkin bisa mengubah nasib seseorang dan yang bisa hanyalah tuhan.

Hazel telah sampai diacara sesembahan kepada Nattel. Nattel tersenyum senang melihat Hazel datang di tempatnya.
Namun ketika Hazel diajak Zesco pergi menaiki kapal menuju pulau Batho, kapal mereka terkena arus badai. MbokoZevo tersenyum puas melihat kesenangan abadinya karena ia bisa berkuasa dengan Ramalan Bintang.

Baca juga: 10 Contoh Teks Ulasan Beserta Penjelasannya!

10. Wiz dan Belimbing Ajaib

Source : fimela

Wiz, sang kurcaci penggali sumur dengan memiliki sebatang pohon belimbing ajaib di rumahnya di tengah hutan Morin, buahnya berwarna-warni sesuai warna cabangnya. Pohon belimbing ini merupakan pohon ajaib di kalangan para kurcaci di hutan Morin. Pohonya bercabang lima seperti jari tangan, dengan warna yang berbeda-beda.

Yang setiap warna memiliki khasiatnya sendiri, buah merah cabang ibu jari, yang berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit asma. Buah hijau cabang telunjuk, berkhasiat menyembuhkan sakit perut. Buah kuning cabang jari tengah berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit mata, buah putih cabang jari manis berkhasiat mempercantik wajah.

Seperti bentuk jari manis yang anggun, belimbing putih sering dipesan kurcaci wanita untuk mempercantik wajah dan tubuh, supata tetap segar dan penuh pesona. Nah buah biru cabang kelingking, kecil dan agak rapuh. Buah biru berkhasiat dapat menyembuhkan penyakit lupa, semua kurcaci yang pelupa dihutan Morin, langsung pulih ingatanya ketika memakan belimbing biru. Pokoknya nyos deh khsiatnya.

Suatu hari, Wiz pergi menggali sumur di didesa sebelah hutan morin, tiba-tiba matanya terkena pecahan batu galian, wah bahaya kalau tidak cepat ditangani. Wiz lalu mengambil belimbing kuning dari dalam tasnya, kemudian dimakannya. Ajaib, seketika itu juga sakit mata wiz kembali pulih. Ketika hari mulai sore, Wiz pulang ke hutan.

Di tengah perjalanan Wiz bertemu seorang Ibu tuas yang sakit asma, Wis jatuh kasihan, kemudian ia mengambil belimbing merah dari tasnya dan diberikan kepada Ibu tua tersebut, setelah Ibu tuas memakannya, seketika itu juga sembuhlah penyakit asmanya, Ibu tua lalu mengucapkan terima kasih kepada Wiz, Wiz melanjutkan perjalanan pulangnya, kembali Wiz bertemu dengan kakak beradik yang tengah duduk di atas batu dipinggir sungai. “Aduh, sakit perutku, kak!!” kata anak laki-laki sambil meringis kesakitan memegang perutnya.

“Sakit sekali ya, dek??” tanya kakak perempuanya yang buruk rupa, iya kak aku sudah tidak tahan ;lagi,” ucap anak lelaki menahan sakit. Wiz yang mendengar percakapan tersebut bertanya,”ada yang dapat saya bantu??”” “Oh, iya pak kurcaci, adikku butuh pertolongan, ia sakit perut, mungkin terlalu banyak makan jambu air,” sang kakak memberitahu Wiz. Wiz mengambil belimbing hijau dari tasnya dan diberikan ke anak lelaki itu.

“Nah, makan ini!!” kata Wiz sambil menyerahkan belimbing tersebut, Wiz menatap kakak perempuan yang buruk rupa kemudian menjadi iba, Wiz lalu mengambil belimbing putih dan diberikan kepada sang kakak. “Saya tidak sakit pak kurcaci,” kata sang kakak.

“Kamu juga boleh memakannya, nanti kamu akan tahu khasiatnya!!” jawa Wiz, akhirnya kedua kakak beradik itu memakan buah belimbing dari pohon ajaib itu. “Haa?? aku bisa jadi cantik?? kulitku pun jadi putih dan halus!!”” sorak sang kakak perempuan buruk rupa takjub dengan perubahan yang baru saja terjadi. “Aku juga sudah sembuh, kak!! perutku sudah nggal mules lagi,”kata si anak lelaki.

“Wah, terima kasih ya pak kurcaci, kami sangat beruntung bertemu kamu hari ini, terima kasih, terima kasih, terima kasih,” keduanya menyampaikan rasa terima kasihnya berulang-ulang. Wiz hanya tersenyum mendengar ucapan terima kasih itu. Mendekati rumahnya di hutan, Wiz bertemu dengan seorang kakek, kelihatannya sang kakek sedang kebingungan. Wiz mendekati si kakek dan bertanya,”ada apa, kek?? ada yang dapat saya bantu??”tanya Wiz lembut.

“Iya, saya butuh bantuan, saya mau pulang ke rumah saya di pinggir hutan tapi saya lupa jalan pulangnya, sekarang saya tersesat,”ujar sang kakek yang pelupa. “Oh jangan khawatir, kek, kakek makan saja belimbing biru ini!!” kata Wiz sambil menyerahkan belimbing terkahir dari dalam tasnya. Beberapa saat kemudian tampaklah reaksinya, kakek mulai sadar dan telah tahu arah ke rumahnya. “Terima kasih, sekarang saya jadi tahu jalan pulang ke rumah!!” kata kakek senang.

“Oke, hat-hato ya, kek!!” jawab Wiz sopan, nah, lengkaplah sudah tugas Wiz hari itu, dengan menyembuhkan lima penyakit dengan buah belimbing ajaib. Setiap hari, wis si kurcaci dan belimbing ajaibnya akan terus menyembuhkan siapa saja yang membutuhkan pertolongan.

Nah itu dia beberapa contoh cerita fantasi pendek yang mungkin bisa menghibur Pins. Contoh cerita fantasi pendek ini dapat dijadikan sebagai hiburan pengisi waktu luang sekaligus inspirasi untuk membuat cerita pendek lainnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download