5 Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf Dengan Mudah!

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti ∙ December 21, 2022 ∙ 5 menit membaca

Pins sering kebingungan ketika membaca paragraf yang begitu panjang untuk menentukan ide pokoknya? Kamu ternyata bisa dengan mudah melakukan cara menentukan ide pokok paragraf pada suatu tulisan teks. Hal yang membedakan pada setiap paragraf atau tulisan yaitu letak ide pokok yang berbeda-beda. sebagian berada di awal paragraf, tengah, atau akhir paragraf.

Ketiga tempat yang dijelaskan tersebut merupakan lokasi dari ide pokok paragraf yang biasanya tertera pada suatu tulisan. Namun cara mencari ide pokok paragraf tentu tidak mudah Pins, kamu harus memperhatikan beberapa hal dasar untuk menentukannya. Berikut langkah mudahnya!

Cara Menentukan Ide Pokok Paragraf

Dalam Bahasa Indonesia, terdapat beberapa aturan dan cara tersendiri untuk mencari ide pokok paragraf pada suatu teks cerita atau penjelasan. Pins bisa menemukannya dengan memperhatikan hal berikut!

Menandai Informasi Penting Dalam Suatu Paragraf

(Tribun)

Didalam suatu paragraf selain ide pokok tentunya juga terdapat kalimat lain yang mendukung ide pokok paragraf tersebut. Untuk menentukan mana yang merupakan ide pokok paragraf ternyata terdapat cara mudahnya. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengumpulkan kalimat atau kata yang mengandung sebuah informasi penting di dalam paragraf tersebut. Dengan begitu, Pins bisa menemukan inti dari pembahasannya.

Mengambil Kalimat Pertama

(Tribun)

Langkah Ini merupakan salah satu ciri dari paragraf deduktif. Dimana paragraf deduktif merupakan paragraf yang ide pokoknya terletak di bagian paling awal sebuah paragraf. Merupakan salah satu metode yang cukup mudah dilakukan untuk mencari ide pokok dalam suatu paragraf.

Contohnya, “Bunga mawar memiliki rupa yang Indah. Bunga mawar bahkan dijadikan lambang cinta dikarenakan keindahannya tersebut. Tidak jarang banyak orang yang memberi hadiah kepada pasangannya dengan bunga mawar. Dengan bunga mawar ini suasana akan terkesan romantis, selain terlihat indah dalam bentuk karangan bunga, bunga mawar ini juga sudah terlihat indah meskipun hanya setangkai.” Ide pokok dari paragraf deduktif tersebut adalah “Bunga mawar adalah bunga yang indah.”

Mengambil Kalimat Akhir

(Bola.com)

Selain terletak di bagian awal sebuah paragraf, ada juga paragraf dengan sifat induktif. Dimana Paragraf Induktif ini merupakan jenis paragraf yang memiliki ide pokok terletak di bagian kalimat paling akhir pada paragraf tersebut. Cara menentukan ide pokok paragraf Ini tidak jauh berbeda dengan cara jenis yang di atas. Cukup melihat bagian akhir paragraf untuk menentukan ide pokok tersebut.

Contohnya, “Setiap hari banyak kendaraan yang melalui jalanan ini. Mereka yang melalui jalan ini biasanya adalah orang orang yang memiliki pekerjaan di wilayah jakarta, tidak hanya kendaraan kecil seperti mobil, tidak jarang ada bus dan truk juga melalui jalan ini. Kejadian ini disebabkan karena wilayah di jalanan ini terbilang strategis. Maka dari itu, Jalan penghubung Banten dan Jakarta ramai dilalui kendaraan bermotor.” Ide Pokok Paragraf tersebut adalah “Jalan penghubung Banten dan Jakarta ramai dilalui kendaraan bermotor.”

Baca juga:

Menentukan Ide Pokok Paragraf Campuran

(Harian Haluan)

Selain terletak di bagian awal dan akhir, ada juga paragraf yang memiliki ide pokok terletak di bagian depan dan akhir kalimat. Dengan begitu Pins harus menggabungkan kedua kalimatnya tersebut. Paragraf dengan ide pokok di depan dan belakang ini disebut sebagai Ide Pokok Paragraf Campuran. Contoh paragraf induktif dan contoh ide pokok paragraf induktif:

“Olahraga sangat berguna untuk tubuh manusia. Dengan melakukan olahraga, tubuh manusia akan menjadi sehat dan tetap prima. Dengan tubuh yang sehat hal tersebut akan menjadikan kita terhindar dari berbagai penyakit, sehingga kita tetap bisa melakukan aktivitas sehari hari tanpa terganggu oleh penyakit dan virus.

Dengan tubuh yang sehat dan kuat akan membuat kita memudahkan bekerja sehari hari dan menggapai mimpi mimpi kita.Karena itulah, Olahraga merupakan kegiatan yang penting dilakukan secara rutin.” Dengan begitu, ide pokoknya adalah “Olahraga sangat berguna bagi tubuh manusia”

Menentukan Dari Simpulan Paragraf

(Tirto)

Jenis yang satu ini merupakan salah satu langkah yang cukup membutuhkan ketelitian dan perlu kecermatan untuk menentukan ide pokok paragrafnya. Di dalam paragraf yang memiliki ide pokok dari simpulan tidak terlihat jelas yang mana ide pokok paragraf tersebut. Berbeda dengan jenis teks deskripsi yang mudah dipahami, untuk menentukan ide pokok paragraf Pins harus membaca keseluruhan kalimat yang ada dan memahaminya baik baik. Setelah itu, barulah bisa disimpulkan bagian ide pokoknya. Contohnya:

“Budi dapat menyelesaikan soal fisika dengan tepat dalam waktu yang singkat. Budi juga bisa menyelesaikan soal fisika yang sangat sulit dengan sangat mudahnya. Sering kali guru Budi meminta Budi untuk mewakili perlombaan di Fisika antar sekola. Budi juga memiliki prestasi yang sangat membanggakan yaitu juara 1 Nasional olimpiade fisika.” Ide pokoknya adalah “Budi pintar dalam hal fisika.”

Itulah beberapa cara menentukan ide pokok paragraf yang bisa Pins lakukan dengan mudah. Berdasarkan dari jenisnya, Pins perlu membacanya dengan lebih jeli untuk menemukan lokasi dari ide pokok tersebut. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured image source: Tribun


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Alia Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Uncategorized
Uncategorized 12 Aplikasi Ganti Wajah Terbaik 2023

Aplikasi ganti wajah semakin populer seiring dengan berkembangnya teknologi. Aplikasi ini digunakan

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik 2023

Pernahkah Pins kesulitan menemukan lagu? Misalnya, kamu sedang berada di sebuah kafe dan tiba-tiba

Berita Pinhome
Berita Pinhome Listing Properti Eksklusif Pinhome, Garansi Bebas Biaya Tersembunyi Sejak Awal

Memiliki rumah idaman adalah impian sejuta umat. Pinhome sebagai pioneer platform properti end-to-e

Finansial
Finansial Ini 6 Cara dan Tips Membuka Bisnis atau Usaha Sendiri di Rumah

Sekarang ini banyak cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa Pins coba. Membangun bisnis sekar

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ananta Homes Tenjo, Hunian Minimalis di Kawasan Strategis

Membeli rumah idaman memang bukan persoalan mudah. Pins harus menentukan apakah lokasi rumah terseb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia